(Bukan) Tips Menabung Sepuluh Juta Dalam Satu Bulan

posted on 24/01/2016

    Money
    Sumber

“Tanyakan dulu pada dirimu sendiri, apakah kamu membutuhkannya atau sekadar lapar mata saja?“

Sahabat GueTau, apakah kamu pernah kehabisan uang padahal masih pertengahan bulan? Apakah kamu bertanya-tanya kenapa uangmu cepat sekali habis? Jangan khawatir, GueTau akan membantu kamu agar lebih lihai dalam mengelola keuangan pribadi. Bagaimana caranya?

Penting: Anggaran Bulanan

    Wallet
    Sumber

Pertama, buatlah daftar kebutuhan bulananmu seperti makan sehari-hari, sewa kos, buku dan fotokopi, bensin, pulsa dan internet, dan sebagainya. Lalu, alokasikan uang bulananmu untuk masing-masing pos tersebut. Pisahkan uang untuk masing-masing pos jika diperlukan. Dengan begitu, kamu tahu ke mana saja uangmu akan dibelanjakan.

Oh iya, kamu juga harus terus mematuhi rencana anggaran yang telah kamu buat ya. Jika kamu menggunakan uang makan untuk keperluan lain seperti misalnya nonton ke bioskop, berarti kamu telah mengurangi jatah makanmu untuk ke depannya. Ketika pos uang makan habis, kamu akan mengambil uang dari pos lain, dan seterusnya. Nah, agar tidak mengacaukan rencana keuangan bulananmu, kamu harus benar-benar disiplin ya!

Bulan Berikutnya: Anggaran Sudah Benar, Belum?

Pada bulan berikutnya, coba lihat kembali apakah perencanaan keuangan yang kamu buat sudah efektif. Cari pos-pos mana saja di perencanaanmu yang masih bisa dihemat. Misalnya untuk menghemat pos uang bensin, kamu bisa mencoba naik kendaraan umum. Contoh lainnya, agar tidak usah terlalu banyak menghabiskan uang untuk jajan, cobalah membawa bekal sendiri. Selain bisa menghemat uang makanmu, tentu kebersihan dan gizinya lebih terjamin, bukan?
Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Saat sedang berbelanja, kamu melihat ada papan harga bertuliskan diskon 70% dan mulai tergoda untuk membeli. Eits, tunggu sebentar, Sahabat GueTau! Tanyakan dulu pada dirimu sendiri, apakah kamu membutuhkannya atau sekadar lapar mata saja?

Sebetulnya boleh saja jika sekali-kali kamu ingin memanjakan dirimu dengan membeli barang-barang yang kamu inginkan. Tapi ada baiknya jika kamu menahan konsumsi barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Bayangkan saja berapa banyak uang yang bisa kamu hemat jika kamu tidak boros berbelanja.

Menabung Yang Tak Mustahil

Menyisihkan sebagian uang bulananmu untuk ditabung itu penting juga lho, Sahabat GueTau! Tapi jangan salah nih, menabung itu sebaiknya dilakukan pada awal perencanaan keuangan dengan secara khusus mengalokasikan sejumlah uangmu untuk ditabung, bukan menunggu akhir bulan dan baru menabung jika ada uang yang tersisa.

Ada banyak manfaat menabung secara konsisten. Dalam jangka pendek, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk keperluan mendadak seperti misalnya saat kamu sedang tertimpa musibah. Dalam jangka panjang, kamu bisa menggunakan uang yang telah terkumpul banyak itu sebagai modal usaha atau investasi.

Sebaiknya jangan menabung di celengan atau semacamnya karena uangnya mudah sekali diambil kembali jika suatu saat kamu tergoda. Buatlah rekening baru di bank yang tidak menggunakan kartu ATM agar kamu tidak bisa seenaknya menarik kembali uang tabunganmu. Biasanya jenis rekening ini tidak dikenai biaya administrasi sehingga uang tabunganmu tidak akan terpotong. Selain itu, dengan menabung di bank keamanan uangmu lebih terjamin.

Uang Tidak Cukup? Kerja Paruh Waktu Yuk!

Jika memiliki waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari uang tambahan. Banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu lakukan seperti misalnya berjualan melalui online shop, menulis artikel untuk majalah atau koran, membuat makanan ringan untuk dijual, dan masih banyak lagi. Jika kamu memiliki akses internet, ada banyak website-website yang memberikan pekerjaan-pekerjaan sederhana yang bisa dilakukan di mana saja, seperti menulis konten untuk blog, menerjemahkan dokumen berbahasa Inggris, atau menjadi admin untuk akun media sosial perusahaan tertentu.

Kenali potensi dirimu dan cari hal-hal yang menurutmu menarik dan mulailah gunakan keahlianmu itu untuk menghasilkan uang tambahan. Tidak perlu gengsi atau malu untuk memulai pekerjaan sampingan, justru kamu harus merasa bangga karena memiliki tekad dan mau berusaha untuk bisa mandiri.
Kemampuan mengelola keuangan dengan baik akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dan membuat kita lebih bertanggungjawab atas uang yang kita belanjakan. Yuk, kita biasakan mulai dari sekarang! Untuk pertanyaan lain seputar perencanaan keuangan pribadi, bisa kamu kirimkan ke info@guetau.com ya!

Oleh Helmi Akbar

Referensi:
1. http://www.moneyandstuff.info/budgetingbasics.html

related post

Bulan Mei=Bulan Masturbasi

posted on 14/05/2013

Halo bulan Mei! Halo bulan Masturbasi! Yup! Di Amerika Serikat, bulan Mei merupakan salah satu bulan penting yang dinanti-nanti untuk diraya

FAQ Youth Diversity

posted on 17/10/2012

Memangnya ada berapa orang muda di Indonesia? BKKBN, mengutip SP 2010, menyatakan dalam salah satu laporannya bahwa dari 237,6 juta orang pe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − nine =