Hormati dan Hargai Hak Asasi Manusia Kita

posted on 17/01/2015

Hari-Hak-Asasi-Manusia

Sahabat GueTau tentunya pernah mendengar Hak Asasi Manusia atau biasa disingkat menjadi HAM. Berkaitan dengan Human Rights Day atau Hari Hak Asasi Manusia, kali ini GueTau akan memberikan informasi untuk Sahabat GueTau seputar Hak Asasi Manusia. Tentunya hal ini sangat penting untuk kita ketahui. Kamu sebagai remaja memiliki hak asasi yang harus diperjuangkan, begitu pula orang lain yang juga memiliki Hak Asasi Manusia yang harus kamu hormati.

 

Hak Asasi Manusia itu…

Kalau dilihat dari bahasa, kata ‘hak’ diambil dari bahasa arab haqqa, yahiqqu, haqqaan  yg artinya benar, pasti , nyata, tetap, dan wajib.  Maka, hak dapat berarti kewenangan untuk melakukan/tidak melakukan sesuatu. Sedangkan, kata ‘asasi’ berasal dari kata assa, yaussu, asasaan yang artinya membangun, mendirikan, atau meletakkan. Jadi, asasi adalah segala sesuatu yang bersifat mendasar dan fundamental yang selalu melekat pada objeknya.

Berdasarkan asal usul menurut bahasa, sudah jelas bahwa Hak Asasi Manusia adalah hak-hak yang bersifat mendasar pada diri manusia yang merupakan anugerah dari Tuhan yang melekat dalam diri setiap individu. Manusia adalah insan beruntung yang mendapatkan anugerah ini, maka tentunya manusia harus dihormati Hak Asasinya. Karena itulah Hak Asasi Manusia ini dilindungi oleh pemerintah pada UUD 1945 pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1. Nah, dengan adanya perlindungan ini, sudah jelas dong bahwa Hak Asasi adalah hal penting yang harus kamu perjuangkan.

 

Macam-macam Hak Asasi Manusia

Seperti yang dijelaskan di atas, Hak Asasi Manusia adalah anugerah dari Tuhan kepada setiap individu. Berdasarkan hal tersebut, maka Hak Asasi Manusia memiliki ciri tersendiri. Ciri-ciri tersebut antara lain:

  1. Bersifat hakiki.
  2. Bersifat universal.
  3. Bersifat kodrati.
  4. Bersifat supralegal / tidak bisa dilanggar.
  5. HAM tidak diberi, dibeli dan diwarisi.

Setelah Sahabat GueTau mengerti bahwa Hak Asasi Manusia adalah hal penting yang harus dilindungi dan diperjuangkan, tentunya kKamu juga harus tahu macam-macam Hak Asasi Manusia. Berdasarkan kelima ciri Hak Asasi Manusia di atas, pemerintah menetapkan beberapa macam Hak Asasi Manusia dalam Undang-undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Macam-macam Hak Asasi Manusia tersebut antara lain:

  1. Hak Anak
  2. Hak atas Kebebasan Pribadi
  3. Hak atas Kesejahteraan
  4. Hak atas Rasa Aman
  5. Hak Berkeluarga Melanjutkan Keturunan
  6. Hak Mengembangkan Diri
  7. Hak Turut Serta Dalam Pemerintahan
  8. Hak Untuk Hidup
  9. Hak Perempuan

 

Upaya Penegakan HAM

Hak Asasi Manusia di atas mutlak dimiliki oleh setiap individu. Muda maupun tua, tidak mampu ataupun kaya raya, dan sebagainya. Banyak pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, seperti kekerasan terhadap anak, pelecehan seksual terhadap siswa, bahkan kekerasan dalam rumah tangga. Tentunya, hal-hal seperti ini tidak akan terjadi jika penegakan HAM dapat ditegakkan dengan kokoh dan konsisten. Hal-hal inilah yang harus diperjuangkan oleh seluruh masyarakat, terutama kamu sebagai generasi muda penerus bangsa. Nah, kali ini GueTau akan memberikan informasi tentang beberapa upaya dalam penegakan HAM yang dapat dilakukan Sahabat GueTau dalam menegakkan HAM di Indonesia. Beberapa cara tersebut adalah:

  1. Bersikap kritis dalam setiap upaya pemerintah

Sebagai remaja kamu harus kritis terhadap berbagai kebijakan dengan tujuan untuk mendukung upaya pemerintah itu sendiri. Dengan banyaknya sikap kritis, maka diharapkan peraturan yang dibuat pun kuat dan membuat masyarakat semakin disiplin dalam menghormati Hak Asasi Manusia satu sama lain.

  1. Melaporkan setiap pelanggaran HAM

Kamu pernah melihat langsung adanya pelanggaran HAM? Mari segera laporkan ke Komnas HAM atau ke pihak yang berwajib. Pelanggaran HAM termasuk tindakan kriminal yang berat. Dengan masyarakat yang peka terhadap lingkungan, maka pelanggaran HAM tentunya dapat diminimalisir.

  1. Menghindari segala tindakan yang dapat melanggar HAM

Nah, yang ini sangat penting. Selain memperjuangkan hak asasimu, Kamu tentu juga perlu untuk menghormati hak yang dimiliki oleh orang lain. Hindarilah hal-hal yang dapat melanggar Hak Asasi Manusia yang dimiliki oleh orang lain.

  1. Bersikap proaktif dalam menegakkan hukum

Bagi remaja, sangat penting untuk sadar akan hukum yang berlaku. Remaja harus membuka matanya lebih lebar dalam hal hukum. Penegakan hukum adalah kewajiban kita bersama, bukan hanya aparat pemerintah saja.

 

Nah, demikianlah beberapa penjelasan tentang Hak Asasi Manusia. Mari perjuangkan hak asasimu dan hormati pula hak yang dimiliki oleh orang lain. Semoga informasi di atas dapat berguna untuk Sahabat GueTau. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar Hak Asasi Manusia, jangan sungkan untuk hubungi kami di info@guetau.com.

 

Ditulis oleh Sandy Anugerah

 

Referensi:

  1. hukumonline.com
  2. okezone.com

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + fourteen =