Tren Berewok dan Standar Ketampanan

posted on 09/04/2016

Sahabat GueTau sadar atau enggak sih, kalau tren berewok sedang digemari anak muda masa kini?

Rambut kelimis, topi, kaos kekinian, jogger pants, sepatu lari, dan nggak ketinggalan –berewok! Bisa jadi ini adalah salah satu gaya yang sedang banyak digemari anak muda saat ini. Rapi dan maskulin, gaya ini juga dianggap ampuh menarik perhatian cewek maupun cowok, loh!

Tapi, apakah semua cowok bisa numbuhin berewok? Dan apa betul, cowok harus punya berewok? Belum tentu.

1. Berewok Itu Faktor Genetik

Tumbuh enggaknya berewok itu bergantung pada faktor genetik dan hormonal (testosteron). Biasanya, berewok mulai tumbuh pada usia pubertas, dan mencapai puncaknya di umur 20-an.

Apakah cowok yang nggak punya berewok berarti kadar testosteronnya rendah? Ternyata enggak, loh. Rata-rata cowok memilki kadar testosteron yang sama. Hanya saja, reaksi testosteron pada tubuh seseorang itu berbeda satu dengan lainnya. Di sinilah genetika bermain. Seseorang dengan tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap testosteron akan cenderung lebih mudah berewokan, dan sebaliknya.

2. Obat Penumbuh Berewok? Ada Sih, Tapi…

Obat penumbuh berewok kini dijual bebas di pasaran, mulai dari di tukang cukur sampai di situs belanja online, mulai dari yang herbal sampai yang kimiawi. Biasanya, kandungan obat penumbuh berewok itu sama dengan kandungan obat penumbuh rambut pada kebotakan.

Beberapa obat memiliki khasiat yang terbilang ampuh. Tapi, harganya selangit dan efek sampingnya pada kulit bisa bermacam-macam: kering, gatal, sampai iritasi. Emang sih, ada pepatah, “beauty is pain” (cantik itu luka). Tapi ada juga loh pepatah, “beauty is from within” (kecantikan dari dalam). Mau pilih yang mana, nih?

3. Tanpa Berewok Pun Tetap Kece

Sahabat GueTau tahu gak sih, kalau standar ketampanan cowok itu ternyata berbeda-beda. Contoh yang paling mudah adalah di Korea Selatan. Laki-laki seperti Taecyeon dan Lee Minho digandrungi jutaan orang dengan tampilannya yang mulus seperti porselin. Di Brazil, cowok-cowok berbadan kekar seperti penjaga pantai-lah yang dianggap tampan dan keren. Artinya apa? Berarti ide tentang ketampanan itu dikonstruksikan secara sosial dong, alias nggak mutlak!

4. Berewokan atau Enggak, yang Penting Sehat

Nah, ini yang paling penting. Berewokan atau enggak, sehat itu harus jadi nomor satu. Sehat itu nggak cuma fisik, loh, tapi juga mental dan sosial, misalnya: rajin olah raga, makan makanan sehat, tidur teratur, dan jangan lupa, rajin belajar dan menabung, hehehe. Selain bikin senang, sehat juga bakal bikin kamu lebih berguna untuk sesama.

Nah, itu tadi pandangan singkat GueTau tentang fenomena berewok. Inget yah, ketampanan itu hadir dalam bentuk yang berbeda-beda. Itu semua tergantung dari bagaimana citra tubuh seseorang dimaknai secara sosial. Apa yang dibilang ganteng oleh dia, mungkin belum tentu ganteng menurut kamu. Jadi, daripada ngikutin standar yang dibuat-buat, yuk, hidup sehat dan percaya diri!

Oleh Gomat Saragih

Referensi:
http://mentalfloss.com/article/54444/why-cant-some-men-grow-facial-hair

Top 10 Most Popular Korean Actors In 2016 & 2015

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =