Enam Remaja Keren dari Berbagai Belahan Dunia

posted on 05/07/2016

    “…lakukan yang terbaik agar kamu bisa jadi ahli di bidang yang sedang kamu tekuni.”

Halo, Sahabat GueTau!

Tahukah kamu kalau anak muda sekarang banyak yang punya bakat dan ide-ide gila yang membuat mereka sukses? Selain menunjukkan bakat dan idenya, remaja-remaja yang menginspirasi ini berhasil mematahkan anggapan bahwa anak muda dapat dianggap sebelah mata. Mereka mampu membuktikan bahwa untuk bisa berprestasi, berinovasi, dan berani memperjuangkan keadilan!

Sudah saatnya kita yakin bahwa usaha meraih cita-cita tidak ada kaitannya dengan umur. Siapa saja sih mereka yang keren ini? Yuk, langsung simak!

1. Joey Alexander

Setelah sebelumnya menjadi musisi termuda yang masuk nominasi untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album, Joey Alexander tampil memukau di panggung utama Grammy Awards 2016 di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat bersama puluhan musisi papan atas lainnya.

Selama beberapa tahun terakhir, Joey berkesempatan tampil dalam berbagai pagelaran jazz, seperti Rochester Jazz Festival, Newport Jazz Festival, dan Jazz at Lincoln Center. Pada bulan Mei silam, pianis muda berusia 13 tahun ini menggelar konser bertaraf internasional di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Berbeda dengan konser-konser jazz pada umumnya, Joey Alexander Live in Concert menjadi konser jazz pertama yang menghadirkan HD Quality Sound Design yang disiapkan secara khusus untuk memanjakan telinga para penonton konser tersebut. Wow, luar biasa!

2. Ashima Shiraishi

Dikenal sebagai salah satu rute panjat tebing yang paling sulit di dunia, Open Your Mind Direct biasanya hanya bisa ditaklukkan oleh atlet profesional laki-laki. Namun, Shiraishi yang saat itu masih berusia 13 tahun mengejutkan dunia olahraga dengan menjadi pemanjat tebing perempuan pertama sekaligus yang termuda yang berhasil menaklukkan rute tersebut.

3. Malala Yousafzai

Perempuan yang lahir pada 17 Juli 1997 di Mingora, Pakistan, ini adalah seorang aktivis yang memperjuangkan pendidikan untuk anak-anak perempuan sehingga ia diancam akan dibunuh oleh tentara Taliban. Pada tanggal 9 Oktober 2012, seorang tentara menembak Malala saat ia pulang dari sekolah. Walaupun tembakan tersebut mengenai kepalanya, ia berhasil selamat dan terus memperjuangkan pendidikan untuk para anak perempuan.

Perjuangan Malala memperoleh apresiasi sehingga ia memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2014. Ia juga mendapat kehormatan untuk berbicara di depan Majelis Umum PBB, menyerukan pembebasan siswi yang diculik oleh Boko Haram, dan meluncurkan kampanye #BooksNotBullets untuk mendorong politisi untuk mengalokasikan pengeluaran dana untuk militer kepada dana untuk pendidikan.

4. Suman Mulumudi

Walaupun masih berusia 15 tahun, Suman berhasil membuat sebuah inovasi yang sangat revolusioner. Ia menciptakan suatu aplikasi smartphone bernama Steth IO yang tidak hanya bisa berfungsi sebagai stetoskop, tapi juga monitor detak jantung! Saat ini ia menjabat sebagai CEO dari start-up yang dinamainya Stratoscientific sekaligus terus mengembangkan temuannya yang akan sangat bermanfaat dalam dunia medis tersebut.

5. Alexey

Salah satu kandidat untuk penghargaan International Children Peace Prize pada tahun 2014 adalah pemuda berusia 17 tahun asal Rusia bernama Alexey. Alexey melawan diskriminasi dan berjuang untuk hak-hak kelompok LGBTQIA yang berada di Rusia . Dia adalah salah satu penggerak dari komunitas online yang diberi nama Children-404, yaitu tempat saling bertukar pikiran dan pengalaman antar remaja LGBTQIA di Rusia. Alexey paham betul bahwa dukungan dari sesama akan sangat berarti dan menguatkan solidaritas mereka.

6. Moziah Bridges

Saat berusia sembilan tahun, Moziah memulai usahanya yang bernama Mo’s Bows, yang berfokus pada dasi kupu-kupu. Karena ia tidak bisa menemukan model yang menurutnya keren, anak laki-laki yang sekarang berusia 13 tahun ini mulai membuat sendiri dasi-dasinya.

Setelah muncul pada acara TV Shark Tank, banyak pebisnis besar yang tertarik dan melakukan kerjasama dengan Moziah sehingga bisnisnya kini berkembang pesat. Bahkan diketahui, pada tahun 2015 lalu para pemain NBA memakai dasi dari Mo’s Bows lho!

Nah, itu dia enam anak muda yang bisa memberimu motivasi untuk terus berkarya. Kalau mereka bisa, kamu juga pasti bisa!

Tip dari GueTau: lakukan yang terbaik agar kamu bisa jadi ahli di bidang yang sedang kamu tekuni.
Apakah kamu ingin berbagi cerita tentang tokoh muda yang menginspirasi yang kamu tahu? Yuk kirimkan ceritamu ke info@guetau.com!

Oleh Helmi Akbar

Referensi:
1. http://www.bbc.com/indonesia
2. http://www.huffingtonpost.com/
3. http://www.time.com/
4. Ilustrasi utama oleh Yuko Shimizu

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 13 =