Detik-detik yang Berharga

posted on 17/01/2015

waktu

Waktu adalah salah satu hal penting yang ada dalam hidup. Kamu tidak akan bisa menarik kembali waktu yang telah kamu lalui. Seorang remaja aktif, baik di sekolah maupun di lingkungannya, sudah seharusnya mampu mengatur waktunya. Mengelola waktu sudah menjadi hal wajib untuk dimiliki oleh seorang remaja yang aktif. Kamu seorang remaja aktif? Artinya kamu harus baca artikel ini!

Banyak yang ingin dicapai oleh seorang yang aktif, atau aktivis. Ada beberapa peran umum aktivis yang ingin dicapai seperti “Agent of change, Social control, Iron stock, Moral force”. Untuk mencapai hal-hal tersebut tentunya banyak hal yang harus dikorbankan oleh seorang aktivis. Dari tenaga, pikiran, serta hal yang sangat penting seperti waktu. Meskipun begitu ketika kamu berhasil memanajemen hal-hal tersebut dengan baik, manfaat yang tidak akan ditemukan di buku manapun, akan datang.

Kamu tidak perlu takut untuk jadi seorang aktivis, karena besar keuntungan yang akan kamu dapatkan saat memutuskan untuk menjadi seorang aktivis. Mendapatkan amanah di berbagai organisasi baik di sekolah, kampus, maupun di ingkungan sekitar kamu adalah hal yang membanggakan. Mendapatkan tanggung jawab untuk melakukan sesuatu akan melatih soft-skill Sahabat GueTau sehingga dapat menjadi orang yang bisa dipercaya oleh banyak pihak. Menjadi seorang aktivis juga membuat seseorang belajar melatih jiwa kepemimpinan, terutama dalam mempengaruhi dan menggerakkan orang lain, mengatur jalannya sebuah kegiatan atau organisasi hingga membuat sebuah perubahan dari sistem yang dianggap belum baik, memahami alur birokrasi, bersosialisasi dengan masyarakat di dalam dan di luar kampus, serta mengkritisi setiap kebijakan pemerintah. Hari-hari seorang aktivis tentunya sangat menyenangkan ketika dilalui dengan penuh tanggung jawab.

Namun, dari semua kegiatan dan pengalaman yang di dapat, waktu menjadi sesuatu yang sifatnya sangat berharga. Waktu adalah sesuatu yang tidak dapat kita ulangi kembali, banyak yang mengatakan bahwa waktu adalah uang. Maka dari itu, Sahabat GueTau harus memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Seorang aktivis tentu tidak hanya menghabiskan waktu untuk amanah yang diemban. Seorang aktivis juga masih punya tanggung jawab untuk belajar, menghafal materi, serta waktu untuk istirahat. Nah, GueTau juga akan memberikan cara-cara ampuh yang sederhana untuk Sahabat GueTau tentang bagaimana cara memanajemen waktu yang baik. Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan:

  1. Buatlah Skala Prioritas

waktu2

Manajemen waktu yang baik bukan dari bagaimana kamu mampu melewatkan waktu atau menghabiskan waktunya dengan kepadatan aktivitas, melainkan bagaimana kamu dapat memanfaatkan waktu dengan produktif, efektif dan efisien. Kamu juga harus memiliki target dan tujuan yang jelas dari setiap aktivitas yang kamu lakukan. Hal itu akan tercapai jika kamu memiliki skala prioritas. Nah, untuk kamu yang menjadi remaja aktif baik di sekolah maupun lingkungan masyarakat, perlu sekiranya membuat skala prioritas. Yang mana yang perlu didahulukan dan yang mana yang dapat menunggu untuk dikerjakan.

 

  1. Tidak Menunda

Menjadi seorang aktivis sudah wajar jika jadwalnya dipadatkan oleh aktifitas-aktifitas yang penting. Jika ada yang harus dikorbankan, maka korbankanlah hal yang tidak penting dan tidak genting. Maka dari itu, untuk hal-hal yang penting dan genting, kamu harus berani untuk mengatakan tidak untuk menundanya. Jalankanlah pekerjaan tersebut sehingga kamu lebih tenang untuk melanjutkan ke pekerjaan yang berikutnya.

 

  1. DO IT NOW

Nah, ini adalah rumus jitu yang GueTau berikan kepada Sahabat GueTau. Rumus ini dikemukakan oleh dr. Jan Yager pada salah satu buku tentang manajemen waktu. Rumus tersebut adalah:

  • D = Divide (bagi-bagilah tugas).
  • O = Organize (atur bagaimana melaksanakannya).
  • I = Ignore (abaikan gangguan).
  • T = Take (ambil peluang).
  • N = Now (lakukan sekarang juga, jangan menunda-nunda).
  • O = Opportunity (ambil kesempatan selagi ada).
  • W = Watch out (waspada dengan waktu yang terus berjalan).

Nah, untuk kamu yang menjadi aktivis, akan sangat membantu jika menggunakan rumus di atas dalam memanajemen waktu.

Demikianlah beberapa cara jitu untuk kamu dalam memanajemen waktu. Semoga hal tersebut bermanfaat dan dapat membangkitkan semangat Sahabat GueTau dalam beraktivitas dan bermanfaat untuk sesamanya. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar manajemen waktu jangan sungkan untuk hubungi kami di info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Sandy Anugerah

 

Referensi:

  1. http://priangan-barat.blogspot.com/
  2. http://kuliahinformatika.wordpress.com/

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =