Belajar Dari Pengalaman Kanker Andien Aisyah

posted on 12/02/2017

 

Belajar Dari Pengalaman Kanker Andien Aisyah

 

Tanggal 4 Febrari lalu, kita bersama-sama memperingati hari kanker sedunia. Sahabat GueTau tentunya sangan familiar dengan penyakit ganas yang seringkali membahayakan nyawa penderitanya. Penyakit kanker memang disorot sebagai penyakit yang berbahaya dan sudah banyak berbagai kegiatan untuk memberikan kesadaran pada masyarakat agar dapat mencegah dan mengatasi kanker.

Kanker cukup banyak diderita dan juga dinobatkan sebagai salah satu penyakit paling berbahaya yang menyebabkan kematian. Oleh karena itu, kanker menjadi perhatian publik di berbagai belahan dunia.

Salah satu musisi asal Indonesia yang pernah menderita kanker dan berhasil melawannya adalah Andien Aisyah. Andien sempat mengidap kanker payudara, namun sekarang telah pulih. Yuk, kita belajar mengubah hidup menjadi lebih sehat dari Andien!

Cerita permulaan terdiagnosa kanker

Awalnya, Andien menemukan benjolan di payudara kirinya ketika dia masih di bangku SMA. Ia merasa cukup bingung mengapa bisa terkena kanker payudara. Di keluraganya sendiri tidak ada sejarah pengidap kanker. Akhirnya setelah memeriksakan diri, dokter mendiagnosa penyebab Andien terkena kanker adalah karena ia terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan juga tidak menjaga keseimbangan nutrisi.

Awal mula Andien mulai curiga tentang benjolan di payudaranya adalah ketika ia sedang terkena penyakit usus buntu. Ketika ia sedang dirawat di rumah sakit karena mengalami sakit usus buntu, ia kemudian memberanikan diri untuk berbicara pada dokternya bahwa ada benjolan di payudaranya. Akhirnya setelah diperiksa, ternyata Andien didiagnosa terkena tumor.

Ketika dokter menyarankan agar tumor tersebut segera diangkat melalui operasi, Andien sendiri merasa tidak takut sama sekali. Meskipun ia tidak merasa khawatir namun Andien menjelaskan bahwa kedua orangtua-nya sangat khawatir. Akhirnya pada 2002 Andien melakukan operasi pengangkatan kanker di sebuah rumah sakit di kawasan Jakarta Pusat.

Operasi tersebut juga berbarengan dengan operasi usus buntu yang mengawali kisah Andien mengetahui diagnosa tumor payudaranya. Kedua operasi tersebut berhasil dan Andien pun pulih dari kanker.

Baca juga Cerita Andi Cintana Tentang Kanker Ovarium

Perubahan Drastis di Hidup Andien

Meskipun akhirnya Andien terbebas dari kanker payudara, ia tidak serta merta melakukan pola hidup yang sembarangan lagi. Andien mulai menjauhi pola makan dan hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi alcohol, dan juga makanan berlemak tinggi. Ia mulai melakukan pola hidup sehat, mulai dari berolahraga hingga mengatur asupan makanan.

Andien banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung antioksidan tinggi ketimbang memakan junkfood lagi. Selain itu, Andien juga mulai giat berolahraga karena ia tidak mau lagi terkena penyakit ganas seperti sebelumnya. Selain masalah kesehatan, sebagai penyanyi dan juga figur publik dengan aktifitas yang seabrek, Andien membutuhkan stamina dan kesehatan yang prima.

Berbagai jenis olahraga pun ditekuninya, seperti muaythai, pilates, gym, hingga yoga.

Andien sudah mulai berolahraga sejak 8 tahun terakhir. Berbagai jenis olahraga pun ditekuninya, seperti muaythai, pilates, gym, hingga yoga. Karena sudah terbiasa olahraga dan hidup sehat, Andien sering merasa badannya justru terasa tidak enak ketika ia tidak berolahraga. Andien pun memiliki jadwal untuk berolahraga minimal selama tiga kali dalam seminggu. Andien pun merasakan banyak manfaat dari melakukan pola hidup sehat tersebut, ia merasa bahwa tubuhnya jadi lebih sehat dan berstamina tinggi.

Selain itu, Andien juga jadi giat melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar hidup sehat dan terbebas dari kanker. Andien pernah menjadi duta untuk mensosialisasikan bahaya kanker payudara kepada masyarakat. Andien berpesan bahwa sangatlah lebih baik untuk mencegah daripada mengobati. Hindarilah pola hidup yang sehat seperti mengkonsumsi junkfood dll.

Selain itu, pemeriksaan lebih dini bisa menyelamatkan para penderita kanker payudara, jadi segeralah periksa ke dokter jika merasakan ada benjolan di sekitar payudara. Karena kanker rentan menyerang balik lagi, sangatlah penting untuk selalu menjalani pola hidup sehat seperti makan teratur dan rajin berolah raga.

Baca juga Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kanker Payudara

Sekian cerita singkat tentang Andien dan kanker payudara, serta bagaimana Andien merubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Ayo selalu jaga kesehatanmu juga ya! Makanlah makanan dengan seimbang, rajin berolah raga dan jauhi pola hidup tidak sehat.  Untuk informasi lebih lanjut, kirimkan email kamu ke info@guetau.com.

Oleh Meila Ghaisani

Sumber:

  1. http://allaboutkankerpayudara.blogspot.co.id/2014/07/pengalaman-andien-berjuang-melawan.html
  2. http://www.dream.co.id/fresh/pernah-kena-kanker-andien-rajin-olahraga-160226w.html

related post

Mitos dan Fakta Seputar Kanker Payudara

posted on 28/02/2015

  “Penyuluhan pun menjadi penting untuk dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui serta mendeteksi secara dini dan dapat menekan tingkat

Kanker Payudara, Seperti Apakah?

posted on 04/11/2014

Sahabat GueTau perlu tahu bahwa ternyata 18,2% dari semua kanker yang menjangkiti manusia adalah kanker payudara. Namun jangan salah, kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 4 =