Istimewanya Sri, Istimewanya Perempuan Muda Indonesia

posted on 06/05/2013

Sahabat GueTau, kalau kita sakit pasti disuruh untuk minum obat, benar nggak. Tapi sekarang sudah jarang orang sakit yang minum jamu. Mungkin karena jamu pahit dan rasanya nggak enak kali ya, hehe.

Tapi Sahabat GueTau jangan salah, ternyata ada seorang peneliti perempuan muda yang mengharumkan nama bangsa karena telah mendapat penghargaan fellowship internasional L’Oréal-UNESCO For Women In Science (FWIS). Peneliti ini terpilih menerima penghargaan dari ribuan ilmuwan di seluruh dunia.

Namanya adalah Sri Fatmawati, lahir dari keluarga sederhana dengan seorang ayah guru SD di Sampang, Madura. Sri Fatmawati memulai kariernya di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan menjalani riset untuk pascasarjananya di Indonesia dan Jepang. Pendidikan ini mengantarkan dirinya meraih gelar PhD dalam Agro-Environmental Sciences.

Semasa kecil, Sri sering diobati dengan jamu obat tradisional Indonesia oleh ibundanya. Dari pengalamannya melihat kekuatan penyembuhan dengan bahan-bahan alami itulah, perempuan yang berprofesi sebagai dosen ini terinspirasi untuk menjadi ahli kimia dalam bidang sains. Mengetahui begitu banyak potensi kekayaan alam Indonesia, membuat Sri tak berhenti melakukan penelitian. Ia menggunakan keragaman hasil laut Indonesia untuk memperluas ruang lingkup studinya mengenai spesies laut. Secara khusus, Sri meneliti spons yang merupakan jenis invertebrata paling primitif. Penelitian Sri revelan untuk pengobatan penyakit seperti malaria, infeksi, kanker, dan Alzheimer.

Ternyata di balik kesuksesan Sri banyak yang mendukungnya. Termasuk suami dan orang tua Sri sendiri. Coba bayangkan Sahabat GueTau, andaikan penelitian Sri berhasil, akan terpampang di setiap surat kabar media dan elektronik di seluruh dunia dengan tulisan: “Peneliti perempuan dari Indonesia telah berhasil menemukan obat untuk penyakit malaria, infeksi, kanker, dan Alzheimer dari bahan-bahan alami”.

Nah Sahabat GueTau, mumpung kita masih muda, coba serius dengan apa yang kita kerjakan. Kerjakan dengan sungguh-sunggguh dan kerja keras. Cari hal yang kamu suka dan menjadi perhatianmu, pelajari apa pun seputar hal tersebut. Dengan begitu, mungkin kamu akan menjadi seorang Sri lain di masa mendatang.

 ___

Ditulis Oleh: Deni, kontributor GueTau.com

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + ten =