Manajemen Waktu

posted on 10/01/2013

“Waktu adalah uang.

Setiap manusia memiliki jumlah jam yang sama dalam satu hari, 24 jam. Akan tetapi, kehidupan yang meliputi kesuksesan dan kegagalan setiap manusia berbeda-beda. Kenapa Alexander Graham Bell, Albert Einstein, Bill Gates, dan Muhammad Yunus bisa sukses. Padahal, waktu yang dimiliki dan kondisi fisik yang dimiliki sama seperti kita? Kuncinya ada pada manajemen waktu. Manajemen waktu adalah kemampuan untuk mengatur waktu kegiatan dalam satu hari. Kesuksesan adalah milik mereka yang mampu mengatur waktunya dengan baik. Begitulah kira-kira yang dapat kita simpulkan dari fenomena ini.

Setali tiga uang dengan multitasking, manajemen waktu adalah solusi dari pencegahan dampak buruk multitasking.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam manajemen waktu:

  • Mereview Manajemen Waktu

Hal paling pertama yang dilakukan ialah evaluasi manajemen waktu sebelumnya. Introspeksi diri. Review manajemen waktu kamu. Apakah selama ini kurang tepat sehingga jadi amburadul? Untuk review, buatlah bagan atau semacam chart kue dan masukkan aktivitas kamu sehari-hari sesuai porsinya. Chart mana yang paling besar? Puaskah kamu dengan chart tersebut? Berapa banyak waktu terbuang untuk aktivitas kurang berguna?

Luangkan 30 menit pertama setiap harinya untuk merencanakan harimu. Jangan memulai aktivitas sebelum kamu selesai merencanakannya. Saat yang paling penting dalam harimu adalah saat kamu merencanakannya.

  • Tentukan Prioritas

Dengan sistem prioritas, kita akan mengetahui mana dulu yang paling penting. Tentukan prioritas dari yang paling mendesak hingga yang kurang mendesak. Jika kamu sudah memiliki prioritas, biasanya kamu tidak akan membuang-buang waktu untuk melakukan hal-hal yang kurang penting.

  • Buatlah Sistem Agenda

Orang yang teratur biasanya terlihat dari kebiasaannya menulis setiap rencana dan tugas dalam agenda. Sistem agenda akan sangat membantu kamu untuk mengatur jadwal aktivitas sehari-hari. Apalagi jika kamu termasuk pribadi yang supersibuk. Ada tiga waktu yang mesti kamu tata: waktu bekerja, waktu untuk diri sendiri, dan orang lain (keluarga, pasangan, sahabat, dll). Mulailah dengan membuat semacam chart kue atau bagan untuk membagi 24 jam waktumu dengan berbagai aktivitas.

  • Do It Now. Stop Procrastinating!

Ubahlah kebiasaan menunda. Menunda sama dengan mencuri waktu. Cobalah review, apa yang sebenarnya membuat kamu malas menyelesaikan pekerjaan? Jika kamu menemukan perasaan tidak enak ketika melakukan suatu pekerjaan, kamu harus melawan perasaan tidak senang dan malas. Selesaikan pekerjaanmu dalam sekali waktu. Belajarlah untuk berkata TIDAK jika ada situasi yang tidak mendukung untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Misalnya ajakan untuk ngobrol atau nonton televisi.

  • Ciptakan Suasana yang Kondusif

Suasana bisa memengaruhi kinerja. Usahakan lingkungan kondusif sehingga kamu bisa berkonsentrasi. Hindari aktivitas, seperti chatting, Facebook, tweeting, dan kegiatan lainnya yang bisa mengganggu konsentrasimu. Fokuslah pada pekerjaan, jika perlu, katakan pada orang di sekitar bahwa kamu sedang tidak ingin diganggu. Putar musik instrumental yang tenang dan nyaman didengar sebab hal ini dapat membantu menenangkan diri, menjaga konsentrasi dan membuat kamu tak mudah lelah. Ingat! Setiap orang punya gaya belajar yang berbeda. Jadi, disesuaikan saja 🙂

  • Luangkan Waktu Istirahat

Kesehatan adalah aset utama. Istirahat adalah saat kamu refresh segala kepenatan akibat aktivitas sehari-hari. Manfaatkan sebaiknya waktu istirahat untuk mengurangi ketegangan dan stres saat bekerja. Bahkan pada saat sibuk, kamu bisa sesekali beristirahat barang 5-10 menit. Tarik napas panjang dan sejenak lupakan masalah kerja. Istirahat saat bekerja itu sangat penting, karena kita juga butuh keseimbangan dalam hidup. Taraa! Saat kamu harus kembali berkerja tubuh jadi jauh lebih segar dan siap.

Pada dasarnya, manajemen waktu bersifat relatif. Setiap orang mempunyai gaya manajemen waktu yang berbeda-beda. Bisa aja nih, gaya manajemen si A cocok dengan si B. Jadi, coba temukan gaya manajemen waktu kalian sendiri. Tips manajemen waktu di atas bisa jadi panduan dalam menemukan gayamu sendiri.

Mari kita rancang waktu sebaik-baiknya!

Ini gayaku, kalau kamu? 😀

___

Oleh: Nikita Dewayani

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 3 =