Ketimpangan Gaji Perempuan dan Laki-Laki Juga Ada di Dunia Hiburan!

posted on 11/08/2017

Nama Gal Gadot banyak diperbincangkan masyarakat usai debutnya membintangi peran Diana Prince di film Wonder Woman garapan DC Comics. Wanita berkebangsaan Israel itu mampu menyedot perhatian berkat kecantikan dan aksi memukau di film tersebut.

Namun, tahukah kamu kalau suksesnya peran tokoh superhero yang dibintanginya, ternyata bayaran Gal Gadot tergolong rendah. Dilansir dari Business Insider, aktris berusia 32 tahun itu mendapatkan US$ 300 ribu atau sekitar Rp 3,9 miliar untuk tiap film yang mengharuskannya untuk mengenakan kostum Wonder Wman.

Film-film DC yang dimaksud adalah “Batman v Superman: Dawn of Justice” dan “Justice League”. Jika dibandingkan dengan aktor DC lainnya, gaji yang diterima oleh Gal Gadot terbilang sangat rendah.

Meskipun beberapa orang menilai bayaran Gal Gadot rendah, ternyata besaran gaji tersebut adalah angka standar yang akan diterima oleh aktor yang berperan pertama kali dalam film superhero. Nantinya, pihak studio akan menambahkan gaji tersebut secara bertahap.

Sebagai contoh, Chris Evans yang hanya dibayar sebesar US$ 300 ribu untuk ‘Captain America: The First Avenger’ pada tahun 2011 silam. Sementara itu,  Chris Hemsworth mendapatkan bayaran US$ 200 ribu untuk peran utama di film pertama ‘Thor’ dan Robert Downey Jr di dalam film pertama Iron Man dibayar dengan gaji sebesar US$ 500 ribu.

Akan tetapi, mengingat Wonder Woman yang sukses di pasaran dan mampu meraih pendapatan hingga US$ 570 juta di seluruh dunia, Gal Galdot mungkin berkesempatan untuk mendapatkan bonus tambahan.

Secara keseluruhan, film Wonder Woman menerima respon yang positif. Selain itu, film yang dibintangi Gal Gadot ini juga mendapatkan ulasan yang lebih baik dibandingkan Batman v Superman dan beberapa sekuel keluaran DC Comics yang lain.

Selain Gal Gadot, ada juga aktris lain yang mengalami ketimpangan gaji, lho! Siapa saja mereka?

Meryl Streep

Sebuah kutipan dari Meryl Streep kepada The Telegraph cukup untuk merepresentasikan ketimpangan upah pekerja seni perempuan di Hollywood. “Perempuan lulus dari sekolah film, sekolah hukum, dan lain-lain yang setara dengan laki-laki, tetapi gaji mereka jauh di bawah laki-laki,” ujarnya.

Jennifer Lawrence

Berdasarkan data Forbes tahun 2015, Jennifer Lawrence mendapatkan US$52 juta. Angka tersebut adalah angka yang benar-benar fantastis. Tapi, tidak lagi jadi fantastis kalau dibandingkan dengan gaji Robert Downey Jr. yang ternyata $80 juta!

Oleh Dewi Maharani

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + nine =