Tips Berpakaian Sesuai Bentuk Tubuh

posted on 10/05/2016

    cq5dam.web.1920.1280

“Mau pergi jalan-jalan tapi bingung pakai baju apa? Tenang, Sahabat GueTau! Kali ini GueTau akan memberikan tips-tips dalam berpakaian buat kamu para cowok agar bisa tampil dengan lebih percaya diri!”

Setelah tahu berbagai bentuk tubuh pada artikel sebelumnya, tentu Sahabat GueTau sudah bisa menentukan sendiri mana bentuk tubuhmu, dong? Setiap bentuk tubuh pasti memiliki kekurangan, tapi ingat, ada juga kelebihan yang bisa ditonjolkan!

Nah, ini dia yang akan kita lakukan! Daripada pusing memikirkan tentang kekurangan tubuh kita, alangkah lebih baik jika kita fokus kepada sisi positif dari bentuk tubuh kita. Yuk, mari kita mulai, guys!

1. Untuk si Ectomorph

Untuk cowok-cowok dengan postur tubuh yang tinggi dan ramping, kamu bisa menggunakan pakaian dengan potongan slim-fit. Sebaiknya kamu tidak mengenakan baju dengan ukuran yang kebesaran karena justru akan menenggelamkan bentuk tubuh rampingmu sehingga akan membuatmu semakin terlihat kurus.

Baju yang pas dengan ukuran dan bentuk tubuh tentu akan lebih enak dilihat. Memiliki kelebihan dengan berbentuk ramping, kamu bisa berekspresi dengan memakai luaran tambahan seperti rompi, jaket, atau sweater untuk memberikan kesan tubuh yang proporsional. Jika kamu ingin menghadiri acara formal, kamu bisa memakai aksesoris tambahan seperti dasi yang agak lebar.

Jenis tubuh ini juga memiliki kelebihan karena bagian bawah cenderung lebih panjang. Kamu bisa menggunakan celana dengan potongan regular-fit agar kakimu yang panjang tidak terlihat terlalu ramping.

Untuk perpaduan warna, kamu bisa mencoba warna-warna terang untuk memberikan kesan tubuh yang lebih berisi. Selain itu, coba padukan warna yang kontras antara baju dan celana yang kamu kenakan karena warna senada dari atas sampai bawah akan membuatmu terlihat semakin tinggi.

2. Bentuk Tubuh Endomorph

Tipe tubuh ini memiliki tulang besar dan juga kadar lemak tubuh tinggi. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menggunakan pakaian dengan bahan yang tipis dan ringan. Perhatikan juga ukuran pakaian yang kamu beli agar jatuhnya pas di tubuhmu. Ukuran pakaian yang terlalu kecil justru akan membuat tubuhmu terlihat lebih besar. Lagipula, tidak nyaman kan memakai pakaian yang terlalu ketat?

Kebalikan dari bentuk tubuh ectomorph, bagi kamu yang memiliki tipe tubuh endomorph justru dianjurkan untuk mencoba pakaian berwarna gelap. Warna-warna gelap ini dapat membuatmu terlihat lebih ramping, lho! Jika kamu ingin terlihat lebih tinggi, pakaian dengan lengan panjang adalah pilihan yang tepat. Apakah kamu suka memakai jam tangan? Kalau iya, kamu bisa memakai jam dengan diameter yang agak besar untuk membuat lenganmu terlihat lebih ramping. Jika ingin memakai dasi, cobalah dasi yang berbentuk ramping.

Ukuran tubuh bawah tipe tubuh ini cenderung pendek, jadi kamu bisa mengenakan atasan dan bawahan berwarna sama untuk membuatmu terlihat lebih tinggi. Oh iya, pilih celana dengan potongan yang tidak terlalu ketat ya!

3. Bentuk Tubuh Mesomorph

Terakhir, ada tipe tubuh mesomorph yang cenderung lebih atletis, memiliki bahu dan pinggul lebih lebar dan pinggang yang sempit dengan perbandingan otot yang lebih besar dibandingkan lemak. Nah, untuk memperlihatkan kelebihanmu ini, kamu bisa mengenakan pakaian dengan potongan pas badan untuk menunjukkan tubuhmu yang atletis. Apabila kamu ingin menghadiri acara santai, kamu bisa memakai kaos polos dengan ukuran pas di tubuh. Hindari kaos dengan kerah bentuk V yang terlalu lebar karena akan terlalu menampakkan tubuhmu dan malah terkesan terlalu pamer.

Untuk celana, kamu bisa memakai celana dengan potongan pas jika ingin menegaskan bentuk kakimu. Jika posturmu agak pendek, kamu juga bisa mencoba celana pendek agar kakimu terlihat lebih jenjang.

Nah, itu dia beberapa tips berpakaian sesuai dengan bentuk tubuh yang bisa kamu coba. Tapi ingat ya, kamu tetap bebas mengekspresikan dirimu dan memakai berbagai model pakaian yang kamu inginkan. Asalkan kamu percaya diri, mengapa tidak? Jika kamu ingin berbagi tips-tips berpakaian yang kamu tahu, langsung saja kirimkan email ke info@guetau.com ya!

Oleh Helmi Akbar Wangsi

Referensi:
1. http://guetau.com/cinta/integritas-tubuh/a-z-tentang-keberagaman-bentuk-tubuh.html
2. http://malezones.com/
3. http://www.askmen.com/
4. http://www.fashionbeans.com/

related post

Fashion yang Ramah Kesehatan Reproduksi Remaja

posted on 05/10/2013

“Fashion adalah kebutuhan, ya tidak di pungkiri lagi. Tetapi apa masih mau bertahan dengan fashion yang kesannya memaksakan tetapi merugik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 8 =