Kanker Payudara, Seperti Apakah?

posted on 04/11/2014

Kanker payudara

Sahabat GueTau perlu tahu bahwa ternyata 18,2% dari semua kanker yang menjangkiti manusia adalah kanker payudara. Namun jangan salah, kanker payudara juga menyerang laki-laki, lho!

Masih ingat ketika Angelina Jolie membuat heboh seluruh dunia karena operasi payudaranya? Atau penyanyi jazz Indonesia, Andien, juga sempat dihebohkan karena ternyata pernah memiliki masalah dengan payudaranya? Sebenarnya ada apa dengan payudara mereka?

Kanker payudara adalah sel kanker yang tumbuh dari dan menyerang organ payudara. Secara umum, kanker payudara dibagi menjadi 2, yakni kanker primer dan kanker sekunder (metastatic breast cancer). Kanker payudara primer adalah kanker yang hanya menyerang payudara, sedangkan yang kedua merupakan kanker payudara yang juga menyerang sistem lain dalam tubuh, seperti tulang, limfa, dan hati.

http://cms.polimoli.com/images/1536/2014 2

Sahabat GueTau perlu tahu bahwa ternyata 18,2% dari semua kanker adalah kanker payudara. Namun jangan salah, kanker payudara juga menyerang laki-laki, lho! Fakta mengejutkan lainnya juga dilihat dari sisi penderitanya, yang ternyata rasio terbesar penderita kanker payudara berasal dari negara-negara maju. Pasti Sahabat GueTau penasaran, apa yang menyebabkan sel kanker di payudara tumbuh dengan ganasnya.

Banyak sekali yang sudah disinyalir sebagai penyebab dari kanker payudara. Sahabat GueTau pasti sudah hafal bahwa gaya hidup menjadi faktor utama dari terjadinya kasus berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara. Aktivitas dari gaya hidup modern seperti konsumsi rokok, konsumsi alkohol berlebihan, pola dan jenis makan, obesitas, bekerja hingga larut, dan implan payudara adalah beberapa dari penyebab utama kanker payudara yang bersifat gaya hidup.

Penyebab kanker payudara tidak hanya berhenti sampai gaya hidup, ternyata paparan radiasi dari sinar X dan CT Scan juga meningkatkan potensi pertumbuhan sel kanker. Selain itu, penyakit kanker payudara berpotensi tumbuh kembali pada penderita pasca masa penyembuhan.

Berbagai macam gejala kanker payudara, secara umum, akan terlihat di sekitar payudara hingga ketiak. Gejala tersebut dapat berupa perubahan tekstur kulit, ukuran pori, benjolan tidak wajar, memar di sekitar payudara, perubahan ukuran pada salah satu sisi payudara, dan adanya air susu yang keluar pada perempuan tidak menyusui. Namun, gejala fisik harus ditindaklanjuti oleh dokter untuk memastikan apakah gejala yang kamu rasakan betul kanker payudara atau bukan.

Semakin dini kamu mengetahui gejala kanker payudara, semakin tinggi angka harapan sembuh untuk kamu. Berdasarkan data dari www.cancer.org, angka harapan kesembuhan penderita kanker payudara stadium 0-I adalah 100%, pada stadium II 93%, stadium III 72%,, terus menurun hingga stadium akhir yang hanya 22%.

Gaya hidup yang tidak terkontrol diperkirakansebagai penyebab utama dari kanker payudara.Hal paling baik adalah membatasi dan mengukur asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Ada baiknya mulai sekarang Sahabat GueTau mulai mengurangi alkohol dan rokok, mengatur pola diet sehat, juga aktif bergerak dan berolahraga. Dengan menjalani pola hidup sehat, Sahabat GueTau juga akan mengurangi risiko terserang penyakit jantung dan diabetes, lho!

Bagi ibu menyusui, kegiatan menyususi ternyata tidak hanya sekadar memberi gizi utama pada bayi, tetapi juga memberikan perlindungan ekstra pada dirinya dari kanker payudara. Dengan menyusui, hormon prolactin yang menurunkan kadar estrogen akan diproduksi oleh tubuh. Wah, fakta yang menarik ya! Tambah lagi satu alasan untuk memberikan ASI eksklusif, nih.

Semua orang wajib memberikan perhatian pada tubuhnya sendiri, karena berbagai jenis penyakit menunggu untuk menyerang jika kita tidak mendengar alarm dari tubuh. Kenali gejalanya dan jangan takut untuk mendapatkan saran medis dari dokter agar penyakit yang terdeteksi dapat ditangani sedari dini. Jika ada salah satu dari Sahabat GueTau yang memiliki pengalaman kanker payudara, silakan bercerita ke redaksi GueTau lewat info@guetau.com!

 

Ditulis oleh Justian Edwin Darmawan

 

Referensi:

  1. Canceraustralia.gov.au
  2. Medicalnewstoday.com
  3. Nationalbreastcancer.org
  4. Mayoclinic.org
  5. Everydayhealth.com

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *