Berbeda Ukuran? Gak Masalah

posted on 29/01/2016

    Effie - Boobs

    “dalam dunia medis, ukuran dada perempuan memang gak memiliki ukuran besar yang sama persis, itu merupakan hal yang normal pada masa pubertas”

Memiliki ukuran dada yang ideal adalah dambaan bagi banyak perempuan, bahkan mungkin termasuk Sahabat GueTau. Berdasarkan hasil studi di amerika, ukuran dada yang ideal bagi seorang perempuan yaitu memiliki tinggi hingga ke puting sekitar 15 cm, dengan berat payudara satu bagiannya kurang lebih 750 gram dan volume yang dimiliki sekitar 300 cc hingga 500 cc. Wah, ternyata lebih dari sekadar ukuran yang terlihat yah.

Kenali Dulu Ukuranmu

Ukuran payudara akan menentukan ukuran cup (mangkuk) bra, yang berukuran mulai dari A, B, C, D, sampai ukuran dobel. Jadi, setiap perempuan yang memiliki lingkar dada yang berukuran 34 cm dan ukuran cup C, maka ukuran bra yang diperlukan adalah 34 C. huruf dan angka yang terdapat dalam ukuran payudara berasal dari ukuran lingkar dada seperti (32, 34, 36, dst) dan ukuran cup (mangkuk) bra seperti (A, B, C, D, dst) sesuai dengan ukuran payudara kita.

Ukuran di atas sebetulnya bukan penentu keindahan estetik seorang perempuan. Semua tergantung proporsi ukuran tubuh kamu dan yang terpenting adalah kepercayaan dari dalam diri. Kalau ukuran payudaramu terlihat seimbang dengan postur tubuh, buat apa ingin lebih besar atau kecil? Mulai berdamai dengan hal-hal ini deh, supaya kamu bisa pikirkan hal yang lebih penting kedepannya.

Payudaraku Berbeda Ukuran, Normal Gak Sih?

Jangan khawatir sahabat GueTau, dalam dunia medis, ukuran dada perempuan memang gak memiliki ukuran besar yang sama persis, itu merupakan hal yang normal pada masa pubertas, biasanya ukuran payudara sebelah kiri berukuran lebih besar daripada ukuran payudara sebelah kanan, penyebabnya adalah payudara sebelah kiri terletak dekat dengan jantung, di dekat organ jantung banyak pembuluh darah dan pembuluh nadi, selain itu terdapat lapisan lemak yang membuat payudara sebelah kiri terlihat lebih besar. Tapi jika perbedaan yang terjadi tidak normal dan terdapat benjolan di sekitar payudara, sebaiknya langsung periksakan ke dokter dengan segera yah.

Lebih baik kita mencegah daripada mengobati, seperti pengalaman penyanyi Andien yang berjuang melawan kanker payudara sejak dia berusia 16 tahun, perempuan yang semakin dikenal lewat lagu “Moving On” ini pun mulai berhati-hati dalam mengatur pola makannya. Faktor genetik, rokok, alkohol, dan makanan berlemak tinggi, adalah beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya kanker payudara.

Nah sahabat GueTau, belajar dari pengalaman Andien, kita bisa kurangi konsumsi junkfood berlebih, rajin berolah raga, konsumsi buah-buahan yang memiliki tinggi antioksidan dan lakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri), pemeriksaan sadari secara rutin akan membuat kita semakin kenal dengan payudara kita sendiri, sehingga bila ada kelainan dapat segera dideteksi dan ditangani. Di artikel selanjutnya GueTau akan membahas secara khusus SADARI ini yah. Mau tau lebih lanjut seputar kesehatan payudara? kirim pertanyaan kalian ke info@guetau.com

Oleh Intan Putri

Referensi:

1. http://www.klikdokter.com/tanyadokter/kecantikan/ukuran-payudara-berbeda-normalkah
2. www.pitapink.com
3. http://www.youtube.com/watch?v=XS0DJGdAs_M

related post

Serba Serbi Bra

posted on 26/02/2016

“Bra berasal dari bahasa Prancis kuno yang berarti ‘lengan atas’.” Bagi seorang perempuan, menggunakan bra yang sesuai dengan bentuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *