Bukan Senda Gurau: Anak Muda Menggarap Youth Health Celebration

posted on 14/12/2015

YHC 1 Headline

JakartaAliansi Remaja Independen (ARI) membuat sebuah acara bertajuk Youth Health Celebration (YHC) di Taman Menteng, 12 Desember lalu. Acara yang bertujuan untuk merayakan Hari Kesehatan Nasional sekaligus mempopulerkan isu kesehatan remaja ini dikemas dalam bentuk konser terbuka. Konser tersebut dimeriahkan oleh musisi-musisi yang sedang digandrungi anak muda masa kini, diantaranya Is (Payung Teduh), Barasuara, Pandai Besi, dan Senar Senja.

Sebagai acara pembuka, pengunjung disuguhi penampilan apik dari kelompok perkusi bantar gebang. Acara lalu berlanjut ke sebuah segmen pernyataan anak muda terkait dukungannya agar pemerintah menyediakan lebih banyak fasilitas kesehatan ramah remaja yang bebas stigma dan terjangkau harganya di Indonesia.

Fasilitas kesehatan yang ramah remaja, menurut Faiqoh selaku kurator acara tersebut, sangat dibutuhkan agar remaja mendapatkan informasi yang benar mengenai kesehatannya. Tak hanya itu, pendidikan kesehatan reproduksi juga sangat penting untuk masuk ke dalam kurikulum pendidikan Indonesia sebagai upaya menurunkan angka HIV dan AIDS di Indonesia. Karena, tuturnya, anak muda di Indonesia mendapatkan informasi seputar kesehatan reproduksi dari sumber yang tidak dapat dipertanggung jawabkan. Dengan menyisipkan pendidkan kesehatan reproduksi pada kurikulum pendidikan Indonesia, remaja akan mendapat informasi terkait dari sumber yang terpercaya.

Processed with VSCOcam with kk1 preset
Sumber: twitter @aliansiremaja

Semakin malam, pengunjung semakin banyak berdatangan. Seorang mahasiswi UIN Jakarta sengaja datang karena penasaran dengan acara ini. “Penasaran sih mau lihat acara ini, sama mau nonton Barasuara”, ujarnya. Youth Health Celebration juga didukung oleh Kementerian Kesehatan, karena menurut Dr. Erna selaku perwakilan Kemenkes malam itu, acara seperti Youth Health Celebration akan memberikan informasi yang baik dan tepat untuk remaja.

Acara Youth Health Celebration hanya satu dari sekian banyak agenda rutin ARI untuk menyebarkan informasi mengenai kesehatan reproduksi remaja. ARI secara rutin menggelar Youth Network Meeting untuk berdiskusi tentang berbagai macam topik. Acara Youth Network Meeting ini digelar bersama mitra-mitranya di seluruh Indonesia.

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 9 =