Kiat Jitu Memulai Berteman di Dunia Nyata

posted on 23/02/2014

persahabatan(2)_5

ber.te.man

(1) berkawan; bersahabat; (2) tidak seorang diri; ada temannya; (3) beriring ; berbagi kesukaran


(Sumber:
www.deskripsi.com)

 

Hi Sahabat GueTau!

Matt Ramos seorang mahasiswa yang ingin membuat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik, menganggap kata ‘Hi’ adalah kata ajaib untuk memulai pertemanan. Bagaimana menurut sahabat GueTau?

Berteman menjadikan diri kita tidak seorang diri menghadapi apapun. Ya, termasuk ketika kita sedang menghadapi kesulitan. Kita bisa berbagi cerita kepada teman untuk mengurangi beban yang ada. Filsuf kuno dan ilmuwan setuju bahwa ikatan sosial yang kuat adalah KUNCI menuju kebahagiaan.

Kali ini GueTau akan membagikan tips berteman di ‘dunia nyata’. Perkembangan teknologi dan informasi, seperti kehadiran situs jejaring sosial, jangan sampai membuat Sahabat GueTau begitu tergantung dan melupakan jika hanya di dunia nyata lah sesungguhnya pertemanan itu baru dimulai. Tanpa ragu, mari mulailah dengan:

 

persahabatan(2)_11.     Sapaan

Catat Sahabat GueTau! Pengalaman Matt Ramos mengatakan kata ‘Hi’ untuk memulai pertemanan tanpa peduli apapun hasilnya. Berbagai kemungkinan bisa terjadi. Bisa saja Sahabat GueTau akan mendapati sapaan yang diberikan tidak ditanggapi sama sekali. Kita tak perlu berkecil hati. Sebab kita telah berani memulai.

 

 

persahabatan(2)_32.     Tersenyum

Berikan senyuman tulusmu. Tidak mungkin kita menyapa tanpa sebuah senyuman. Senyum adalah simbol perhatian pertama saat memulai pertemanan. Dale Breckenridge Carnegie, seorang penulis, pendiri Dale Carnegie Training dan sekaligus motivator terkenal dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa senyuman dapat mempengaruhi orang-orang ke arah yang lebih baik. Dengan senyum, sesuatu yang sulit akan terasa lebih ringan. Dilihat dari kacamata psikologi, senyum juga memiliki dampak positif bagi para pelakunya. Dengan senyum, Sahabat GueTau dapat meningkatkan hubungan baik dengan orang lain pula.

 

 

persahabatan(2)_23.     Perkenalkan Diri!

Ketika bertemu dengan teman baru, Sahabat GueTau bisa mengawali dengan berbasa-basi, namun tidak berlebihan. Komentarilah seputar kejadian di sekitar Sahabat GueTau, seperti misalkan sewaktu di kereta atau bus, untuk menjadi awal percakapan. Jangan memulai dengan menyodorkan tangan dan langsung menyebut nama Sahabat GueTau. Perkenalkan diri Sahabat GueTau menjelang akhir percakapan dengan sederhana seperti mengatakan “Oh, ngomong-ngomong, nama saya…” Jika Sahabat GueTau memperkenalkan diri, orang lain biasanya akan melakukan hal yang sama.

 

 

persahabatan(2)_44.     Saling Berbagi Cerita

Bicaralah tentang pendapat dan ide-ide menarik yang ada di kepala Sahabat GueTau. Kemudian tanggapi juga apa yang teman baru sampaikan sebagai cara terbaik untuk menjaga seseorang tertarik dalam percakapan sembari menunjukkan minat mereka. Semua orang suka berbicara tentang diri mereka sendiri. Kalau Sahabat GueTau tidak mengerti topik yang sedang dibahas, Sahabat GueTau bisa mengajukan pertanyaan sebagai upaya memahami teman baru. Dengan cara ini, Sahabat GueTau telah memperlakukan orang lain untuk tidak merasa canggung dan menjadi nyaman. Ini merupakan cara terbaik untuk memulai persahabatan baru.

 

Ambil kesempatan hari ini dan berbicara dengan seseorang yang baru ditemui. Bila Sahabat GueTau ramah kepada seseorang, mereka akan kembali ramah dan menyebarkan virus persahabatan. Dan mulailah pertemanan baru di dunia nyata. Sekian artikel GueTau kali ini, semoga bermanfaat ya. Jika ada saran atau kritik silahkan kirim email ke info@guetau.com.

 

 Ditulis oleh Liona Aprisof

 

Referensi :

http://tinybuddha.com/blog/11-ways-to-turn-strangers-into-friends/

 

 

related post

Persahabatan Yang Mendamaikan

posted on 31/07/2014

Punya banyak sahabat adalah suatu hal yang sangat mengesankan. Hidup akan terasa menyenangkan apabila dijalani bersama teman. Semakin banyak

4 Mitos dan Fakta tentang Persahabatan

posted on 23/02/2014

“Sahabat bukanlah mereka yang menghampirimu bila diperlukan, tetapi mereka yang bertahan ketika seluruh dunia menjauh.”   Sahabat GueTa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − eleven =