Manusia dan Ragam Kebutuhannya

posted on 11/01/2013

Setiap manusia memiliki tingkatan kebutuhan yang beragam – tergantung situasi dan kondisinya -. Dalam kondisi normal, kebutuhan akan gengsi atau kebutuhan lain dibawahnya mendominasi manusia.

Dalam lingkungan sosial, manusia hidup dengan berbagai karakter; ada yang penuh obsesi, ada yang selalu ingin dilindungi, dan ada juga yang santai-santai aja dalam menghadapi hal gawat sekalipun. Ada manusia yang aktif menyalurkan hobi, ada pula yang gelisah karena tidak dapat mengembangkan diri secara maksimal.

Variasi karakter manusia seperti di atas mencerminkan variasi kebutuhan yang mendominasi seseorang. Hal ini, erat sekali dengan yang namanya Teori Hierarki Kebutuhan Maslow. 

Secara garis besar,  teori dari tokoh psikologi humanistik ini menggambarkan lima tingkat (hierarki) kebutuhan, dari yang terendah hingga tertinggi, yaitu:

1.    Kebutuhan Fisiologis
Kebutuhan ini meliputi makanan, air, oksigen, suhu tubuh teratur, dan sebagainya. Kebutuhan ini paling kuat di antara kebutuhan lainnya, karena menyangkut dengan keberlangsungan hidup. Inilah satu-satunya kebutuhan yang dapat dipuaskan sedemikian rupa, sehingga seseorang dapat sangat puas, meski kebutuhan ini muncul berulang-ulang.

Mereka yang kelaparan, sangat sedikit peluangnya mendapatkan makanan akan didominasi kebutuhan ini saja dan tidak sempat memikirkan kebutuhan lainnya. Pada orang berkecukupan, yang mereka pikirkan bukan sekadar adanya makan, melainkan soal selera. Bila yang kesulitan mendapatkan makanan bertanya, “Hari ini bisa makan atau tidak”, yang berkecukupan, “Mau makan apa sekarang?”

2.    Kebutuhan Rasa Aman
Kebutuhan ini meliputi keamanan fisik, stabilitas, ketergantungan, perlindungan, bebas dari ancaman (sakit, ketakutan, kecemasan, bahaya, dan keadaan chaos). Selain itu juga kebutuhan akan hukum, keteraturan, dan struktur. Berbeda dengan kebutuhan fisiologis, kebutuhan ini tidak dapat terlalu dipuaskan –> tidak ada orang yang dapat merasa sangat aman.

3.    Kebutuhan Akan Cinta dan Rasa Memiliki
Kebutuhan ini meliputi kebutuhan persahabatan, pacar, pasangan, dan lain sebagainya. Termasuk di dalamnya adalah kebutuhan akan aspek-aspek seksual dan kontak manusiawi sebagai wujud kebutuhan untuk saling memberi dan menerima cinta.

4.    Kebutuhan Akan Penghargaan
Kebutuhan ini meliputi kebutuhan akan penghargaan terhadap diri, keyakinan, kompetensi, dan pengetahuan bahwa orang lain mendukung dengan penghargaan yang tinggi. Menurut Maslow, kebutuhan akan penghargaan ini terdiri dari dua tingkatan: reputasi dan harga diri (self-esteem).

5. Kebutuhan Aktualisasi Diri
Kebutuhan ini mencakup pemenuhan diri (self-fulfillment), tersalurkannya seluruh potensi, dan kebutuhan untuk menjadi kreatif. Mereka yang telah mencapai level aktualisasi diri menjadi lebih manusiawi, lebih asli dalam mengekspresikan diri, tidak terpengaruh oleh budaya atau pengaruh-pengaruh lainnya.

___

Ditulis oleh: Ninies

Sumber: reliancerisk.com.au

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =