Hebat! Dua Perempuan Pertama dari Indonesia Ini Berhasil Mendaki Puncak Denali, Alaska

posted on 25/09/2017

Bisa Jadi Inspirasi Nih!

Sumber: mediaindonesia.com

Hebat! Dua mahasiswi Universitas Parahyangan (Unpar), Mathilda Dwi Lestar (23) dan Fransiska Dimitri Inkiriwang (23) berhasil mendaki puncak Gunung Denali di Alaska, Amerika Utara pada Sabtu (1/7/2017) pukul 19.40 waktu setempat.

Pencapaian tersebut tentu saja menjadikan mereka sebagai dua perempuan pertama asal Indonesia yang berhasil mencapai puncak Gunung Denali.

Kabar tersebut didapatkan melalui siaran pers tim The Women of Indonesia’s Seven Summits Expedition Mahitala-Unpar (WISSEMU). Siaran pers WISSEMU mengungkapkan tim berhasil mengibarkan bendera Merah Putih serta menyembunyikan alat musik asli Tanah Air, angklung di Puncak Denali.

Tim memulai pendakian dari High Camp dengan ketinggian 5.242 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada 1 Juli 2017 pukul 10.00 waktu setempat. Tercatat, perjalanan yang ditempuh oleh tim adalah 7 jam 40 menit.

Untuk mencapai puncak Gunung Denali memang tidaklah mudah. Diperlukan perjalanan kurang lebih 13 hari terhitung sejak tanggal 19 Juni 2017. Mereka memulai perjalanan dari Denali Basecamp (2.194 mdpl), lalu melanjutkan perjalanan  ke Camp 1 (2.377 mdpl). Sebelum berhasil mencapai puncak (5.242 mdpl), tim menghabiskan sekitar 8 hari di Camp 2 (3.413 mdpl) dan Camp 3 (4.328 mdpl).

Di setiap camp yang dilalui, tim melakukan load-carry guna meringankan beban yang dibawa serta mempercepat pergerakan. Tidak hanya itu, hal tersebut juga dilakukan sebagai proses aklimatisasi untuk beradaptasi dengan semakin tipisnya lapisan udara di setiap camp yang berhasil dicapai.

Musim pendakian Puncak Denali juga terbilang cukup sulit bagi para pendaki sebab kondisi cuaca dari awal musim yang dihantam oleh badai dan hujan salju. Bahkan saat melakukan pendakian, tim beberapa kali terkena whiteout (kondisi cuaca hujan salju yang mengaburkan jarak pandang).

Suksesnya kedua Kartini tersebut mendaki Puncak Gunung Denali ini menandakan keberhasilan Tim WISSEMU  dalam mencapai puncak keenam dari tujuh gunung dalam daftar Seven Summits.

Gunung Denali (The Great One) ini memiliki ketinggian 6.190 mdpl. Nama The Great One sendiri berasal dari suku Koyukon Athabascan (penghuni asli).

Oleh Dewi Maharani

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − eight =