Puskesmas Mekarwangi: Pelayanan Kesehatan Ramah Remaja Kota Bogor

posted on 25/03/2016

      “Kini, Sahabat GueTau tak perlu takut lagi untuk ke puskesmas!”

    Masa-masa transisi menjadi seorang remaja bukanlah masa yang mudah. Karena kurangnya informasi, banyak masalah kesehatan yang dihadapi oleh para remaja seperti, penularan HIV, infeksi menular seksual (IMS), kehamilan tidak diinginkan (KTD), gangguan kesehatan jiwa, penyalahgunaan narkotika, dan perilaku seksual yang berisiko.

    Nah, sebagai langkah mencegahnya, remaja perlu mendapatkan akses layanan kesehatan yang ramah remaja. Pelayanan yang ramah remaja diperlukan untuk menghilangkan hambatan-hambatan yang mungkin dirasakan para remaja yang ingin mengakses layanan kesehatan, terutama untuk masalah kesehatan reproduksi.

    Hambatan yang seperti apa? Ada hambatan internal dan juga hambatan eksternal. Contoh hambatan internal adalah rasa malu, takut dan enggan yang dirasakan oleh remaja yang ingin mengakses layanan kesehatan ini. Sedangkan untuk hambatan internal contohnya adalah petugas yang tidak ramah, layanan yang tidak komprehensif, tempat yang tidak strategis, atau biaya yang terlalu mahal bagi kantong remaja.

    Kabar baiknya, sejak tahun 2003 di Indonesia sudah ada model pelayanan kesehatan ramah remaja yang membantu para remaja untuk mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus merasa segan atau malu-malu. Model ini diterapkan melalui Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dan dilaksanakan oleh Puskesmas di berbagai penjuru Indonesia. Berbeda dengan layanan kesehatan umum, layanan kesehatan ramah remaja menawarkan layanan yang sangat sesuai dengan kebutuhan remaja, antara lain:

    • Menyediakan jenis layanan kesehatan seksual dan reproduksi yang lengkap.
    • Penyedia layanan, baik dokter, perawat, apoteker, maupun petugas administrasi, bersikap ramah dan tidak akan menghakimi.
    • Sistem layanan memastikan kerahasiaan dan privasimu sebagai klien remaja (sistem janji temu, sistem registrasi yang tidak menggali informasi pribadi, pemeriksaan dan konseling di ruangan tertutup, dan sebagainya).
    • Petugas kesehatan kompeten di bidangnya dan dapat berkomunikasi dengan remaja tanpa nada menyalahkan dan merendahkan.
    • Jam pelayanan disesuaikan dengan waktu luang remaja.
    • Harga layanan terjangkau oleh remaja pada umumnya.
    • Lingkungan tempat layanan dibuat nyaman dan ramah terhadap kebutuhan remaja
    • Informasi terkait lokasi, jenis, dan harga layanan dapat diakses dengan mudah oleh remaja.

    Kali ini GueTau akan mengajak kamu untuk mengunjungi Puskesmas Mekarwangi, salah satu puskesmas yang menjalankan PKPR di kota hujan, Bogor. Nah, untuk Sahabat GueTau yang tinggal di Bogor dan kebetulan membutuhkan pelayanan kesehatan, jangan sungkan untuk langsung datang ke puskesmas yang beralamat di Jl. Subur No.2 Perumahan Bukit Cimanggu City ini.

    Lokasinya tepat berdampingan dengan Polsek Tanah Sareal Kota Bogor. Dengan tenaga kesehatan dan konseling yang handal, kamu akan dilayani dengan ramah sampai masalahmu teratasi dengan tuntas. Tidak perlu merasa malu-malu karena semua rahasiamu pasti terjaga dengan aman. Terdapat beberapa jenis pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Puskesmas Mekarwangi, yaitu:

    • Pemeriksaan Dokter Spesialis Penyakit Dalam
    • Pemeriksaan Dokter Umum
    • Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi/Kebidanan
    • Konseling
    • Pemeriksaan Laboratorium untuk HIV/AIDS
    • Pemeriksaan untuk Penyakit IMS (infeksi Menular Seksual) atau ISR (infeksi Saluran Reproduksi)

    Jika kamu ingin berkunjung langsung, Klinik Remaja di Puskesmas Mekarwangi buka setiap hari Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB. Belum pulang sekolah? Eits, jangan khawatir! kalian bisa kok membuat janji untuk melakukan konseling di sekolah atau di tempat lain sesuai dengan waktu luangmu. Berikut adalah nomor telepon para petugas dan tim konseling Puskesmas Mekarwangi yang bisa kamu hubungi terlebih dahulu sebelum bertemu:

    dr. Oki Kurniawan (081280061046)
    drg. Daden Setiawan (081314561635)
    Donny Kurniawan, SKM (085781147040)
    Yulianti, AmKep, S Psi (085888322128)
    Agustina, AmKep (087881262422)
    Bidan Emma Rosmiati, AmKeb (0818703250)

    Kerennya lagi, kamu juga bisa berkonsultasi melalui SMS lho, Sahabat GueTau! Kamu bisa bertanya berbagai informasi seputar kesehatan remaja; permasalahan umum remaja baik yang berkaitan dengan kesehatan maupun permasalahan di sekolah, maupun masalah keseharian; keterampilan hidup bersih dan sehat; serta pelayanan medis dan pemeriksaan penunjangnya.

    Sekarang sudah tidak ada alasan lagi buat malu-malu konsultasi permasalahmu dong? Jadi tunggu apa lagi? Langsung ke Puskesmas Mekarwangi saja! Para tenaga profesionalnya akan dengan senang hati membantumu. Ada pertanyaan tentang layanan kesehatan ramah remaja atau Puskesmas Mekarwangi? Kirimkan email ke info@guetau.com ya!

    Oleh Helmi Akbar

    Referensi:
    1. http://dinkes.bogorkab.go.id
    2. http://www.unfpa.org
    3. http://pkprmekarwangi.blogspot.co.id

    related post

    Mari Akses Layanan Kesehatan Ramah Remaja!

    posted on 25/04/2015

    “Layanan ramah remaja merupakan cara agar remaja mempunyai akses yang setara untuk pencegahan, pengobatan, pemeliharaan, dan dukungan. Aks

    Antara Inovasi dan Diskriminasi: Gambaran Akses Layanan Kesehatan oleh Remaja Termarjinalisasi

    posted on 13/09/2014

    Antara Inovasi dan Diskriminasi Berbagai macam masalah yang dihadapi oleh remaja saat ini, namun remaja malah menjadi sosok yang sering kali

    PKPR dan PIK Remaja, Efektif atau Tidak?

    posted on 04/07/2014

    PKPR (Pelayananan Kesehatan Peduli Remaja) merupakan Pelayanan Kesehatan yang ditujukan dan dapat dijangkau oleh remaja. Pelayanan ini dikon

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    five × 2 =