Film Misteri Anu Jatuh: Belajar Untuk Tak Menghakimi

posted on 27/01/2016

    Misteri Anu Jatuh
    Sumber
    “Kalau masih sulit memahami, cobalah untuk tidak menghakimi.”

Bosan dengan topik serius? Tenang saja, kali ini GueTau bakal membahas sebuah film pendek yang dapat Sahabat GueTau tonton dari youtube dengan judul “Misteri Anu Jatuh”. Film ini menarik, karena dibuat dengan alur cerita a la detektif. Psst, Dena Rahman adalah salah satu cast-nya loh! Penasaran kan? Simak lebih lanjut dan intip keseruannya!

5 Tamu 1 ‘Anu’

Film diawali dengan ditemukannya sebuah ‘anu’ yang jatuh oleh kedua penjaga Wisma Bermartabat (Noni dan Boni), mereka bertekad untuk menemukan siapa pemilik sebenarnya dari ‘anu’ tersebut agar menjaga nama Wisma Bermartabat tetap baik. Mereka mulai mencurigai kelima tamu Wisma Bermartabat dan bertekad menemukan pemilik dari ‘anu’ tersebut sebelum waktunya checkout.

Bagian setelahnya mulai muncul prasangka-prasangka buruk terhadap pengunjung wisma yang bersumber dari stereotip masyarakat terhadap beberapa orang. Mulai dari anak band yang selalu identik dengan seks bebas dan narkoba, transgender yang juga selalu punya stigma buruk di masyarakat. Dua pengunjung lainnya adalah seorang gadis berwajah tak berdosa dan seorang ibu pejabat. Eh ada satu lagi! Seorang yang diduga berasal dari Arab yang suka kawin kontrak di puncak.

Lalu, siapa sebenarnya pemilik ‘anu’ tersebut? Noni dan Boni kemudian mendatangi satu persatu tamu wisma untuk mencari kejelasan. Sahabat GueTau harus nonton langsung untuk tahu siapa pemilik ‘anu’ sebenarnya!

Apa Pesannya?

Sebenarnya karakter-karakter tersebut merupakan representasi nyata dari juri-juri yang terlibat dalam Kompetisi Kreatif Dialog Muda dan Misteri Anu Jatuh merupakan pemenang yang kemudian diadaptasi ke dalam sebuah film.
Apa sih yang pesan yang dapat kita ambil dari film tersebut? Film ini mengajak kita untuk berpikir dulu sebelum menuduh seseorang. Menuduh dengan alasan yang berkaitan dengan stereotip sama dengan menghakimi. Dan, kita juga harus mengerti alasan di balik semua keputusan seseorang. Kita kan tidak tahu masalah yang dialami setiap orang. Kamu bisa nonton filmnya dengan mengklik tautan ini.

Seru banget ya? Kalau kamu punya rekomendasi film-film lain yang sama menariknya, jangan ragu beritahu GueTau di info@guetau.com!

Oleh Bagus Siswantha

related post

#TanyaGueTau Vol. 2: Kondom!

posted on 18/03/2016

“Jangan was was dulu ngomongin kondom, karena GueTau gak akan menyarankan kamu untuk berhubungan seksual kok. Yang penting kamu tahu info

Ulasan Film Inside Out

posted on 10/02/2016

Halo, Sahabat GueTau! Sudahkah kamu menonton film Inside Out? Nah, sekarang GueTau akan memberikan ulasan film besutan Disney Pixar yang sat

Hobi Nonton Film Biru?

posted on 31/12/2014

“Menurut sebuah penelitian, usia rata-rata orang yang kecanduan film porno menjadi kebiasaan sejak umur 11-14tahun.”   Sedikit Tentang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − one =