Jadi Sahabat yang Baik? Gimana ya Caranya?

posted on 29/07/2014

Sahabat GueTau pasti sudah punya seorang sahabat.Tapi, sudahkah Sahabat GueTau menjadi sahabat yang baik untuknya? Kalau belum, saatnya kamu simak tips-tips dari GueTau untuk menjadi sahabat yang baik.

  1. Dapat Dipercaya

Sahabat yang baik adalah sahabat yang amanah atau dapat dipercaya. Dipercaya itu dapat berarti luas.Bisa diartikan sebagai menutup aib teman, menjaga semua rahasianya, dan tidak ingkar janji. Inilah hal pertama yang harus Sahabat GueTau miliki. Jika seorang sahabat telah banyak bercerita tentang hidupnya pada Sahabat GueTau, berarti ia percaya pada Sahabat GueTau. Kepercayaannya patut Sahabat GueTau hargai dengan cara menjaga kepercayaan itu, jangan diceritakan pula pada orang lain karena bisa saja hal itu bisa jadi membahayakan posisi teman Sahabat GueTau dan juga merusak kepercayaannya pada kamu.

  1. Dapat Diandalkan

Setiap orang membutuhkan sahabat yang dapat diandalkan. Di saat memerlukan bantuan, sahabat sejati haruslah siap membantu. Hal ini sangat lumrah, mengingat manusia adalah mahkluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk bertahan hidup. Secara sederhana, sahabat yang dapat diandalkan dapat dicontohkan dengan menjadi pendengar yang baik. Tak semua sahabat memerlukan solusi orang lain untuk  masalahnya. Terkadang, ia hanya butuh untuk dapat didengarkan dengan baik. Kalaupun ia membutuhkan solusi, berilah solusi yang terbaik dan jangan abal-abal.Memberikan saran yang baik untuknya juga merupakan tanda jika kamu memang kawan yang tulus.

  1. Jujur dan Terbuka

Persahabatan identik dengan kejujuran dan keterbukaan. Seorang sahabat memerlukan kejujuran Sahabat GueTau untuk mengoreksi dirinya yang barangkali melakukan kesalahan. Saling memberikan penilaian yang jujur dan apa adanya dapat mengembangkan diri kawan dari Sahabat GueTau juga, lho. Maka, dengan bersikap jujur, semua itu akan berdampak baik bagi si sahabat dan bahkan kamu sendiri. Namun, Sahabat GueTau tentu perlu mempelajari bagaimana cara berbicara pada seorang sahabat tanpa melukai hatinyaterlebih dahulu. Mengetahui karakter sang sahabat dapat membuat pesan dan niat baik dari Sahabat GueTau untuk tersampaikan dengan baik dan jelas.

Sikap terbuka juga diperlukan. Alhasil, ia akan terbuka pada Sahabat GueTau juga. Dari sinilah, teman Sahabat GueTau dapat berbagi hal apa pun yang menganggu hatinya. Keterbukaan ini akan memunculkan keakraban tersendiri dalam tali erat persahabatan Sahabat GueTau nantinya.

  1. Minta Maaf dan Memaafkan

Tak ada satupun sahabat yang sempurna di bumi ini. Maka, apabila Sahabat GueTau melakukan kesalahan, jangan gengsi untuk meminta maaf. Jangan sesekali mengacuhkan kesalahan yang apa pun dalam persahabatan karena akibatnya pun akan fatal. Terkadang, kata-kata yang keluar dari mulut kita tanpa disadari dapat menyakiti. Jika hal itu terjadi, Sahabat GueTau dapat melihatnya dari raut mukanya atau caranya bersikap pada kamu,apakah ia berubah? barangkali Jika iya, segeralah ajak ia bicara dan minta maaf. Begitu pula sebaliknya. Maafkan temanmu jika ia bersalah dan minta maaf (atau tidak meminta maaf sama sekali).

  1. Pandai Menerjemahkan Situasi

Terkadang Sahabat GueTau kurang peka terhadap situasi seseorang. Kurang sensitif bisa jadi hal buruk dalam hubungan persahabatan, Sahabat GueTau harus pandai menerjemahkan situasi. Barangkali ia sedang sedih, pahami kesedihannya dan dengarkan ceritanya, lalu hibur dia. Jangan biarkan ia larut terus dalam kesedihannya! Jika ia sedang senang, maka bersenanglah pula, karena bahagianya, bahagia Sahabat GueTau juga. Kalau kata orang, hidup susah senang sama-sama.

  1. Dukung dan Tegur Mereka

Setiap orang butuh dukungan, apalagi dukungan dari orang-orang terdekat seperti seorang sahabat. Dukungan tersebut dapat meningkatkan semangatnyauntuk terus tekun pada apa yang ia kerjakan. Apapun yang ia lakukan, selagi itu positif, dukunglah!

Tegurlah dia saat salah, dan jangan ragu untuk membuatnya berpikir ulang dengan apa yang ia lakukan.Lakukan teguran dengan cara yang dapat ia terima dan tanpa membuat ia tersakiti, Hindari kesan bahwa teguran yang Sahabat GueTau lakukan berarti kamu lebih hebat darinya. Perlu Sahabat GueTau juga tekankan bahwa kamu memang peduli dan perhatian padanya.

  1. Memahami dan Menghormati Batasan

Persahabatan bukan berarti tanpa batasan. Sahabat GueTau harus bisa memahami dan menghormati batasan dalam persahabatan. Misalnya, ada hal yang tak bisa ia ceritakan pada Sahabat GueTau. Maka, jangan paksa! Tetapi, cobalah mengerti bahwa memang ada hal-hal yang perlu ia simpan sendiri.

  1. Menjaga Komunikasi

Persahabatan yang baik adalah yang komunikasinya terjaga dengan baik pula. Kapanpun dan dimanapun selalu menjaga komunikasi. Walaupun ia pindah ke pulau atau benua lain, yang namanya sahabat tetaplah sahabat dan akanselalu berbagi cerita. Apalagi sekarang teknologi semakin canggih, maka komunikasi jarak jauh pun menjadi sangat mudah. Jadi sudah sepatutnya batasan jarak tidak menjadi halangan lagi bagi sahabat untuk selalu menjaga komunikasi.

Sudah delapan tips yang GueTau sajikan untuk Sahabat GueTau yang setia membaca sampai akhir artikel ini. Semoga bermanfaat bagi Sahabat GueTau, dan tentunya kamu jadi makin bersemangat untuk menjadi sahabat yang baik!

Jika ingin berbincang dengan GueTau mengenai tips menjadi sahabat yang baik ini, Sahabat GueTau bisa langsung email ke info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Suci Wulandari 

 

Referensi:

  1. http://www.wikihow.com/Be-a-Good-Friend
  2. http://tinybuddha.com/blog/25-ways-to-be-a-true-friend/
  3. http://www.selfstairway.com/how-to-be-a-good-friend/

 

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − thirteen =