Siap-Siap Masuk Sekolah atau Kampus Baru? Ini Dia 8 Tips Penting!

posted on 09/07/2017

Siap dengan semangat baru!

Berada di sekolah atau kampus baru sering kali membuat kita merasa bingung dan tidak tahu harus melakukan apa-apa. Sebab, di samping lingkungan baru, kita juga masih belum mengenal satu sama lain.

Namun, cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah maupun kampus adalah hal penting dan sangat dibutuhkan oleh semua orang saat memasuki sekolah atau kampus baru. Jika siswa kurang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru maka akan sulit baginya untuk belajar efektif. Tidak hanya cepat beradaptasi, ada banyak hal yang juga harus diperhatikan lho!

Apa saja sih tipsnya? Ini dia 8 tips penting yang bisa kamu contek.

 

Pelajari Situasi

Sebelum masuk sekolah atau kampus baru, kenalilah lebih dekat lingkungan terlebih dahulu. Biasakan diri kamu untuk mengenal situasi baru serta beradaptasi di dalamnya.

 

Berpikir Positif

Hindarilah berpikiran negatif saat memasuki lingkungan sekolah maupun kampus baru. Jangan sesekali kamu berpikir kalau “Ah, nanti temannya gak asik” atau “pengajarnya galak deh kayaknya”. Gantilah kalimat tersebut dan mulailah berpikir positif karena hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk beradaptasi.

Jangan sesekali kamu berpikir kalau “Ah, nanti temannya gak asik” atau “pengajarnya galak deh kayaknya”.

Sesuaikan Keadaan Sekolah Atau Kampus

Siapkan informasi tentang sekolah ataupun kampus baru kamu dari jauh-jauh hari, mulai dari peraturannya hingga jadwal kelasmu. Tetapkan keteraturan kegiatan sekolah dengan yang biasa kamu lakukan di rumah, seperti menyesuaikan jadwal bangun dengan jadwal masuk sekolah atau kuliah.

 

Taati Aturan

Perlu kamu ingat bahwa setiap tempat pendidikan pasti memiliki peraturan sendiri. Untuk itulah, saat kamu memasuki sekolah atau kampus baru sebaiknya kamu tahu apa saja peraturan yang mereka terapkan. Mengikuti serta mematuhi peraturan yang berlaku tentunya akan membuat kamu nyaman berada di dalamnya.

 

Mengikuti MOS atau Ospek

Banyak yang menganggap kalau kegiatan MOS atau ospek tidaklah penting dan membosankan, padahal hal ini tidak benar. Mengikuti kegiatan masa orientasi bagi murid ini sangat penting karena bisa dimanfaatkan untuk mengenal lingkungan baru. Kegiatan tersebut biasanya diisi dengan perkenalan elemen lingkungan, peraturan yang diterapkan, kegiatan-kegiatan yang ada. Selain itu, mengikuti MOS atau ospek juga bisa membantu kamu untuk mengenal teman baru.

 

Kenali dan Hormati Pengajar

Kenali dan hormati semua pengajar yang ada. Guru atau dosen adalah orang tua saat kamu mengemban pendidikan. Pada dasarnya, setiap orang senang diperlakukan dengan baik dan dihargai. Sebagai siswa, biasakanlah diri kamu untuk berbicara dengan sopan serta bersikap santun terhadap guru maupun dosen.

 

Hargai Sesama

Mulailah percakapan sederhana yang ringan dengan teman baru untuk mencairkan suasana. Hindarilah memaksakan pembicaraan atau pendapat kepada teman baru. Semakin kamu bisa menghargai teman baru maka semakin cepat keakraban terjalin.

 

Be yourself!

Berusahalah ramah terhadap teman-teman baru yang kamu kenal, tapi yang terpenting adalah tetap menjadi diri sendiri. Jangan pernah melakukan sesuatu yang tidak mencerminkan siapa diri  kamu sebenarnya. Hal-hal yang dilakukan tidak sesuai dengan kepribadianmu akan membuat kamu tidak nyaman. Be yourself!

Oleh Dewi Maharani

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + fourteen =