Kenapa Remaja Perlu Melek Hukum?

posted on 31/01/2015

hukum2

Berbicara soal hukum kadang terdengar membosankan atau terlalu berat bagi Sahabat GueTau. Banyak yang beranggapan bahwa hukum adalah sesuatu yang ribet dan cukup abstrak untuk dipahami. Benarkah demikian?

 

Cara Asik Belajar Hukum

Proses peradilan dan penegakan hukum ternyata tidak seribet yang ada di bayangan kamu, kok. Itu semua bisa dipahami oleh Sahabat GueTau jika perantaranya tepat. Misalnya nih, belajar melalui seminar atau pameran hukum yang beberapa tahun ini mulai banyak bermunculan. Contohnya, Justice to School, ajang pameran lembaga-lembaga hukum di Indonesia yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung untuk pelajar dan mahasiswa. Acara ini cukup mudah menarik minat para remaja karena presentasi disajikan melalui games yang seru, booklet dengan desain menarik dan booth yang keren.

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar tidak gagap hukum adalah rajin membuka situs-situs hukum di internet. Bermodal koneksi internet, kamu bisa belajar banyak contoh kasus sehari-hari yang berkaitan dengan hukum, seperti di hukumonline.com. Namun, yang perlu kamu perhatikan lagi adalah pilah dan pilih situs yang akan kamu jadikan referensi belajar tersebut cukup kredibel dan informasinya bisa dipertanggungjawabkan.

Belajar hukum juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis dari gadgetmu. Saat ini sudah tersedia beragam aplikasi yang menunjang keinginanmu untuk melek hukum seperti UUD 1945 Amandemen Terbaru. Selain tampilannya yang menarik, belajar hukum melalui aplikasi ini juga sangat praktis karena size penyimpanan yang kecil, isi yang lengkap, serta dapat dioperasikan secara offline.

hukum1

 

Kenapa Kita Perlu Belajar Hukum?

Setelah GueTau paparkan beberapa cara seru tersebut, seharusnya sudah tidak ada alasan lagi dong untuk kamu malas belajar hukum. Nah, selain itu, berikut adalah alasan-alasan yang bisa memotivasi kamu agar semakin tertarik mempelajarinya:

  1. Indonesia adalah negara hukum. Hal ini tertuang di UUD 1945 pasal 1 ayat 3. Ini berarti bahwa setiap tindakan, baik secara langsung ataupun tidak, pasti ada akibat hukumnya. Literatur hukum sudah selayaknya menjadi konsumsi semua warga negara, termasuk remaja, agar lebih paham mengenai hak dan kewajibannya.
  2. Melek hukum akan membuat kamu lebih berhati-hati dalam bertindak. Tersedianya beragam informasi yang bebas kamu dapatkan serta tergabung dalam lingkaran pergaulan yang lebih luas menuntut kamu untuk lebih selektif. Misalnya nih, adanya tekanan teman sebaya tidak seharusnya membuat kamu ikut-ikutan menyalahgunakan narkoba karena paham konsekuensinya. Begitu pula keisengan semacam nge-jailbreak iPhone yang ternyata bisa berbuntut hukuman pidana.
  3. Mempelajari hukum juga membuatmu sadar akan HAM. Kewajiban negara adalah melindungi, memenuhi, dan menghormati HAM. Khusus di Indonesia nih, pemerintah selangkah lebih maju memiliki fungsi mempromosikan HAM. Ini semua tercantum dalam UUD 1945 Amandemen Terakhir pasal 28 A-J. Agar apa yang tertulis mengenai HAM tersebut bisa terwujud, Sahabat GueTau perlu senantiasa memantau dan mengingatkan kembali pemerintah. Dengan memahami hal ini, hak kamu tidak akan mudah dirampas pihak lain hanya karena kamu tidak melek hukum.

Sekarang kamu tahu kan betapa pentingnya melek hukum? Mau berbagi pengalaman serupa atau bertanya lebih lanjut? Langsung saja Sahabat GueTau sampaikan di info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Eunike Ally Sushmita

 

Referensi:

  1. http://www.portalkbr.com/teenvoice/cerita-kita/2590473_6439.html
  2. http://deletetechno.com/pemuda-pemudi-sekarang-harus-melek
  3. hukum/http://tercerahkan.com/kenapa-kita-harus-melek-hukum/

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =