Cari Tahu Hak Kita! 10 Hak-hak Anak

posted on 29/11/2013

“Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Deklarasi Universal Hak Asasi manusia menyatakan bahwa seorang anak, karena alasan belum tercapainya kedewasaan fisik dan jiwa, membutuhkan perlindungan dan pengasuhan khusus, termasuk perlindungan hukum yang tepat.“

 

Kali ini Sahabat GueTau akan di ajak untuk mengenal 10 hak anak yang ada di Deklarasi Universal Hak-hak Anak atau Universal Declaration on the Rights of Children, tujuannya agar di hari anak sedunia yang jatuh pada tanggal 20 november ini kita lebih memahami hak anak dan menghargai hak tersebut sehingga bisa di aplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari. Yuk kita simak apa sajah sih hak-hak anak yang ada dalam deklarasi tersebut.

 

10 Hak-hak anak yang ada di Deklarasi Universal Hak-hak Anak

1.     Setiap anak, tanpa pengecualian apapun berhak atas hak-hak yang di atur dalam deklarasi ini tanpa pembedaan atau diskriminasi karena ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, politik, asal nasional, sosial, kekayaan, dan kelahiran.

 Anak-anak Wakatobi

2.     Anak harus menikmati perlindungan khusus secara hukum. Karena mereka berhak secara bebas bermain tanpa ada ancaman kekerasan dan tindakan lain yang membuat mereka tidak nyaman.

Anak2

3.     Anak berhak atas nama dan kebangsaan sejak lahir. Memberikan nama yang memiliki arti yang baik dan juga akte kelahiran adalah hak paling dasar untuk bagi anak.

anak3

4.     Anak harus menikmati manfaat jaminan sosial dan kesehatan. Karena anak adalah aset masa depan sebuah negara, maka negara wajib memberikan tunjangan sosial dan kesehatan agar mereka tumbuh menjadi aset yang baik untuk negaranya itu.

5.     Anak yang secara fisik, mental atau sosial mengalami kekurangan harus diberikan perlakuan khusus di bidang pendidikan serta perawatan. Dan menjauhkan mereka dari driskiminasi karena mereka juga mempunyai hak yang sama.

6.     Anak berhak menerima kasih sayang baik secara moral dan material. Tanpa terkecuali anak yang mengalami kasus-kasus tertentu seperti korban bencana, perceraian, dan tindakan lain.

7.     Anak berhak menerima pendidikan. Dan negara wajib memberikan fasilitas untuk itu tanpa terkecuali.

8.     Anak harus dalam segala situasi menjadi orang yang pertama untuk menerima perlindungan dan bantuan. karena anak masih mempunyai hak untuk melanjutkan hidup dan masih akan bisa tumbuh berkembang.

9.     Anak harus dilindungi dari segala bentuk penelantaran, kekejaman dan eksploitasi. Menjadikannya sebuah aset adalah bagus tapi bukan untuk menjadikannya aset di bidang yang salah dan negatif, tetapi menjadikannya aset masa depan yang bisa berguna dalam hal yang positif.

anak4

10. Anak harus dilindungi dari praktik-praktik yang dapat mendorong diskriminasi ras, agama dan segala bentuk diskriminasi lainnya. Termasuk melindungi mereka dari konflik agama, suku dan negara.

10 hak tersebut menjadi landasan untuk negara kita, Indonesia, unyuk membuat Undang-undang Perlindungan Anak Nomor 23 yang disahkan pada tahun 2002. Undang-undang tersebut diperkuat dengan dibentuknya Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada tahun yang sama. Sahabat GueTau bisa mengontak KPAI di  http://www.kpai.go.id/.

Nah Gimana Sahabat GueTau? Kamu sekarang tau kan hak-hak tersebut dan bisa menjadi landasan kuat buat untuk bertindak jika menemukan kasus kekerasan anak, eksploitasi anak dan pelanggaran-pelanggaran lain dari hak-hak tersebut.

Selamat Hari Anak Universal!

 

Ditulis oleh Danish Mohhad

 

Referensi:

  1. http://www.un.org/cyberschoolbus/humanrights/resources/child.asp
  2. http://www.humanrights.gov.au/what-universal-declaration-human-rights
  3. http://www.worldmomsblog.com/author/humanrightswarrior/
  4. http://dispendukcapil.banyuwangikab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=66:informasi-mengenai-undang-undang-no-23-tahun-2002-tentang-perlindungan-anak&catid=4:berita&Itemid=12
  5. http://www.kpai.go.id/

 

related post

6 Keuntungan Ikut Organisasi Sekolah Atau Kampus

posted on 24/02/2017

  “Musim seleksi penerimaan siswa dan mahasiswa baru sudah dekat. Apa rencanamu di sekolah atau kampus baru?” Sahabat GueTa

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

posted on 20/03/2016

“Pergi ke gym pastinya memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih dibandingkan dengan berolahraga di rumah.” Selalu terlihat sehat d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =