Shisha: Rokok Gaya Banyak Rasa, yang Sama Bahayanya

posted on 12/01/2013

Pada tahun 2012 lalu, sempat beredar klaim kalau Shisha/Hookah adalah cara merokok yang lebih aman, tapi menurut Foxnews, Shisha tetap saja berbahaya bagi kesehatan – sama berbahayanya dengan Rokok.

Gaya hidup yang berkembang di Indonesia kini, memang sangat cepat dan pesan berubah-ubah mengikuti trend, mengikuti permintaan pasar. Ini dia nih yang kata banyak ahli, juga mendorong gaya hidup merokok Shisha yang katanya, lebih aman dari pada rokok biasa dan lebih diterima secara sosial. Kebanyakan orang yang merokok Shisha percaya bahwa menghisap Shisha jauh lebih aman ketimbang rokok biasa karena adanya filter dari pipa dan penggunaan air yang dapat menghilangkan racun.

Eits, jangan mudah percaya, Remaja Indonesia!

Coba kita kaji lebih dalam deh, asap dari tembakau di dalam Shisha yang walaupun datang dalam rasa apel, strawberry, madu, atau mint, tetap akan mempertahankan semua karsinogen dalam asap rokok dan menambahkan lebih banyak karbon monoksida dan ektrakarsinogen dari penggunaan bara api yang digunakan untuk menyimpan nikotin agar tetap mengalir.

Bahkan, volume asap yang dihisap pengguna Shisha lebih banyak 100 sampai 200 kali ketimbang bila menghisap sebatang rokok. 

Gaya sih gaya, tapi masa iya bikin kesehatan bahaya? Enak aja!
___

Ditulis Oleh: Ninies

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − six =