Sekarang Informasi HIV dan AIDS Kian Mudah Didapat, Bahkan di Smartphone

posted on 29/10/2013

Horeeee!!

 

Ada kabar gembira untuk Sahabat #GueTau pengguna iOS, Blackberry z10 dan Android  dari Kementerian Kesehatan lho. Jadi pada akhir Oktober kemarin, Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A., MPH meluncurkan aplikasi yang bernama AIDS Digital.

 

Di aplikasi AIDS Digital ini, Sahabat #GueTau akan mendapatkan informasi yang komprehensif tentang HIV dan AIDS. Karena di aplikasi tersebut dijelaskan tentang:

 

  • Informasi dasar seputar HIV dan AIDS seperti pengertian sampai mitos-mitos terkait HIV dan AIDS;
  • Informasi layanannya seperti tes HIV, terapi ARV, kelompok dukungan ODHA, alat suntik steril, methadone, pencegahan orangtua ke anak, Infeksi Menular Seksual (IMS), dan juga Rumah Sakit rujuan AIDS;
  • Infoemasi direktori online baik dari organisasi pemerintah maupun organisasi non-pemerintah.

 

Hebatnya, ini adalah aplikasi yang dibuat oleh teman-teman dari Indoensia AIDS Coalition (IAC) untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam pencapaian target Millenium Develompent Goals (MDGs) pada poin ke 6, yakni memerangi HIV dan AIDS.

Kenapa HIV dan AIDS? Ini nih yang harus Sahabat #GueTau ketahui, kalau ternyata sebagian besar infeksi baru dari HIV dan AIDS itu dialami oleh kelompok usia muda atau dikenal dengan istilah usia produktif yakni sekitar 71% di kelompok usia 25-49 tahun untuk kasus HIV dan sebagian besar di kelompok usia 30-39 tahun untuk kasus AIDS (periode April-Juni 2013).

Lalu apa saja manfaat AIDS Digital? Menurut Ibu Menkes dalam sambutan acara peluncuran aplikasi AIDS Digital, “Aplikasi ini bermanfaat untuk menginformasikan tentang berbagai hal, seperti pelayanan kesehatan, lokasi pelayanan kesehatan, jadwal pelayanan melalui alat komunikasi sehingga masyarakat tidak selalu perlu datang langsung ke fasilitas kesehatan. dengan demikian, waktu dan dana dapat dihemat, bahkan hambatan budaya akibat rasa malu dan atau adanya stigmatisasi dan diskriminasi dapat dihindari”.

So, kalau Sahabat #GueTau sering menggunakan Apple Store, Google Play dan Blackberry Store untuk mengunduh aplikasi-aplikasi seputar HIV dan AIDS, Sahabat #GueTau akan lebih banyak mendapatkan aplikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Tetapi dengan adanya AIDS Digital ini, Sahabat #GueTau nggak perlu lagi susah-susah untuk memahami informasinya. Karena aplikasi ini tersedia dengan bahasa Indonesia.

Asik kan, jadi tunggu apa lagi? Yuk unduh aplikasi AIDS Digital dan sebarkan informasi ini kepada teman-teman lainnya, agar tidak ada kasus baru HIV, tidak ada stigma dan diskriminasi terhadap ODHA, dan juga tidak ada kamatian akibat AIDS!

Sahabat GueTau mau kan menolong sesama 😀

 

Ditulis oleh Nia (Kontributor Lepas)

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 15 =