Hidup Sehat dengan Food Combining

posted on 28/02/2015

 

food combining2

“Jika sistem pencernaan sehat, maka keluhan umum tentang berat badan pun akan ikut teratasi. Beberapa penyakit pun akan disembuhkan sendiri oleh tubuh. Tanpa dokter, atau obat. Jadi sehat dan bentuk badan ideal pun bisa diperoleh dengan melakukan FC secara konsisten.”

 

Merasa kurang percaya diri dengan bentuk badan kamu? Bosan dengan cara diet yang ada? Atau ingin menjalani pola hidup yang sehat?

Jika jawabanmu iya, berarti kamu bisa mencoba Food Combining atau yang biasa disingkat FC. FC ini berbeda dengan cara diet biasa karena bukan “memaksa” seseorang untuk menahan lapar atau mengurangi jumlah asupan makanan, pada FC kamu malah diharuskan makan hingga kenyang. Tapi tunggu dulu, tidak semua makanan bisa kamu makan dalam porsi yang kamu inginkan loh. Ada juklak alias petunjuk pelaksanaan yang harus kamu patuhi dalam mengikuti FC agar hasilnya lebih maksimal.

 

Apa itu Food Combining?

Food Combining adalah suatu pengaturan pola makan yang disesuaikan dengan siklus alamiah tubuh. FC bertujuan untuk membuat darah berada di tingkat kadar keasaman (pH) netral yaitu 7,35 hingga 7,45. Kadar pH yang terlalu asam atau basa mengindikasikan kondisi tubuh yang kurang sehat. Sebaliknya, dengan membuat kadar pH menjadi netral, maka tubuh, khususnya sistem pencernaan, pun menjadi lebih sehat.

Jika sistem pencernaan sehat, maka keluhan umum tentang berat badan pun akan ikut teratasi. Beberapa penyakit pun akan disembuhkan sendiri oleh tubuh. Tanpa dokter, ataupun obat. Jadi sehat dan bentuk badan ideal pun bisa diperoleh dengan melakukan FC secara konsisten. Tapi bentuk badan di sini tidak berarti kurus. Karena memang bentuk badan ideal berbeda-beda pada diri setiap orang. Ingat, FC menyesuaikan dengan keadaan tubuh alamiah seseorang.

 

3 Siklus Alamiah Tubuh (Sistem Sirkadian)

FC memfokuskan pada pengaturan pola makan menyesuaikan 3 siklus alamiah, yakni:

  • Jam 12.00-20.00: Waktu Cerna

Pada waktu ini, sistem pencernaan sedang aktif menerima makanan yang masuk. Waktu makan siang, kudapan sore, dan makan malam, masuk dalam siklus ini.

  • Jam 20.00-04.00: Waktu Penyerapan

Pada waktu ini, tubuh memanfaatkan secara maksimal apa yang telah kita makan dengan menyerap zat gizi dari makanan tersebut.

  • Jam 04.00-12.00: Waktu Pembersihan

Pada waktu ini, tubuh mengonsentrasikan sisa metabolisme dan tumpukan makanan pada usus besar untuk dibuang.

food combining1

Prinsip Umum Food Combining

Ada beberapa prinsip umum yang harus diketahui pemula dalam FC, yaitu:

  1. Pola makan disesuaikan dengan 3 siklus alamiah tubuh.
  2. Minum jeniper (jeruk nipis peras), yakni perasan jeruk nipis/lemon di segelas air hangat, saat baru bangun tidur.
  1. Perbanyak makan buah di pagi hari sebagai sarapan dan kudapan pagi, baik langsung dimakan atau dijus. Sarbu (sarapan buah) diutamakan dengan buah lokal yang matang pohon, manis, dan berair.
  1. Makan buah saat perut kosong, yakni dijadikan makanan pembuka. Usahakan 15-20 menit sebelum makan makanan berat.
  2. Boleh makan protein hewani, hanya dari jam 12.00-20.00. Itu pun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak dan jangan dicampur dengan karbohidrat atau pati. Dan bisa juga digabung dengan mengonsumsi sayuran.
  3. Perbanyak makan sayur yang masih fresh, baik dibuat menjadi salad atau dijus.
  1. Minuman paling sehat adalah air putih. Minumlah air putih 2,5-3 liter setiap hari.
  2. Sebaiknya, jangan minum air saat makan. Minumlah sebelum dan sesudah makan.
  3. Kunyah makanan sebanyak-banyaknya dan pastikan bercampur dengan air ludah.
  4. Saat weekend, beberapa kali dalam setahun, boleh mengonsumsi makanan dan minuman rekreasional, seperti susu dan snack Namun, dalam jumlah yang tidak banyak dan tetap sambil mengonsumsi makanan dan minuman sesuai juklak FC.  

Tujuan mengubah pola makan adalah untuk menjadi seseorang yang lebih sehat. Dengan tubuh yang sehat, psikologis kita pun menjadi lebih sehat pula. Selain itu, dengan menjaga kesehatan, itu berarti kita telah mensyukuri anugerah yang telah Tuhan berikan. Jadi, mari hidup sehat dan selalau bersyukur!

Bagi kamu yang ingin bertanya tentang pola hidup sehat atau isu tentang remaja secara umum, kirim pertanyaanmu ke e-mail info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Fatimah

 

Referensi

  1. https://www.facebook.com/groups/FoodCombiningIndonesia/
  2. http://health.kompas.com/read/2013/06/05/09060673/Sehat.dan.Langsing.dengan.Food.Combining.
  3. http://www.kosmetikaobatherbal.com/2013/12/menu-food-combining.html
  4. http://www.pwarta.com/6123/food-combining-cara-sehat-yang-mudah-dan-murah.html
  5. https://bhaskaraadiwena.wordpress.com/2013/03/18/food-combining-101/
  6. http://www.erykar.com/about-foodcombining-04/

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

posted on 20/03/2016

“Pergi ke gym pastinya memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih dibandingkan dengan berolahraga di rumah.” Selalu terlihat sehat d

5 Mitos dan Fakta Hubungan Antara Makanan dan Kesehatan Reproduksimu

posted on 23/12/2015

Sumber “Hasil penelitian para dokter dari Harvard university Amerika serikat yang melakukan analisis sperma milik seratus laki-laki berusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *