Waspada: Efek Laten Kosmetik Berbahaya!

posted on 31/10/2013

Sahabat Guetau, silahkan tunjuk tangan jika kamu adalah penggemar Girl band atau Boy band Korea!? Wah ternyata banyak ya, hihi. Kira- kira apa sih alasan kamu menyukai budaya Korea ini? Karena mereka cantik atau ganteng ya? Nah standar kecantikan atau ketampanan yang berlaku di masyarakat kita biasanya adalah putih, hidung mancung, pokoknya Korea banget deh. Berobsesi untuk tampil layaknya bintang K-Pop sah  saja, tapi berhati- hatilah memilih kosmetik yang beredar di pasaran karena banyak kosmetik palsu dengan janji memutihkan dalam waktu singkat. Kosmetik yang beredar mengandung merkuri yang dapat meyebabkan gangguan kesehatan yaitu kulit yang rusak dan meradang hingga efek laten kanker kulit. Yuk kita kenali kosmetik pemutih wajah yang mengandung bahan berbahaya:

1.   Tak ada izin BPOM atau Instansi Kesehatan
krem pemutih ilegal pasti tidak masuk dalam daftar BPOM Indonesia. Hati-hati bila ada krem yang mencantumkan nomor registrasi atau apa pun, teliti kebenarannya di website resmi BPOM (http://www.pom.go.id/new/).

 

Maria-Kulit_2

2.    Warna krem mengkilap
Warna dalam krem abal-abal biasanya dimasukkan dalam wadah dengan warna yang menyolok. Warna krem yang mencolok menandakan krem mengandung pewarna yang berbahaya.

 

 

3.    Tidak tercampur rata serta lengket

Krem pemutih abal-abal biasanya lengket karena digabung dengan bedak dan terasa kasar ketika digunakan. Krem pemutih berbahaya biasanya tidak menyatu dengan sempurna, ada bagian yang padat dan ada bagian yang berminyak.

4.    Bau menyengat

Coba cium krem pemutih kamu, jika berbau logam sebaiknya dibuang saja. Produsen kosmetik palsu biasanya menyamarkan bau tersebut dengan menambahkan minyak wangi beraroma tajam.

5.    Terasa panas dan pedih ketika dipakai

Pemakaian kosmetik biasanya menyebabkan reaksi sesudah digunakan. Pada kosmetik yang mangandung bahan berbahaya reaksi ini berupa kulit terasa panas dan pedih, memerah dan gatal.

Maria-Kulit_4

6.     Kulit memerah saat terpapar sinar matahari
Kandungan berbahya dalam kosmetik ilegal menyebabkan radang kulit hingga merusak jaringan kulit. Kulit yang sehat tidak tidak akan memerah walaupun kamu berada dibawah sinar matahari yang terik.

 

 

7.   Hasil yang cepat 
Hasil dapat terlihat dalam hitungan hari atau minggu adalah dampak berbahaya dari zat aktif merkuri atau hidrokuinon. Pada awalnya terlihat bagus tapi dalam penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit dan masalah kesehatan lainnya.

Maria-Kulit_5

8.   Kulit putih pucat serta tidak alami
Krem pemutih yang aman dapat memberikan hasil putih cerah seputih kulit normal kamu yang tidak terpapar sinar matahari. Berbeda dengan krem pemutih berbahaya yang membuat kulit kamu tampak pucat dan tidak alami.

 

 

 

9.   Ketergantungan

Bila penggunaan krem pemutih dihentikan, warna  kulit kembali menggelap sehingga untuk mempertahankan warna kulit  kamu menjadi ketergantungan untuk terus memakai krem pemutih tersebut.

 

Maria-Kulit_6

Nah Sahabat Guetau jangan sembarangan memilih krem pemutih ya, untuk menghindari pembelian produk palsu cek kembali kosmetik kamu dan bandingkan dengan 9 poin di atas. Ketika membeli kosmetik cek kembali nomor registrasi BPOM yang tertera di kotak kemasan dan tanggal kadaluarsanya ya. Jangan sampai niat hati ingin tampil cantik tapi kulit malah jadi rusak. Cantik itu tidak hanya dari luar kok tapi dari dalam juga. coba deh belajar dari Farah Quinn, meskipun doi public figure terkenal tapi doi tidak pernah berusaha mengubah warna kulitnya karena doi merasa bangga dengan warna kulitnya yang coklat.

“Kulit tanned (cokelat) itu banyak kelebihannya. Di antaranya, kalau pakai baju-baju berwarna, warnanya itu lebih keluar dan terlihat lebih sehat,” ujar Farah Quinn.

So, buat kamu yang berkulit coklat jangan pernah merasa tidak cantik ya karena cantik yang sesungguhnya berasal dari kebaikan hati bukan keelokkan wajah. Sekian tips yang GueTau berikan jika ada kritik atau saran silahkan kirim ke info@guetau.com

Ditulis oleh Maria Yuno

 

Referensi:

1. http://tipsdancaracantik.blogspot.com/2013/06/cara-mengetahui-kosmetik-pemutih-wajah.html

 

 

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =