Pacaran di Ujung Tanduk, Putus atau Lanjut?

posted on 07/04/2014

PutusNyambung

Sahabat GueTau, bagaimana sih cara merawat hubungan kalian agar tetap bertahan? Setiap masalah kecil atau besar yang terjadi pada hubungan pasti akan menguras hati, tenaga dan waktu. Setelah itu, kita akan dihadapkan dengan pertanyaan, ‘Mau dibawa ke mana hubungan yang hampir retak namun, masih ada rasa tidak mau berpisah dengan pasangan?’ Lantas, hubungan itu terjebak ke dalam yang namanya hubungan putus-nyambung.

Alasan apa sih yang melatarbelakangi hubungan putus-nyambung? Alasan utama biasanya karena pasangan memiliki satu kualitas yang disukai, namun demikian di saat yang bersamaan pasangan memiliki satu hal yang sangat tidak disukai. Misalnya, pasangan kita sulit dapat dipercaya atau hal-hal lainnya. Kombinasi keduanya seringkali menyulitkan dan membuat salah satu pihak ataupun keduanya merasa tidak nyaman. Kemudian muncul pertimbangan untuk melanjutkan hubungan tersebut atau tidak.

Beberapa cara dapat digunakan untuk menentukan apakah sebaiknya melanjutkan hubungan atau tidak, yaitu:
lanjut

Tanda kamu bisa melanjutkannya:

  1. Kamu dan orang lain sangat ingin berada dalam hubungan ini di bersama-sama.
  2. Ada banyak momen-momen bahagia dalam hubungan Sahabat GueTau.
  3. Sebagian besar keinginan dan kebutuhan masih dapat Sahabat GueTau temukan dalam hubungan tersebut.
  4. Sahabat GueTau selalu berharap untuk bertemu, berbagi banyak tawa dan sukacita, dan menyadari jika hubungan kamu dengannya membuat Sahabat GueTau merasa lebih baik.
  5. Sahabat GueTau dan pasangan senang berbagi pada masing-masing.
  6. Komunikasi terbuka dan bekerja dengan baik.
  7. Hubungan, secara fisik dan emosional, sehat dan aman bagi kedua belah pihak.
  8. Kamu dan pasangan, dalam hubungan ini,memupuk seusatu untuk masa depan bersama.
  9. Kamu dan dia memiliki lebih banyak halbaik untuk di katakan tentang satu sama lain, dan bukan kritik atau hal-hal yang tidak kamu sukai.
  10. Kamu dan dia menyelesaikan konflik secara baik-baik bersama.
  11. Hubungan Sahabat GueTau dengannya terasa seperti sebuah tempat di mana setiap orang dapat merasaditantang untuk tumbuh dalam cara yang positif,  serta diterima, dirawat dan didukung.

Untitled

Ketika Sahabat GueTau harus menyelesaikan hubungan tersebut, ini ciri-cirinya:

  1. Kamu atau dia tidak lagi ingin berada di dalam hubungan itu lagi atau merasa apatis.
  2. Hubungan sering membuat kamu atau dia tidak bahagia .
  3. Kamu atau dia tidak mendapatkan sebagian besar dari apa yang diinginkan atau dibutuhkan.
  4. Begitu kamu melihat dia, tidak ada lagi rasa sukacita atau harapan untuk berbagi tawa dan kesenangan.. Malah, salah satu dari kamu atau pasangan merasa buruk akan diri sendiri akibat berada dalam hubungan .
  5. Kamu atau dia merasa lebih baik sendiri.
  6. Komunikasi telah rusak, berhenti atau terasa mustahil.
  7. Hubungan, secara fisik atau emosional, tidak lagi sehat atau tidak aman bagi siapa pun di dalamnya.
  8. Merasa hubungan tidak berkembangan.
  9. Kamu dan dia memiliki banyak hal buruk tentang mengatakan tentang satu sama lain untuk dikatakan daripada hal-hal baik atau hal-hal yang disukai.
  10. Sahabat GueTau dan pasangan tidak dapat menyelesaikan konflik secara baik bersama-sama atau merasa bahwa hanya salah satu dari kalian yang mencoba untuk memperbaikinya.
  11. Hubungan Sahabat GueTau terasa seperti sebuah tempat di mana di mana tantangan positif dan pertumbuhan telah berhenti terjadi atau tidak pernah terjadi, dan/atau salah satu atau kedua orang tidak saling menerima, peduli atau mendukung.
  12. Kamu merasa tinggal di dalam rasa bersalah.

 

Membuat suatu keputusan dalam hubungan sangat perlu dipikirkan dengan matang. Kenapa? Karena Sahabat GueTau dan pasangan  yang dapat menentukan mau di bawa ke mana hubungan itu sendiri dan bagaimana kamu tetap bisa bahagia dalam suatu hubungan pacaran. Semoga tips tadi bisa memberikan kemudahan dalam menentukkan keputusan bagi Sahabat GueTau apakah suatu hubungan ingin dilanjutkan atau diakhiri saja. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama untuk Sahabat GueTau yang mungkin sedang mengalami putus-nyambung dengan pasangan. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Sahabat GueTau bisa mengirimkan e-mail ke info@GueTau.com

 

Ditulis oleh Lutfi Hendsob


 

Referensi :

  1. http://ruangpsikologi.com/sosial/drama-hubungan-romantis-putus-nyambung/#ixzz2vyAIl6ve
  2. http://www.scarleteen.com/article/relationships/should_i_stay_or_should_i_go

 

 

related post

Apakah Kamu Percaya Belahan Jiwa?

posted on 15/01/2017

  “Belahan Jiwa Itu Ada Atau Tidak?”   Mungkin, sebagian orang pernah berpikir dan menanyakan tentang soal ini. Nah, GueTau pengin tah

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

#KataMereka Tentang Cinta, Sayang, Suka

posted on 10/03/2016

“Cinta Pada Pandangan Pertama” Kita tentu pernah merasakan yang namanya jatuh cinta. Aku, kamu, dan kalian. Jika perasaan tersebut akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =