Mengapa Memilih Homeschooling?

posted on 21/05/2014

HomeschoolingABCs-Header1

 

Homeschooling atau sekolah rumah adalah suatu metode pendidikan alternatif diluar metode belajar formal di sekolah di mana kegiatan belajar-mengajar diterapkan di lingkungan rumah dengan orang tua sebagai pembimbing atau staf pengajar yang didatangkan. Metode ini mungkin terdengar sedikit tidak biasa karena sementara hampir semua orang menyekolahkan anaknya di sekolah umum.Kok ada ya orang yang menyekolahkan anaknya di rumah? Bukankah itu sama saja dengan tidak sekolah?

Pemikiran demikianmuncul karena ada sebuah proses ahistoris (terpotong dari sejarah) yang melupakan bahwa dulu sekolah memang di mulai dari rumah. Baru setelah guru menjadi sebuah profesi yang pasti, sekolah kemudian berpindah ke sebuah gedung yang dinamai sekolah.

Atau sebagian dari Sahabat GueTau ada yang memilih jalur pendidikan homeschooling atau sekolah rumah? Tenang saja, tidak ada yang salah mengenai jalur pendidikan homeschooling. Lalu, mengapa memilih sekolah alternatif ini? Seorang Sahabat GueTau, Nisrina Nadhifah Rahman, yang saat ini aktif sebagai pekerja Organisasi Non Pemerintah merupakan murid homeschooling. Salah satu alasan mengapa pemeran Siti dalam sinetron Si Entong inimemilih homeschooling adalah karena Ia tidak menyukai sistem di sekolahumum.Menurutnya, sekolah sampai saat ini tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis seperti mengapa perempuan memakai rok dan laki-laki memakai celana. Dalam artian, sekolah sebetulnya telah mengajarkan perbedaan mengenai gender yang bias antara laki-laki dan perempuan, sementara tidak ada yang salah jika perempuan menggunakan seragam sekolah dengan bawahan celana, bukan?

Ninis juga menambahkan, selain homeschooling lebih fleksibel, jauhberbagai bentuk kekerasan atau bullying dari senior bahkan teman sebaya menjadi alasan lainnya. Saat ini, masih saja terjadi kekerasan di sekolah yang dapat menggangu perkembangan psikologis anak, bahkan mengakibatkan kematian. Maka, pola pandang Ninis memang cukup tepat. Bagaimana dengan Sahabat GueTau? Apakah memiliki alasan yang sama dengan Ninis mengenai pilihan pendidikan homeschooling?

Nah Sahabat GueTau, saatnya kita menggali lebih dalam mengenai manfaat homeschooling. Berikut informasinya:

 1. Jadwal fleksibel

homeschooling1

Metode belajar homeschooling memungkinkan anak mengatur jadwal belajar menjadi lebih fleksibel. Misalnya, anak tidak ada kewajiban bangun pukul 06.00 pagi untuk berangkat sekolah atau anak bisa memulai aktifitas belajar pukul 08.00 sesuai dengan yang ia inginkan. Dan ketika tidak dapat mengikuti pelajaran pada waktu yang telah disepakati orang tua,anak bisa melakukan penjadwalan ulang sehingga tidak akan tertinggal pelajaran.

 

2. Perhatian individu

homeschooling2

Dalam sekolah umum, satu kelas rata-rata diisi 30 sampai 40 siswa yang memenuhi satu ruangan dan hanya ada satu guru yang ditugaskan untuk mengajar. Dengan demikian,tentu saja guru tidak dapat memperhatikan seluruh siswa dalam satu kelas. Alhasil proses belajar pun tidak akan maksimal. Sedangkan homeschooling, guru dapat memfokuskan seluruh perhatian kepada anak didiknya, sehingga proses belajar mengajar akan berjalan dengan optimal.  Porsi belajar pun dapat diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan anak, misalnya anak kurang mengerti dalam mata pelajaran matematika, maka guru dan murid bisa menyesuaikannya.

 

3. Waktu bersama keluarga

homeschooling3

Waktu yang dihabiskan anak untuk belajar di sekolah konvensional begitu panjang.Belum lagi kegiatan ekstrakulikuler yang pastinya akan memakan lebih banyak waktu, sehingga menyebabkan waktu anak bersama keluarga semakin singkat. Hal ini berbeda jika anak memilih homeschooling, ia akan mempunyai banyak waktu bersama keluarga.

 

4. Aman dari bahaya kekerasan

homeschooling4

Tidak dapat dipungkiri bahwa di sekolah umum memiliki potensi tindakan kekerasan atau bullying baik dari teman sebaya maupun dari senior. Kondisi negatif tersebut akan mempengaruhi psikologis anak sehingga ia tidak fokus dalam belajar. Dengan homeschooling, anak tidak perlu takut atau menunjukan eksistensinya kepada teman-temannya.

Bisa dilihat, ada banyak keuntungan dari homeschooling. Sebelum Sahabat Gue Tau memulai merencanakan homeschooling pastikan Sahabat GueTau telah melakukan evaluasi kemampuan sendiri. Jika Sahabat GueTau berpikir bahwa sekolah reguler akan lebih baik untuk kamu, mengapa tidak? Adanya sekolah konvensional dan sekolah alternatif tentu didesain untuk memenuhi kebutuhan siswa yang pastinya berbeda-beda. Maka, tidak perlu khawatir dengan pilihan sekolah yang diambil. Demikian pembahasan mengenai jalur pendidikan homeschooling atau sekolah rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat GueTau. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan mengirim e-mail ke info@GueTau.com

 

Ditulis oleh Selvi Agnezmo  

 

Referensi:

  1. http://pendidikanklasik.wordpress.com/apa-itu-homeschooling/
  2. http://www.kapsulpintar.com/2013/07/07/638/manfaat-homeschooling-bagi-anak.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

related post

Kata Mereka: Dena Rachman Tentang Bullying di Dunia Maya

posted on 11/11/2016

“Mantan bintang cilik yang kini seorang perancang sepatu, Dena Rachman, sangat terbuka dan bangga dengan transformasinya menjadi seora

Perjuangan Demi Lovato Untuk Bebas dari Depresi

posted on 04/11/2016

“Seiring berkembangnya waktu, tindakan bulimia ini kemudian mengantarkan Lovato untuk mengenal minuman keras dan mulai menyayat-nyayat

Nama Lucu-Lucuan yang Berdampak Psikologis

posted on 12/05/2016

“Apakah Sahabat GueTau memiliki nama julukan? Apakah kamu juga sering memanggil temanmu dengan nama julukan? Jika iya, yuk, hentikan s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − ten =