Di Minggu-Minggu Terakhir Ramadhan, Pelajari 5 Tips Puasa Bebas Maag

posted on 18/06/2017

Berpuasa di bulan Ramadan adalah ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Namun, sakit maag yang kamu miliki sering kali menjadi alasan untuk tidak berpuasa. Bagi kamu yang memiliki riwayat sakit maag, pasti sudah akrab dengan hal ini. Namun ternyata, kamu yang nggak punya riwayat sakit maag juga bisa terserang penyakit ini. Hal ini lantaran tubuh belum terbiasa untuk berpuasa.

Nah, kalau kamu mau puasa tetap khusyuk dan terbebas dari sakit maag, lakukan 5 tips berikut ini.

  • Mulai konsumsi makanan yang kaya akan serat ketika sahur

5 Tips Puasa Bebas Maag dari GueTau

 

Jangan pernah melewatkan sahur. Sebab, risiko mengalami sakit maag akan lebih tinggi karena perut kamu kosong. Selain itu, kamu juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan saat sahur.

Baca juga: Hidup Sehat dengan Food Combining

 

  • Jangan langsung berbaring setelah sahur

5 Tips Puasa Bebas Maag dari GueTau

 

Hindari kebiasaan berbaring setelah menyantap sahur. Sebab, hal ini dapat memicu sakit maag. Saat kamu berbaring dengan perut yang baru saja terisi, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras dan membuat perut terasa mual.  

Akan timbul rasa nyeri di ulu hati serta rasa panas pada tenggorokan seiring meningkatnya asam lambbung. Berbeda halnya apabila kamu berposisi tegak, di mana makanan yang ada di lambung akan turun dengan lancar.

 

  • Berolahraga saat puasa? Siapa takut?

5 Tips Puasa Bebas Maag dari GueTau

 

Banyak yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga, padahal kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres pemicu sakit maag. Stres merangsang tubuh untuk memproduksi asam lambung berlebih yang pada akhirnya memicu sakit maag.

 

  • Perhatikan menu berbuka puasa

5 Tips Bebas Puasa dari GueTau

 

Saat berbuka, kurangilah mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi dan santan. Sebagai alternatifnya, kamu bisa berbuka deengan madu, teh hijau atau air putih hangat. Hal ini untuk membiasakan lambung untuk tidak bekerja secara berlebihan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan porsi saat berbuka ya!

Baca juga: Bahaya Makanan Jalanan

 

  • Konsumsi air putih

5 Tips Puasa Bebas Maag dari GueTau

 

Perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan saat berbuka. Sebab, air putih dapat mengurangi sifat asam dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Mengkonsumsi air putih secara rutin akan membuat tubuh kamu tetap terasa fit selama berpuasa.

Sahabat GueTau, itu dia beberapa tips sederhana untuk terhindar dari sakit maag saat puasa. Semoga bermanfaat ya!

Oleh Dewi Maharani

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 8 =