Memang Salah Kalau Perempuan Mandiri? 4 Perempuan Ini Bisa Menginspirasi Sahabat GueTau!

posted on 09/04/2017

    “Jadi perempuan mandiri bukan sesuatu yang salah”

Beberapa waktu lalu, beredar luas sebuah kutipan yang diunggah oleh akun twitter bernama @jogjastudent. Isinya membahas mengenai perempuan mandiri yang membuat laki-laki malas mendatangi. Menurut akun tersebut, laki-laki akan merasa tak berguna jika seorang perempuan yang disayanginya bisa melakukan semua hal sendiri. Konon, hal ini disebabkan oleh sifat laki-laki yang kuat dan mengayomi.

Perasaan ketika membacanya adalah ‘kenapa sih hal ini bisa ada di pikiran anak muda?’

Memangnya kenapa kalau seorang perempuan mandiri? Bukankah ini saatnya perempuan bisa menunjukkan kepiawaiannya melalui apa yang disukai? Banyak perempuan ikut memperjuangkan hak pendidikan, hak kesehatan, menjadi pebisnis, bahkan jadi menteri dan presiden.

Agar Sahabat GueTau tidak patah semangat, berikut empat perempuan mandiri yang bisa menjadi inspirasi.

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia

Sumber: qerja.com

Sahabat GueTau pasti sering melihat beliau di layar TV. Sebagai seorang perempuan, Sri Mulyani memiliki kapabilitas yang luar biasa di bidang perekonomian. Sebelum kembali menjabat sebagai menteri keuangan, beliau menjabat sebagai orang nomor 2 di Bank Dunia. Beliau sering memperjuangkan hak perempuan untuk mendapatkan gaji dan kesempatan yang setara dengan laki-laki.

Susi Pudjiastuti, Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia

Sumber: tempo.co

Latar belakang bisnis perikanan dan transportasi membuatnya dipilik Presiden Joko Widodo untuk menjadi menteri kelautan dan perikanan. Dengan gaya kepemimpinya yang eksentrik dan kebijakannya yang berani, beliau berhasil mematahkan stigma perempuan yang harus selalu lembut dan feminin. Karena kinerjanya, Ibu Susi, panggilan akrabnya, pernah dianugerahkan Leaders for a Living of Planet Awards pada 2016.

Dian Sastrowardoyo

Sumber: kapanlagi.com

Aktris cantik dan pintar ini sudah pasti akrab di layar kaca Sahabat GueTau. Karirnya yang cemerlang di dunia hiburan tidak membuatnya lupa akan pendidikan. Setelah studi S1-nya, Dian berhasil melanjutkan pendidikannya ke magister ekonomi Universitas Indonesia. Kini, selain menjadi ibu, Dian juga membangun bisnis di berbagai bidang, salah satunya kuliner.

Agnes Monica

Sumber: suaramerdeka.com

Usaha untuk mencapai ambisinya menjadi inspirasi banyak orang. Agnes Monica yang memulai karir sejak dini adalah salah satu selebritas yang bisa mempertahankan posisinya di dunia hiburan. Agnes kerap menginspirasi dengan mengajak anak muda agar bermimpi setinggi-tingginya dan berusaha keras untuk mewujudkannya.

Menjadi perempuan bukan hambatan untuk maju, jadi jangan menyerah untuk mewujudkan impianmu ya! Siapa tokoh inspirasi perempuan favorit Sahabat GueTau?

Oleh GueTau 

 

 

 

related post

Negara-negara dengan Kesetaraan Gender Terbaik

posted on 16/05/2015

Dengan keseimbangan dan kesetaraan gender di berbagai bidang kehidupan, maka akan tercipta keserasian dan harmoni kehidupan yang lebih baik.

Berjuang untuk Kesetaraan dan Keadilan Gender

posted on 19/04/2014

Sebuah lagu yang masih populer sampai detik ini ciptaan almarhum Ismail Marzuki. Syairnya berbunyi “diciptakan alam pria dan wanita/dua ma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =