Tiga Cara Ampuh Melawan Nyeri Menstruasi

posted on 02/11/2015

1

Sebagian besar perempuan seringkali mengalami kram otot rahim saat haid sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kram saat haid? Kram ini disebabkan oleh kontraksi pada rahim saat proses peluruhan sel telur pada dinding rahim. Ketika kontraksi ini terlalu intensif, pembuluh darah terhambat sehinnga suplai oksigen ke otot rahim terganggu. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya kram. Tapi jangan khawatir, GueTau sudah meyiapkan tips-tips mengatasi nyeri saat menstruasi yang paling ampuh buat kamu. Mari kita simak!

1. Mandi dengan air hangat

2

Kamu bisa mengurangi rasa nyeri dengan mandi air hangat. Pastikan kamu mengalirkan air di daerah punggung dan perutmu. Air hangat membantu melancarkan aliran darah sehingga dapat mengusir rasa nyeri dengan cepat. Sherry Thomas, seorang pakar ginekologi di Rumah Sakit Mission Community yang ada di Los Angeles, Amerika Serikat, mengatakan bahwa kamu juga bisa mengompres perutmu dengan air hangat yang dimasukkan dalam botol kaca untuk meringankan rasa nyeri. Letakkan botol berisi air hangat ini tepat pada daerah perut di bawah pusar.

2. Kurangi konsumsi kafein

3

Kalau kamu adalah fans berat kopi, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi kopi saat menstruasi karena dapat memperburuk rasa nyeri yang kamu rasakan. “Kami menyarankan pada pasien kami yang mengalami kram saat menstruasi untuk membatasi konsumsi kafein.” ujar Dr. Bart Putterman, seorang ahli obstetri dan ginekologi di Rumah Sakit Texas Children’s Pavilion for Women, Houston, Amerika Serikat. Kafein diketahui sebagai vasoconstrictor atau zat yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang tentu saja menjadi penyebab kram. Sebagai gantinya, coba minumlah lebih banyak air putih untuk membantu menyeimbangkan hormon saat haid.

3. Lakukan olahraga ringan

4

Selain mengurangi konsumsi kafein, Dr. Putterman juga menyarankan agar melakukan olahraga ringan seperti aerobik untuk dapat membantu meringankan kram perut saat menstruasi. Latihan-latihan ini dapat meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah lebih lancar dan membuat kamu berkeringat sehingga tubuh terasa lebih fit. Namun idealnya olahraga harus kamu lakukan secara rutin, tidak hanya saat menstruasi saja.

Nah, sekarang Sahabat GueTau tidak perlu lagi khawatir menghadapi si tamu bulanan ini. Kamu juga bisa berbagi cerita atau tips-tips kamu dalam menghadapi nyeri saat datang bulan ke info@guetau.com.

Ditulis oleh Helmi Akbar

Referensi:

1. http://www.everydayhealth.com/womens-health/ideas-for-menstrual-cramp-relief.aspx
2. http://www.thehealthsite.com/diseases-conditions/tried-and-tested-tips-to-reduce-pain-during-menstrual-periods/
3. http://www.cyh.com/HealthTopics/HealthTopicDetails.aspx?p=243&np=292&id=2217#6

related post

Anti Bocor dengan Menstrual Cup

posted on 20/08/2016

“…karena bahan dari menstrual cup yang terbuat dari silikon, alat ini dapat bertahan lebih dari satu kali pakai atau jangka wakt

#TanyaGueTau: Tampon!

posted on 18/08/2016

“Tampon dapat mengikuti gerak tubuh dan memiliki daya serap yang tinggi sehingga kita seperti tidak sedang berada dalam siklus menstru

Penemuan Pembalut Higienis nan Murah di India

posted on 22/03/2016

“Menstruasi adalah proses yang secara biologis memang eksklusif untuk kaum perempuan. Namun, bukan berarti para pria tidak bisa ambil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *