6 Cara Mudah Merawat Organ Reproduksimu!

posted on 30/09/2014


organ reproduksi2

“Tubuh kamu adalah otoritas kamu, juga tanggung jawab kamu dan kamu wajib merawatnya agar terhindar dari penyakit.”

 

Sebagai remaja yang beruntung karena diberikan kesehatan pada organ reproduksi, sudah seharusnya Sahabat GueTau juga merawatnya. Bayangkan, jika kamu hidup di tengah lingkungan yang memaksa untuk menikah dini atau aktif secara seksual sejak dini untuk keperluan materi. Teman-teman yang kebetulan hidup di tengah lingkungan serupa mungkin belum mengetahui bagaimana cara merawat diri dan organ reproduksinya. Dari artikel ini, kamu bisa belajar hal dasar dan sederhana untuk merawat diri kamu sendiri, baik laki-laki maupun perempuan.Sahabat GueTau juga bisa ikut menyebarkannya ke teman-teman kamu.

Sebenarnya merawat diri sendiri itu tidak sesulit yang dibayangkan, hanya perlu kedisiplinan dan ketelitian ekstra dengan yang namanya kebersihan. Nah, bagaimana caranya merawat organ reproduksi kamu? Simak tips-tips berikut ini, ya!

 

  1. Merasa Bertanggung Jawab

Tidak ada yang bisa menjaga diri kamu selain kamu sendiri. Tubuh kamu adalah otoritas kamu, juga tanggung jawab kamu dan wajib dirawat agar terhindar dari penyakit. Kamu yang tahu dan harus tahu apa yang terjadi dengan tubuh kamu. Berawal dari rasa tanggung jawab ini, Sahabat GueTau sudah siap untuk merawat diri.

 

  1. Segitiga Bermuda: Si Celana Dalam

Ukuran celana dalam harus menjadi perhatian utama, karena berkaitan dengan suhu. Jangan gunakan celana dalam dengan ukuran yang terlalu ketatkarena membuat kulit sulit bernafas dan menjadi lembab. Celana dalam bisa menjadi tempat nyaman bagi bakteri dan jamur untuk bersarang karena kelembabannya yang tidak seimbang.

underwear_m1748703

Sahabat GueTau wajib mengganti si segitiga Bermuda ini secara rutin, minimal dua kali sehari atau setiap kali sudah terasa lembab dan tidak nyaman. Jangan lupa pastikan bahwa celana dalam kamu dalam keadaan kering. Lupakan kebiasaan  pakai celana dalam mulai sekarang, ya!

 

  1. Si Rambut Gondrong

Jangan pernah membiarkan rambut yang tumbuh di skeitar organ reproduksi kamu dalam keadaan lebat. Keringat yang keluar karena aktivitas dan mobilitas kamu yang tinggi membuat bakteri dan jamur mudah berkembang. Rapikan secara rutin agar daerah sekitar lipatan paha tersebut tidak menjadi sarang jamur. Sangat tidak keren, kan, kalau kamu garuk-garuk daerah itu di tempat umum?

 

  1. Pengaman

organ reproduksi

Untuk Sahabat GueTau yang aktif secara seksual, wajib menggunakan pengaman. Tips ini mungkin terdengar klise, namun pengaman luar berupa kondom dapat menjadi penyelamat kamu dari Penyakit Menular Seksual (PMS) yang banyak macam-macamnya dan Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD). Kondom juga banyak jenisnya, baik untuk yang perempuan atau laki-laki. Jadi, sekarang Sahabat GueTau bisa memilih sesuai dengan keinginan.

 

  1. Lakukan Tes dan/atau Perawatan

Ada beberapa tes yang berkaitan dengan organ reproduksi. Tes-tes ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Untuk Sahabat GueTau yang aktif secara seksual, ada baiknya melakukan tes HIV&AIDS untuk mengetahui status kesehatan kamu, apakah kamu bebas dari HIV/AIDS atau tidak. Tes ini bertujuan untuk menyegerakan pengobatan pada seseorang yang terinfeksi. Logika sederhana pada pengobatan HIV/AIDS adalah semakin cepat pengobatan dilakukan, semakin tinggi harapan hidup bagi ODHIV (Orang dengan HIV).

Bentuk tes lain yang berkaitan dengan organ reproduksi adalah pap smear, rangkaian tes yang dilakukan pada mulut rahim (cervix). Tujuan dari tes ini adalah mengetahui apakah ada kejanggalan pada mulut rahim seseorang. Pap Smear adalah pencegahan utama bagi kanker mulut rahim, lho.

 

  1. Bertanya, Cerita dan Berbagi

Jika kamu merasa tidak mendapat informasi yang dianggap benar dan meyakinkan terkait kesehatan seksual dan reproduksi, kamu tidak sendirian. Kamu bisa banget kirim pertanyaan dan cerita seputar kesehatan seksual dan reproduksi ke info@guetau.com. Untuk artikel serupa, simak terus di guetau.com, ya!

 

Ditulis oleh Justian Edwin Darmawan

 

Referensi 

  1. http://www.iwannaknow.org/teens/myths_facts/overview.html
  2. http://www.healthcentral.com/sexual-health/c/55184/38724/importance/
  3. http://www.health.alberta.ca/health-info/sex-prevent-STI-STD.html
  4. http://duniafitnes.com/sex/ini-caranya-agar-organ-seksual-anda-tidak-penyakitan.html

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Olahraga di Rumah Tanpa Ribet

posted on 20/03/2016

“Pergi ke gym pastinya memerlukan biaya, waktu, dan tenaga yang lebih dibandingkan dengan berolahraga di rumah.” Selalu terlihat sehat d

5 Mitos dan Fakta Hubungan Antara Makanan dan Kesehatan Reproduksimu

posted on 23/12/2015

Sumber “Hasil penelitian para dokter dari Harvard university Amerika serikat yang melakukan analisis sperma milik seratus laki-laki berusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *