Cuanki Serayu: Kuliner Khas Bandung Paling Diburu

posted on 12/03/2017

Cuanki Serayu Makanan Kuliner Khas Bandung

Sumber: doyankuliner.com

“Makanan khas bumi pasundan yang masih hits sampai saat ini.”

Sahabat GueTau pernah coba cuanki? Cuanki adalah makanan khas Bandung yang dalam porsinya terdiri dari bakso, siomay, pangsit rebus, dan pangsit goreng. Kuahnya yang gurih benar-benar bisa menggoyang lidah yang memakannya. Ditambah irisan daun bawang, kesedapannya bertambah berkali-kali lipat.

Ada hal unik dari cuanki. Nama cuanki yang terdengar seperti nama Tiongkok ternyata sama sekali tak ada hubungannya dengan negeri seberang tersebut. Cuanki adalah singkatan dari “cari uang jalan kaki”. Ya, pedagang cuanki dulu menggunakan gerobak pikul yang dibawa keliling kota Bandung dengan berjalan kaki. Unik sekali ya namanya!

Berbicara tentang cuangki, ada warung cuanki paling terkenal dan laris di Bandung. Namanya Cuangki Serayu. Nama Serayu diambil dari nama jalannya, Jl. Serayu No. 2, Bandung. GueTau menyebutnya sebagai warung paling laris karena pembeli mulai antre satu jam sebelum warung ini dibuka! Saking larisnya, Cuanki Serayu sering tutup lebih awal dari jam tutupnya pukul 19.00.

Kenikmatan Cuanki Serayu terdapat pada kuah dan siomaynya yang berbeda dengan cuanki lainnya. Konon, kuahnya dibuat dari tulang ikan, bukan tulang sapi. Siomanya juga dibuat dari ikan tenggiri segar. Sahabat GueTau bisa makan seporsi cuanki dengan tambahan sambal dan cuka agar lebih sedap.

Hmm… membayangkannya saja sudah ngiler ya. Yuk, makan di Cuanki Serayu! Sahabat GueTau punya rekomendasi tempat kuliner enak di Bandung? Beritahu GueTau ya ke info@guetau.com.

Oleh GueTau

Referensi:

http://kulinerbangsakoe.blogspot.co.id/2016/04/cuanki-serayu-bandung-cuanki-dengan.html

http://food.detik.com/read/2014/06/06/055450/2601397/289/cuanki-serayu-bakso-unik-a-la-bandung-dan-batagor-renyah-berkuah-kental

http://medianusantara.com/food-culinary-makanan-kuliner/tempat-kuliner/bakso-cuanki-serayu-di-bandung/

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 13 =