Apa sih Bedanya Perempuan dan Wanita?

posted on 08/03/2016

Kata ‘perempuan’ dan ‘wanita’ kerap dipertanyakan perbedaannya. Sahabat GueTau penasaran apa bedanya? Mari kita bahas sedikit tentang perbedaannya.

Oh iya, hari ini (8 Maret) adalah Hari Perempuan Internasional! Selamat ya!

Kalau kita dengar kata perempuan dan wanita, kadang-kadang seperti ada kelas sosial yang berbeda antara keduanya. Ketika menggunakan ‘perempuan’, kita cenderung menganggap bahwa derajat kata tersebut tidak setinggi ‘wanita’.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kedua kata tersebut bermakna demikian:

1. Perempuan /pe·rem·pu·an/
(n) orang (manusia) yang mempunyai puki, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui.

2. Wanita /wa·ni·ta/
(n) istri; bini.

Kata perempuan berasal dari kata dasar empu yang berarti ‘tuan’ atau ‘orang yang mahir/berkuasa’. Terdapat makna yang cukup dalam di sini. Kata ini berarti bahwa perempuan memiliki penuh tubuhnya dan menjadi tuan bagi dirinya sendiri.

Seiring berjalannya waktu, kata perempuan bergeser maknanya di masyarakat menjadi hal-hal yang berkaitan dengan keistrian dan rumah tangga.

Dengan kata lain, jika seseorang disebut sebagai perempuan, sering disalahartikan hanya sebagai ‘penunggu rumah’ saja. Padahal, secara arti, perempuan memiliki makna kemerdekaan seseorang tanpa kewajiban ‘melayani’ atau ‘diinginkan’.

    ca. April 1907, Java, Indonesia --- An informal portrait of a Javanese mother and her child --- Image by © Eliza Ruhamah Scidmore/National Geographic Society/Corbis

    ca. April 1907, Java, Indonesia — An informal portrait of a Javanese mother and her child — Image by © Eliza Ruhamah Scidmore/National Geographic Society/Corbis

Kata berikutnya adalah wanita. Wanita, dalam etimologi bahasa Jawa, diterjemahkan sebagai ‘wani ditoto’, artinya ‘berani diatur’. Berangkat dari sini, maka sulit bagi seorang wanita untuk memiliki kontrol terhadap dirinya sendiri, apalagi di masyarakat. Maka, seorang wanita tidak bisa menghindar jika didikte oleh seorang pria.

Singkat kata, penggunaan wanita cenderung membuat seseorang menjadi objek saja, karena tidak merdeka atas dirinya sendiri.

Sebenarnya, penafsiran kata ‘perempuan’ dan ‘wanita’ tidak bisa dijelaskan hanya dalam satu tulisan saja. Banyak banget penafsirannya! Melalui artikel ini, GueTau hanya ingin memberikan gambaran sederhana kepada Sahabat GueTau perbedaan keduanya. Kamu bisa banget berdiskusi atau tanya-tanya tentang topik ini ke info@guetau.com!

——————-
Referensi
1. KBBI
2. http://www.angelfire.com/journal/fsulimelight/betina.html
3. http://www.kompasiana.com/rinakwartiana/perempuan-wanita-dan-cewek_551a0803a33311381eb65936

related post

Hantu Perempuan dan Perkosaan

posted on 14/03/2016

“Perilaku korban pemerkosaan akan berubah, korban akan menarik diri dari lingkungan, dan mengalami gangguan psikis seperti menyalahkan dir

Merayakan Tubuhmu, Tubuhku, Tubuh Kita

posted on 13/03/2016

“Berkumpul di sebuah tempat sembari merayakan tubuh, bercerita, dan bernyanyi” Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internas

Tiga Cara Ampuh Melawan Nyeri Menstruasi

posted on 02/11/2015

Sebagian besar perempuan seringkali mengalami kram otot rahim saat haid sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebenarnya apa sih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *