Anti Tabu: Mengenal Arti Kata ‘Orgasme’

posted on 24/01/2017

 

“Ih, ngomongin orgasme? Jorok deh.”

Sebagai anak muda, kita seringkali dianggap porno atau jorok kalau membicarakan mengenai orgasme. Padahal, seringkali saat sudah menikah atau aktif berhubungan seksual, perempuan dirugikan karena tidak mencapai apa yang sering disebut sebagai orgasme.

Jadi, apa itu orgasme?

Orgasme adalah reaksi tubuh atas rangsang saat sedang melakukan hubungan seksual atau masturbasi. Orgasme dapat terjadi apabila ada stimulus atau perancang Sejatinya, orgasme adalah respon alami pada tubuh manusia. Laki-laki dan perempuan memiliki peluang yang sama untuk mencapai titik orgasme.

Baik laki-laki dan perempuan mengalami orgasme dengan cara yang berbeda-beda, Sahabat GueTau. Ada yang berpikiran kalau orgasme hanya bisa dicapai dengan cara berhubungan seksual, ada juga yang beranggapan kalau orgasme bisa dicapai jika masturbasi.

Kalau gitu, gimana caranya kita tahu kalau kita orgasme?

Caranya mudah. Kenali gejala yang ada pada tubuhmu. Orgasme dipengaruhi oleh banyak hal. Jika kamu berhubungan seksual, tingkat orgasme dipengaruhi oleh ikatan emosionalmu dengan pasanganmu. Jika kamu masturbasi, orgasme dapat dipengaruhi oleh seberapa tinggi dorongan seksual yang kamu alami pada saat itu.

Pada masa puber, manusia pada umumnya akan merasakan dorongan seksual. Sekali lagi, hal ini adalah hal yang wajar dan terjadi kepada setiap orang. Beberapa agama dan budaya memang menjadikan pembicaraan ini menjadi hal yang tabu. Tapi, kamu yang tahu tubuhmu, dan kamu memiliki otoritas penuh atas tubuhmu.

Pertimbangkan

Ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengenali tubuhmu sendiri. Hal ini bisa juga menjadi bahan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk aktif secara seksual. Apa saja hal tersebut?

-Pelajari bagian tubuhmu dengan cara bertanya kepada guru, orang tua, atau konselor sebaya di lingkunganmu,

-Tidak ada orang yang berhak memaksamu untuk berhubungan seksual, bahkan pacarmu!

-Ada risiko (penyakit, kehamilan tidak diinginkan) yang harus kamu pertimbangkan. Tanya dirimu apakah kamu dapat mempertanggungjawabkan risiko tersebut.

-Berhubungan seks tidak ada hubungannya dengan keren atau tidaknya dirimu. Menunggu sampai menikah untuk berhubungan seksual tidak menjadikanmu cupu sama sekali.

Jangan bingung dan gundah, kamu bisa bertanya ke GueTau! Yuk, utarakan pertanyaanmu ke info@guetau.com 🙂

related post

#TanyaGueTau Tentang Mimpi Basah Pada Perempuan

posted on 12/03/2017

    Dear GueTau, Apakah peremuan mengalami Mimpi Basah? Kalau ya, apakah hal itu normal? -Anonim   Dear anonim, Ya. Ada beber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =