Ini Dia Cara Alami Mengatasi Menstruasi Tak Teratur

posted on 21/12/2015

Calendar
Sumber

    “Menstruasi dianggap tidak teratur apabila satu siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari tiga bulan, atau saat menstruasi terjadi selama lebih dari delapan hari.“

Siklus menstruasi pada perempuan biasanya terjadi secara teratur, namun bisa juga terjadi secara tidak teratur. Normalnya, siklus menstruasi terjadi dalam 28 hari sekali, selama kurang lebih satu minggu. Akan tetapi, menstruasi bisa terjadi lebih singkat atau justru lebih lama, terlalu dini atau terlambat, bahkan bisa berhenti sama sekali. Menstruasi dianggap tidak teratur apabila satu siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari tiga bulan, atau saat menstruasi terjadi selama lebih dari 8 hari.

Tapi jangan khawatir, Sahabat GueTau! Pada usia remaja hal ini wajar terjadi karena hormon yang belum stabil. Ketika kamu mulai beranjak dewasa, siklus menstruasi akan lebih teratur dan membentuk pola yang mudah diamati. Pada artikel kali ini GueTau akan berbagi tips untuk mengatasi siklus menstruasi secara alami dan sangat mudah dilakukan. Yuk, kita simak!

Wortel\

Wortel\
Sumber

Wortel kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, potasium, serat, mangan, fosfor, dan besi. Mengkonsumsi wortel mentah dapat membantu meningkatkan fungsi hormon sehingga melancarkan menstruasi. Wortel dapat dikonsumsi sebagai jus atau dimakan langsung setelah dicuci bersih. Rajin-rajin, deh, makan wortel mulai dari sekarang!

Jahe

Jahe mengandung magnesium, potasium, tembaga, dan juga mangan. Jahe sangatlah bermanfaat untuk mengatur siklus menstruasi dan juga mengurangi nyeri saat sedang menstruasi. Seduh dua sendok teh jahe bubuk dengan segelas air panas, lalu tambahkan sedikit gula jika diinginkan. Minumlah jahe hangat ini empat kali sehari setelah makan sampai siklus menstruasi dirasa telah normal kembali.

Lidah Buaya

Lidah buaya sangat kaya akan asam amino, asam salisil, asam folat, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut, tanaman lidah buaya juga sangat efektif sebagai obat alami untuk menstruasi tidak teratur. Zat berwarna kuning di bawah kulit lidah buaya dapat mendorong menstruasi dan juga meningkatkan kesuburan wanita. Pertama, ambil getah dari lidah buaya dengan memotong kulitnya. Kemudian, kamu bisa menambahkan satu sendok madu untuk tambahan rasa. Konsumsi getah lidah buaya ini secara rutin sebelum sarapan.

Anggur

Anggur
Sumber

Buah yang satu ini juga sangat manjur untuk masalah menstruasi tidak teratur. Anggur mengandung tembaga, pektin, potasium, serat, vitamin A, vitamin B, dan Vitamin C. Pektin membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sedangkan vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen. Ini cara enak buat sehat!

Pepaya

Pepaya yang masih belum matang dianggap sangat baik untuk mengatur siklus menstruasi yang teratur, terutama pada kasus berhentinya menstruasi akibat stres. Pepaya mengandung berbagai macam vitamin B, vitamin C, karoten, folat, potasium, magnesium, tembaga, dan serat. Pepaya dapat membantu otot uterus agar berkontraksi dengan benar.
Minumlah jus pepaya yang masih belum terlalu matang setiap hari secara rutin selama beberapa bulan sampai hasilnya bisa kamu rasakan. Tapi hati-hati, jangan minum jus pepaya ini saat kamu sedang menstruasi karena justru dapat menyebabkan menstruasi yang berlebihan.

Kunyit

Eits, jangan salah Sahabat GueTau, kunyit bukan sekadar bumbu masakan saja. Kunyit sangat kaya akan sodium, vitamin B6, serat, asam amino, dan asam lemak. Kunyit juga bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon sehingga menstruasi akan lebih teratur. Kunyit juga memiliki zat anti-inflamasi yang membantu mengurangi nyeri saat menstruasi. Caranya, seduh dua sendok teh bubuk kunyit dengan satu cangkir air hangat. Kamu bisa juga menambahkan madu dan juga susu agar lebih nikmat. Konsumsi secara rutin selama beberapa bulan hingga manfaatnya bisa kamu rasakan.

Oke, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Apabila kamu sudah mengalami masalah ini cukup lama, ada baiknya kamu segera menghubungi dokter. Jika kamu aktif secara seksual, kamu juga sebaiknya menghubungi dokter ketika kamu tidak mengalami menstruasi padahal sudah seharusnya memasuki periode menstruasi. Untuk sementara, selalu sediakan pembalut di tas kamu untuk berjaga-jaga apabila kamu kedatangan si tamu bulanan secara tiba-tiba. Untuk pertanyaan lain seputar masalah menstruasi, kirimkan saja ke info@guetau.com ya!

Oleh Helmi Akbar

Referensi:
1. http://inlifehealthcare.com
2. http://kidshealth.org
3. http://nhs.uk
4. http://everydayhealth.com

related post

Anti Bocor dengan Menstrual Cup

posted on 20/08/2016

“…karena bahan dari menstrual cup yang terbuat dari silikon, alat ini dapat bertahan lebih dari satu kali pakai atau jangka wakt

#TanyaGueTau: Tampon!

posted on 18/08/2016

“Tampon dapat mengikuti gerak tubuh dan memiliki daya serap yang tinggi sehingga kita seperti tidak sedang berada dalam siklus menstru

Penemuan Pembalut Higienis nan Murah di India

posted on 22/03/2016

“Menstruasi adalah proses yang secara biologis memang eksklusif untuk kaum perempuan. Namun, bukan berarti para pria tidak bisa ambil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *