Mewarnai Rambut Ketiak untuk Kesetaraan

posted on 12/10/2016

    “Tren ini juga ramai diperbincangkan oleh sebagian pencinta mode.”

Sahabat GueTau, sudah mengetahui sebuah tren yang unik bernama ‘Dyeing Your Armpit?’ Tren yang berasal dari negara Amerika Serikat ini sedang menjadi satu gaya hidup yang marak diperbincangkan.

Dyeing Your Armpit ini menjadi salah satu kampanye yang diusung oleh kaum perempuan dengan cara berlomba-lomba memanjangkan bulu ketiak mereka, kemudian mewarnai bulu ketiak mereka dengan warna yang terang dan mencolok. Kemudian, mereka memposting hasil pewarnaan rambut ketiak mereka ke media sosial.

Ternyata, aksi tersebut memiliki tujuan untuk menuntut adanya persamaan hak antara laki-laki dan perempuan dalam segala hal.
Lalu, apa hubungannya ketiak dan kesetaraan?

Ketiak menjadi salah satu bagian tubuh yang sering diperhatikan oleh perempuan. Perempuan kadang memutuskan untuk mencabut atau mencukur bulu ketiak mereka, agar terlihat lebih rapi. Kebanyakan perempuan memiliki rasa malu yang tinggi ketika mereka tidak mencukur bulu ketiak mereka. Tapi hal ini juga berbeda dengan keadaan yang terjadi pada laki-laki. Banyak laki-laki yang merasa lebih percaya diri untuk memanjangan bulu ketiak mereka.

Orang-orang kebanyakan tidak peduli dengan keadaan laki-laki yang memperlihatkan bulu ketiaknya, justru ketika laki-laki mencukur bulu ketiaknya tekadang menjadi suatu pertanyaan besar. Berbeda dengan perempuan, memanjangkan bulu ketiak masih dianggap sebagai sesuatu yang tidak normal. Hal inilah yang menjadi sorotan pada kampanye “Dyeing Your Armpit”.

Aksi dari kampanye ‘Dyeing Your Armpit’ ini diikuti oleh artis-artis luar negeri lho, seperti Miley Cyrus, Kelly Ousbourne, Madonna, dan Katy Perry yang tampil percaya diri dengan mengunggah foto mereka di akun instagram mereka.

Tren ini juga ramai diperbincangkan oleh sebagian pencinta mode. Kampanye ini lantas menjadi viralr ketika perempuan-perempuan sudah mulai sadar bahwa ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan memang benar adanya.

Kampanye Dyeing Your Armpit menjadi salah satu bukti bahwa perempuan memiliki harapan agar tidak lagi dinilai dari hal-hal yang berkenaan dengan fisik saja, apalagi hal sepele seperti bulu ketiak. Kenapa? Karena tumbuhnya bulu ketiak pada perempuan ini adalah suatu bentuk kewajaran layaknya manusia biasa.

Dyeing Your Armpit ini juga menjadi suatu usaha yang dilakukan agar orang-orang mulai terbiasa melihat perempuan memanjangkan bulu ketiak mereka sama dengan laki-laki yang terbiasa menumbuhkan bulu ketiak mereka. Tidak sampai di situ, publik diharapkan tidak menetapkan standar cantik dan sukses untuk perempuan dengan bentuk tubuh atau tampilan tertentu saja.

Unik dan kreatif sekali ya kampanye Dyeing Your Armpit ini? Utarakan opinimu di Instagram dan Twitter GueTau (@guetaucom) tau Facebook Page GueTau.

Oleh Heisa Khairunisa

Referensi:
1. http://www.nytimes.com/2015/07/16/fashion/women-who-dye-their-armpit-hair.html?_r=0

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =