Selamat Tinggal Masalah Mulut!

posted on 21/05/2016

    Mouth - DeviantArt
    Sumber

Menurut dokter Uchenna Okoye dari London Smiling Dental Group dan Oral B smile director, “jika mulut berbau, maka air liur juga akan bau, selain itu merokok dan diet ketat juga bisa mempengaruhi bau mulut.”

Sahabat GueTau, kesehatan mulut adalah salah satu aspek penting dalam bersosialisasi! Bagaimana tidak, masalah seperti bau mulut seringkali menghilangkan kepercayaan diri.

Masalah kesehatan mulut yang sering kita temui adalah karang gigi, gigi berlubang, sariawan dan bau mulut. Gak mau kan aktifitas kita terganggu hanya karena ada masalah pada mulut kita?
Beberapa Masalah yang Sering Kita Temui…

1. Karang Gigi

Karang gigi itu terbentuk dari plak yang bercampur dengan zat kapur yang bercampur dengan air liur, solusi untuk mencegah karang gigi, kalian hanya perlu rutin menyikat gigi, berkumur dengan mouthwash, minum banyak air putih, namun jika sudah timbul dan lama mengendap, maka harus segera konsultasi ke dokter gigi yah!

2. Sariawan

Ketika mengalami sariawan pasti kita akan kehilangan selera makan, faktor utama pemicu sariawan adalah kurangnya vitamin c, infeksi virus atau bakteri, bahkan bisa disebabkan oleh luka gigitan pada mulut, solusi mudah untuk masalah mulut yang satu ini adalah hindari makanan yang terlalu panas dan pedas, hati-hati saat menggosok gigi agar tidak meninggalkan luka dalam mulut dan rutin mengkonsumsi buah-buahan.

3. Bau Mulut

Bau mulut atau secara medis disebut dengan halitosis disebabkan oleh banyak hal, tapi sebagian besar penyebabnya ada di mulut dan gigi. Menurut dokter Uchenna Okoye dari London Smiling Dental Group dan Oral B smile director, “jika mulut berbau, maka air liur juga akan bau, selain itu merokok dan diet ketat juga bisa mempengaruhi bau mulut.” Solusinya jika mulut kita berbau tak sedap adalah kumur-kumur dengan air garam, stop merokok, dan biasakan sarapan pagi sebelum aktifitas.

4. Gigi Sensitif

Sahabat GueTau pernah merasa gigi ngilu saat minum air es? Itu berarti tanda gigi kamu sensitif! Penyebab gigi sensitif bisa terjadi karena sering mengkonsumsi makanan atau minuman asam dan bersoda, penyakit periodontal (penyakit gusi), dan terkikisnya email gigi.

Solusi untuk kamu yang memiliki gigi sensitif adalah gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, hindari makan dan minuman asam, gunakan sikat gigi dengan ujung kepala bulat dan berbulu lembut, dan kosultasikan ke dokter jika rasa ngilu tersebut bertambah parah.

Nah, sahabat GueTau gak mau kan punya masalah pada mulut? Punya hal menarik seputar kesehatan mulut yuk kirim ke info@guetau.com

Oleh Intan Putri

Referensi:
1. http://sariawan.org/
2. www.nationalgeographic.co.id
3. www.klikdokter.com
4. http://sariawan.org/

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + fifteen =