Yuk Lindungi Diri Kita dari Kekerasan Seksual!

posted on 29/03/2014

kdp2

“Sampai tutup tahun 2012, setiap hari ada 35 perempuan Indonesia yang menjadi korban kekerasan seksual. Dengan kata lain, setiap 2 jam, ada 3 perempuan Indonesia yang menjadi korban kekerasan seksual, termasuk di rumahnya sendiri.”  Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan)

 

Fakta di atas menyedihkan, ya Sahabat GueTau? Fakta tersebutmengungkapkan bahwa perempuan harus mampu melindungi diri sendiri dan sekaligus melawan kekerasan seksual. Kali ini GueTau akan membagikan tips kepada Sahabat GueTau beberapa cara untuk tetap aman. Berikut beberapa langkah yang bisa Sahabat GueTau lakukan:
1. Selalu waspada

Di mana pun Sahabat GueTau berada, selalu perhatikan lingkungan sekitar, terutama di tempat yang membuat kamu terisolasi. Contohnya adalah di lift, tangga darurat, atau jalanan yang gelap. Saat sendiri, percayakan naluri dan insting Sahabat GueTau dan segera mencari jalan atau tempat lain hingga merasa aman.  Fokus pada rute yang diambil, jangan melamun atau apa pun yang membuat perhatian teralih, seperti memakai earphone atau berbicara di telepon.

2. Jangan menjadi target

Usahakan untuk tampil nyaman. Tidak membawa banyak tas dan berat karena akan merepotkan jika Sahabat GueTau terpaksa harus segera bertindak melawan atau melarikan diri. Rambut yang panjang dan yang dikuncir pun juga bisa memudahkan Sahabat GueTau ditarik. Dan sebaiknya tidak usah memakai perhiasan berlebihan saat berada di tempat umum.

3. Selalu bersama teman

Sendiri dan mandiri itu menyenangkan. Sayangnya di Indonesia, berjalan menikmati kesendirian belum ’memadai’, terutama di malam hari. Berada bersama teman-teman atau minta ditemani bisa mengurangi risiko bahaya dan dapat saling menjaga.

4. Jangan takut melawan

Kuncinya, semua dimulai dengan berani berkata ‘tidak’. Banyak perempuan yang menempatkan dirinya pada posisi nomor dua dan tidak berani menolak karena takut menyakiti perasaan orang lain. Kepada segala sesuatu yang membuat Sahabat GueTau tidak nyaman, dengan tegas dan sopan , menolak bukanlah hal yang salah.

Ketika Sahabat GueTau menjadi korban pelecehan seksual dalam bentuk apa pun, jangan takut untuk menegur pelaku secara lisan dan tegas. Bahkan kalau perlu Sahabat GueTau membuat skenario untuk mempermalukan pelaku agar penumpang lain tahu, memberi pelajaran bagi si pelaku dan sekaligus membantu Sahabat GueTau untuk mendapatkan pertolongan. Hal ini tentu berlaku juga pada kasus pelecehan atau kekerasan dalam bentuk lainnya yang dilakukan oleh orang terdekat. Tetap bersikap tegas dan lapor pada yang berwenang.

5. Buat rencana

Segera buat rencana darurat dalam kondisi genting. Baterai ponsel Sahabat GueTau selalu terisi penuh akan sangat membantu. Selalu simpan nomer telepon penting, misalnya nomer telepon teman dan keluarga, bantuan polisi atau nomer perusahaan taksi. Baik menghafal nomor-nomor tersebut atau memanfaatkan fitur speed dial pada ponsel akan sangat berguna. Bela diri praktis juga sangat disarankan.

 

Sekian beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh Sahabat GueTau untuk melindungi diri dari kekerasan seksual. Melindungi diri juga bagian dari melawan kekerasan seksual terhadap perempuan. Semoga bermanfaat ya, Sahabat GueTau. Jika ada pertanyaan lebih lanjut,  Sahabat GueTau bisa mengirimkan e-mail ke info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Liona Aprisof

 

Referensi :

  1. http://female.kompas.com/read/2014/03/08/1217371/Lakukan.Ini.untuk.Cegah.Pelecehan.Seksual

 

related post

Hentikan Stigma terhadap Korban Kekerasan Seksual!

posted on 01/04/2015

Mereka bukanlah objek yang harus dihakimi. Namun, sebaliknya mereka adalah objek yang harus kita lindungi agar tidak ada lagi anak bangsa ya

Paedofil ≠Homoseksual ≠ Pelaku Kekerasan

posted on 05/06/2014

    “…tersangka merupakan penjaga toilet dan dilakukan di tempat para siswa cuci tangan dan buang air kecil. Mereka punya penyakit

Remaja Buruh Berhak Mendapatkan Perlindungan!

posted on 15/05/2014

    Undang-undang No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sudah dinyatakan bahwa negara melarang orang tua atau perusahaan memp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =