5 Cara Meningkatkan Harga Diri

posted on 11/09/2013

Sahabat GueTau, di artikel sebelumnya, kita sudah bahas bahwa harga diri pada dasarnya berawal dari kita sendiri. Kita tak bisa meminta orang lain untuk menaikkannya bagi kita. Seberapa pun banyaknya pujian yang diberikan oleh orang lain untukmu, harga dirimu akan tetap. Bahkan, mungkin bisa saja malah kamu semakin terbebani dengan pujian ini atau malah semakin haus akan penghargaan dan pengakuan orang lain kepadamu. Meningkatkan harga diri perlu dimulai dari diri sendiri lebih dulu. Jika ini sudah kita lakukan, maka  orang lain akan menghargai kita meskipun prosesnya mungkin tidak dalam sekejap mata.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan oleh Sahabat GueTau untuk meningkatkan harga dirimu :

1. Renungkan dan temukan sesuatu yang menurut kamu berharga dari dalam dirimu. Apapun yang bisa saja kelebihanmu, kemampuanmu, pengetahuanmu, sifatmu, keyakinanmu, gelarmu, dan lain-lain.

Ini semua merupakan cara untuk merasa positif. Untuk bisa menemukan ini memang harus sering-sering melakukan dialog dengan diri sendiri dan juga cepat menyadari munculnya pikiran-pikiran negatif yang bisa menimbulkan perasaan negatif.

2. Lakukan sesuatu yang menurutmu bernilai atau berharga untuk dirimu, entah itu untuk hari ini atau hari esok

Semakin banyak tindakan positif yang dilakukan, semakin besar pula perasaan positif yang muncul. Semakin besar perasaan positifmu, semakin banyak pula tindakan positif yang akan kamu lakukan. Jadi ada semacam timbal-balik antara perasaan dan tindakanmu.

3. Latihan untuk berwawasan luas, berjiwa besar serta memiliki pertimbangan yang lebih bijak.

Berpikir lebih jauh akan kondisi orang lain, membuat kita akan lebih bisa merasakan empati terhadap mereka

4. Proaktif dalam menghadapi masalah

Biasanya kita lebih sering saling menyalahkan orang lain saat ada masalah,  tapi tidak ada keputusan yang menyelesaikan persoalan, entah dengan kesepakatan, perjanjian atau kesepahaman. Kebiasaan ini kurang mendukung usaha kita untuk menciptakan perasaan positif.

5. Jauhi hal-hal yang berpotensi menegatifkan perasaan  dan pikiran

Ingatlah bahwa kebahagiaan dan kedamaian pribadimu jauh lebih penting daripada apapun atau siapapun juga di dunia ini. Lakukan apa yang kamu suka, tapi pikirkan apa konsekuensinya ke dirimu atau orang lain. Rasakan efek positifnya dan jauhi hal yang bisa menyebabkan negatif untukmu

 

Jadi, Sahabat GueTau, mari kita terapkan yuk hal-hal ini dalam keseharian kita juga agar kita memiliki harga diri yang lebih positif, berperilaku positif dan tentunya jadi memiliki hidup yang lebih positif!

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 1 =