Mengisi Waktu Luang Jadi Relawan? Kenapa Enggak!

posted on 06/01/2014

“Orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak karena diwajibkan atau dipaksakan) itu definisi secara umum dari kata sukarelawan.“

 

Sahabat GueTau pernah mendengar tentang relawan, sukarelawan atau volunteer? Kalau Sahabat GueTau ikut kegiatan sosial atau bergabung dalam sebuah organisasi sosial nah berarti Sahabat GueTau bisa di sebut relawan, meski tidak secara tertulis atau secara langsung dengan lisan.

Nah buat Sahabat GueTau yang mau jadi relawan yang sejati, GueTau ada nih tips-tipsnya nih. Yuk kita simak!

 

Tips Menjadi Relawan

Tahapan pertama:

  • Tanamkan sifat sosial dan pelajari dunia sosial terlebih dahulu.

  • Mencari informasi mengenai isu-isu yang berkembang sekarang ini.

Tahapan kedua :

  • Cari informasi lembaga yang bisa kita masuki dengan isu yang akan Sahabat GueTau kembangkan. Contohnya CMM PKBI DKI atau MCR PKBI JABAR untuk mengembangkanm isu di bidang kesehatan reproduksi dan kehidupan remaja atau bisa juga gabung di GueTau.

  • Kenali dan pelajari isu apa saja yang ada di lembaga yang akan kita masuki

Tahapan selanjutnya :

  • Kenali pula program-program yang sedang dan akan di kembangkan lembaga tersebut.

  • Pelajari lebih dalam mengenai isu yang ada di lembaga tersebut. Contohnya mengajak relawan lain untuk berdiskusi atau meminta ilmu pengetahuan dari relawan-relawan sebelumnya yang sudah ada.

 

  • Ikuti aturan lembaga tersebut karena kita sudah bekerja sama dengan lembaga tersebut dan akan ada di bawah bendera lembaga itu.

Tahapan terakhir :

  • Buka jejaring selebar dan sebesar mungkin untuk menunjang pengetahuan dan karir di bidang sosial sehingga kita pun tidak hanya terpatok sama satu isu saja tetapi akan banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman baru yang akan kita dapatkan nantinya.

relawan9

  • Dan jadilah relawan yang memperjuangkan isu yang akan di angkat bukan proyek yang akan di jalankan dan berapa keuntungan yang akan di dapatkan, be a real volunteer guys!.


 

Itu dia tips nya Sahabat GueTau mudah-mudahan tips tadi berguna untuk Sahabat GueTau yang mau bergabung menjadi relawan di salah satu lembaga. Sebenarnya sudah ada jiwa sosial di setiap tubuh manusia tinggal kita mengaplikasikannya seperti apa so nice to try loh mencoba jadi relawan atau volunteer di sela-sela waktu luangnya.

 

Ditulis oleh Danish Mohhad

 

Referensi:

  1. https://www.facebook.com/remajasehat

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =