Teman Kamu Pengkhianat? Santai Aja!

posted on 13/01/2016

    Backstabbing
    Sumber
    “Penelitian menunjukkan bahwa menyimpan dendam berlebih dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh, yang bisa membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.”

Memiliki teman yang berkhianat pasti akan membuat kita menjadi sangat kecewa, sakit hati, kesal dan sedih tentunya. Psst, membicarakan keburukan kita kepada orang lain juga termasuk aksi berkhianat loh!
Tidak ingin hal tersebut terjadi pada kita kan? GueTau akan berbagi tips bagaimana cara menghadapi teman yang suka menusuk dari belakang.

Ajak Teman Kamu Bicara Baik-Baik

Ajak temanmu untuk bicara baik-baik dan katakan bahwa kamu mendapat rumor buruk yang bersumber dari dia. Bicaralah dengan tenang dan jangan terbawa emosi. Berkata jujur tentang apa yang kamu rasakan tentang perilaku mereka adalah satu poin plus buat kamu!

Sikapi Dengan Tenang

Kalau mendengar kabar negatif tentang kita yang bersumber dari teman kita sendiri, jangan langsung marah-marah. Tarik nafas dalam-dalam supaya kamu bisa berpikir lebih jernih. Marah-marah justru membuat masalah semakin rumit. Momentum ini bisa kamu jadikan untuk introspeksi juga kan?

Jangan Membalas Dendam

Jangan pernah berniat untuk membalas dendam. Mungkin kita pernah menyakiti dia secara tidak sengaja, kemudian dia membalasnya dengan perbuatan buruk. Kalau kamu tetap membalas dendam, kamu sama saja dengan si pengkhianat ini. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menyimpan dendam dapat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh yang bisa membuat kita lebih rentan terhadap penyakit. See? Dendam gak ada untungnya deh!

Memaafkan

Jika ia sudah minta maaf, maafkan perbuatannya. Namun jika kamu beranggapan bahwa tak ada yang lebih buruk dibandingkan pengkhianatan, pilihan ada di tanganmu. Keuntungan dari memaafkan sebuah pengkhianatan adalah membuat tekanan darah, denyut jantung dan kerja jantung kita menjadi lebih baik, sehingga jantung akan lebih sehat. Masalah selesai tanpa kekerasan dan kamu bisa kembali hidup tenang.

Sakitnya ditusuk dari belakang itu benar-benar nggak ada tandingannya, tapi bukan berarti kamu gak bisa menyelesaikannya dengan kepala dingin. Punya pengalaman seperti ini? bagi pengalaman kamu ke GueTau melalui info@guetau.com

Oleh Intan Putri

Referensi:
1. http://www.cleo.co.id/men-relationship/9-cara-mengatasi-teman-backstabber
2. http://www.wikihow.com/Deal-With-a-Backstabbing-Friend

related post

Kata Mereka: Dena Rachman Tentang Bullying di Dunia Maya

posted on 11/11/2016

“Mantan bintang cilik yang kini seorang perancang sepatu, Dena Rachman, sangat terbuka dan bangga dengan transformasinya menjadi seora

ASERTIF

posted on 16/10/2012

  Pernahkah kamu merasa tidak nyaman dengan perbuatan orang lain namun merasa tidak enak untuk memberitahunya tentang perasaanmu? Perna

One thought on “Teman Kamu Pengkhianat? Santai Aja!

  1. Sam says:

    Tenan po g

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 14 =