Infeksi Saluran Reproduksi: Seberapa Tahukah Kamu?

posted on 04/12/2015

genomic-test-to-differentiate-between-viral-and-bacterial-infections
Sumber

“ISR pada perempuan sering tidak diketahui, hal ini dikarenakan gejalanya kurang jelas bila dibandingkan dengan laki-laki.”

Infeksi Saluran Reproduksi (ISR) adalah proses masuk dan berkembangbiaknya kuman penyebab infeksi ke dalam saluran reproduksi. ISR banyak kita jumpai pada pasien perempuan. Mengapa perempuan lebih sering mengalami ISR? Hal ini dikarenakan saluran reproduksi perempuan lebih dekat ke anus dan saluran kencing bila dibandingkan dengan laki-laki.

Terbagi Menjadi 3 Macam

1. ISR Endogen

ISR ini dikarenakan organisme yang berada di dalam vagina tumbuh secara tidak normal. ISR ini adalah jenis yang paling sering kita jumpai. Contohnya adalah kandidiadis. Kandidiadis sendiri adalah penyakit keputihan yang biasanya menyerang ibu-ibu hamil. Kandidiadis disebabkan oleh jamur candida albicans, gejalanya adalah rasa gatal yang luar biasa.

2. ISR Iatrogenik

ISR ini biasanya disebabkan karena tindakan-tindakan medis seperti induksi haid, aborsi, pemasangan alat kontrasepsi dalam Rahim (AKDR), maupun persalinan yang tidak sesuai dengan standar. Organisme penyebab infeksi dapat masuk melalui saluran reproduksi karena kurang atau tidak sterilnya alat-alat medis saat dilakukan tindakan medis tersebut.

3. Penyakit Menular Seksual (PMS)

ISR jenis ini terjadi karena melakukan hubungan seksual dengan partner yang sudah terinfeksi terlebih dahulu. Contohnya adalah herpes genital. Herpes genital disebabkan oleh virus herpes hominis type 2 yang biasanya menular 2-3 hari setelah berhubungan seksual. Gejalanya biasanya rasa panas, gatal, dan nyeri di sekitar alat reproduksi.

Mempunyai Banyak Dampak Negatif

ISR sendiri mempunyai dampak buruk yang sangat banyak, khususnya pada perempuan. ISR dapat menyebabkan terjadinya Penyakit Radang Panggul (PRP), PRP dapat menyebabkan seorang perempuan menjadi mandul atau kehamilan di luar kandungan. ISR juga dapat mengganggu proses kehamilan, bayi dapat lahir prematur ataupun bayi lahir cacat. Human Papiloma Virus (HPV) juga dapat menyebabkan seorang perempuan menderita kanker mulut Rahim (kanker serviks).
Selain merugikan secara fisik, ISR dan berbagai penyakit yang ditimbulkannya juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup seseorang.

hand-wash
Sumber

Dapat Dicegah dengan Berbagai Cara

Setiap jenis ISR mempunyai cara pencegahannya masing-masing. Misalnya pada ISR Endogen dapat dicegah dengan mulai memperhatikan kebersihan diri, khususnya kebersihan alat reproduksi. Selain itu ISR Endogen juga dapat dicegah dengan cara peningkatan pelayanan akses kesehatan yang menyeluruh dan merata ke berbagai daerah.

Untuk ISR Iatrogenik sendiri dapat dicegah dengan mensterilisasi alat-alat medis sebelum melalukan tindakan medis. Sedangkan untuk PMS dapat dicegah dengan melakukan hubungan seksual yang aman menggunakan kondom sebagai pelindung. Sekarang, Sahabat GueTau udah paham belum tentang apa itu ISR? ISR adalah sesuatu yang wajib untuk kita ketahui.

Tidak hanya ditularkan melalui hubungan seksual, ISR juga dapat terjadi pada Sahabat GueTau yang belum pernah melakukan hubungan seks sekalipun dikarenakan penularan ISR bermacam-macam. Perlu untuk Sahabat GueTau selalu menjaga kebersihan alat reproduksi dan mencari pengobatan pada pelayanan kesehatan yang ada.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sahabat GueTau dan kita semua. Jika Sahabat GueTau ingin tau tentang ISR lebih lanjut dapat mengirimkan emailnya ke alamat info@guetau.com. Oiya, ditunggu kritik dan sarannya ke alamat tersebut juga ya!

Ditulis oleh Bagus Siswantha

Referensi:
1. Lenteraimpian.wordpress.com

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =