Ayo ikutan Kompetisi Internasional Dialog Muda bertema HIV-AIDS & Seksualitas! Deadline: 10 April 2013

posted on 26/03/2013

resized_Teaser 2_GDT Indonesia_Pamflet_2

http://globaldialogues.org/bahasa-indonesia

Yuk, ikuti kompetisi global Dialog Muda! Kompetisi ini terbuka untuk anak muda dari seluruh Indonesia berusia 15-24 tahun dan bertema HIV/AIDS dan Seksualitas Anak Muda. Karya yang kamu sertakan bisa berupa narasi dalam bentuk apa saja, mulai dari cerpen, puisi, komik, video, lagu dan lain-lain!

20 karya terbaik dari seluruh Indonesia akan diikutsertakan pada kompetisi Global Dialogues International yang diikuti oleh anak-anak muda dari Indonesia, Guatemala dan Kenya. Karya pemenang pertama di tingkat nasional juga akan dibuatkan menjadi film pendek oleh sutradara Indonesia ternama!

Di Indonesia, kompetisi ini dilaksanakan oleh Hivos ROSEAPamfletGWL Muda, dan Samsara.

Ketentuan Peserta:

Kompetisi Global Dialogues terbuka bagi seluruh anak muda yang masih berusia dibawah umur 25 tahunhingga tanggal 10 April 2013. (Bagi yang berusia diatas 25 tahun masih dapat berpartisipasi dengan membentuk sebuah kelompok yang dipimpin oleh anak muda yang berumur dibawah 25 tahun)

Peserta dapat mendaftarkan diri secara individu atau dalam sebuah tim (3-5 orang)

Ketentuan Kompetisi:

Topik. Ide karya cerita kalian dapat berkisar tentang topik apapun yang terkait dengan isu HIV-AIDS dan Seksualitas.

Daftar Topik:

A1: Bagaimana media mempengaruhi pandangan dan pilihan remaja ketika berhadapan dengan isu HIV dan AIDS dan Seksualitas
A2: Kekerasan terhadap anak perempuan dan perempuan
A3: Ketertarikan dengan sesama jenis
A4: Remaja yang orang tuanya tidak memahami apa yang ia hadapi terkait HIV dan AIDS dan Seksualitasnya
A5: Hubungan antara NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) dan HIV dam AIDS dan Seksualitas dalam komunitas
A6: Tantangan yang dihadapi anak dan remaja yang hidup dengan HIV
A7: Kekerasan/Pelecehan seksual terhadap anak-anak
A8: Seseorang yang memiliki mimpi dan tujuan hidup yang sama dengan dengan Anda, yang juga menghadapi tantangan dan resiko yang serupa ketika berhadapan dengan HIV dan AIDS dan Seksualitas
A9: Hukum dan kebijakan-kebijakan yang harus diubah untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi hak dan keshatan seksual remaja

A10: JANGAN LUPA: ANDA DAPAT MENULIS TOPIK YANG ANDA INGINKAN, SELAMA ITU MASIH BERHUBUNGAN DENGAN HIV/AIDS ATAU SEKSUALITAS. JIKA ANDA MEMPUNYAI IDE BAGUS YANG TIDAK ADA PADA DAFTAR, TULISKAN ITU!

A99: Topik bonus untuk Indonesia: Pubertas: Sebuah Pengalaman Pribadi. Buatlah sebuah karya cerita mengenai pengalaman individu seseorang saat mengalami pubertas. Sebagai contoh, cerita Anda mungkin dapat mengambil dari sisi perasaan kikuk seseorang ketika mereka sedang mengalami perubahan dalam tubuhnya; atau mungkin tentang eksplorasi dan pembelajaran atas “diri” sendiri, kehidupan dan cinta (dapat diekspresikan melalui berbagai cara); juga mungkin dapat mengambil topik yang menantang perdebatan fakta dan mitos mengenai isu seksualitas dan pubertas.

Peserta dapat memilih beberapa topik diatas sebagai titik mula karya cerita yang ingin dibuat. Jangan lupa mencantumkan nomor topik pilihan kalian di bagian yang tersedia pada kuesioner peserta. Perlu ditekankan, bahwa kalianTIDAK WAJIB memilih topik-topik diatas dan jika kalian ingin membuat karya cerita diluar topik yang tersedia, silahkan cantumkan nomor topik “A10”.

Global Dialogues sangat tertarik dengan karya cerita yang tidak hanya bercerita tentang aktivitas yang terjadi, juga menceritakan perasaan dan pemikiran tiap karakter yang ada – disarankan agar karakter-karakter cerita dapat mencari solusi dari tiap hambatan dan tantangan yang mereka hadapi

Bentuk Cerita dan Bahasa:

BEBAS.

Karya cerita dapat berupa: cerita pendek, namun kalian juga dapat mengirim dalam bentuk lain seperti: video, sandiwara teater, komik, lagu, puisi, dan lain-lain…. Semua karya harus menggunakan salah satu bahasa berikut: bahasa Indonesia, Inggris, Kiswahili, Perancis, Spanyol, atau Portugis.

Durasi:Jika bentuk karya cerita yang diserahkan berupa cerita pendek, makatidak lebih dari 10 halaman (maksimal!). Untuk yang menyerahkan dalam bentuk lagu atau video maka tidak lebih dari durasi waktu 10 menit.

Apa yang harus dikirim dan kemana harus dikirim?

Masing-masing peserta (atau ketua tim) harus mengisi (harap diklik untuk mengunduh) kuesioner peserta. Untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi ini, kalian harus mengirimkan:

1.  Karya cerita (bentuknya bisa cerita pendek, video, puisi atau lagu, dan lain-lain)

2.  Kuesioner yang telah diisi lengkap.

Dan mengirimnya ke alamat berikut:

Sekretariat Nasional Jaringan GWL-INA  /  GWLmuda division
Jl. Tebet Dalam 1 No. 33  /  Jakarta Selatan  /  Indonesia 12810

Atau email melalui

dialogmuda@gmail.com 

 

Hadiah:

Tiap karya cerita yang masuk akan dinilai oleh panel juri Indonesia. Akanterdapat 20 pemenang nasional di kompetisi Global Dialogues yang diselenggarakan di Indonesia. Masing-masing 20 pemenang tersebut akan mendapatkan sertifikat dan 3 karya cerita terbaik dari 20 pemenang nasional akan mendapatkan hadiah uang sebesar: 

#Juara I : Rp 2.500.000  

#Juara II : Rp 1.500.000 

 #Juara III : Rp 1.000.000

20 pemenang terbaik dari Indonesia juga akan dipertimbangkan untuk mendapat hadiah tambahan oleh panel juri internasional. Akan terdapat 20 pemenang internasional dalam kompetisi Global Dialogues yang disaring dari pemenang-pemenang nasional. Masing-masing dari ke 20 pemenang internasional tersebut akan mendapat hadiah uang sebesar US$125, sekaligus kemungkinan untuk dibuatnya film berdasarkan karya cerita yang telah diikutsertakan di kompetisi ini, dan disiarkan di televisi sekaligus di internet. 3 karya cerita terbaik dari 20 pemenang internasional akan mendapatkan hadiah uang sebesar:  

#Juara I : US$ 2,500    

#Juara II : US$ 1,250    

#Juara III : US$ 625

 

Sumber Informasi:

Global Dialogues menyarankan bagi tiap peserta untuk aktif berkomunikasi dengan organisasi-organisasi juga invidivu-individu di komunitas masing-masing yang dapat menyediakan kalian informasi terbaik terkait dengan isi karya cerita yang akan dikompetisikan. Kalian juga dapat mengunjungi beberapa sumber informasi secara online. Seperti:

www.globaldialogues.org

www.guetau.com

www. sexetc.org

 

*Info lebih lanjut silahkan sms ke 087877728281

dan unduh leaflet kompetisi

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =