4 Hal Kecil Latih Toleransimu

posted on 20/11/2014

toleransi

Toleransi adalah rasa hormat, penerimaan dan pengapresiasian terhadap keragaman budaya dunia kita, bentuk ekspresi kita dan cara-cara manusia (Deklarasi Prinsip Toleransi UNESCO)

Indah? Hidup saling bertoleransi memang indah ketika dapat dijalani bersama-sama. Hidup dengan sikap saling toleransi akan membuat kamu merasa aman, lebih percaya diri, dan hilang dari tekanan. Sebagai remaja, kamu tentunya sudah sering mendengar kata toleransi di berbagai tempat. Bahkan kamu pasti sudah tahu bahwa saling bertoleransi adalah hal yang sangat baik dan positif. Di Indonesia sendiri, lambing burung Garuda yang menjadi lambang negara memegang pesan tentang toleransi. Yap! Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tapi tetap satu jua, menunjukkan bahwa sejak dulu Indonesia bahkan sudah menyadari pentingnya toleransi ini.

Sayangnya, ada perbedaan seringkali dianggap sebagai faktor pembeda antara tiap individu atau kalangan dan lebih dilihat sebagai jurang pemisah. Pada kenyataannya, perbedaan tersebutlah yang menimbulkan keindahan. Bayangkan jika tak lagi ada toleransi antara perbedaan tersebut, tidak ada lagi keistimewaan dan yang kemungkinan besar terjadi adalah bullying dan ketidaknyaman akibat banyaknya perseleisihan.

Pemerintah kita telah berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan toleransi ini. Salah satunya dengan membuat dasar-dasar hukum tentang HAM pada undang-undang. Selain itu, beberapa kelompok orang telah melakukan berbagai macam hal menakjubkan terkait hari toleransi sedunia. Contohnya pemberian bunga kepada pengguna jalan, berkampanye mengenai hari toleransi sedunia, dan sebagainya. Beberapa aksi keren tersebut telah banyak dilakukan di Indonesia.

toleransi2

Tentunya sangat baik jika kamu dapat mengikuti kegiatan-kegiatan mengasyikan dan positif yang mendukung toleransi. Namun, toleransi bukan hanya sekadar merayakan dengan bersenang-senang saja.  Hari toleransi sedunia juga harus memiliki makna bahwa masing-masing individu harus memiliki rasa toleransi yang baik serta dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Ketika rasa toleransi telah dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orang mengatakan bahwa terlalu toleran akan membuat seseorang terlihat lemah dan tidak tegas. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar, menjadi seseorang yang toleran malah akan memberikan ketenangan dalam kehidupan dan sikap yang tidak tegas adalah persoalan yang berbeda. Aura damai dan menyenangkan akan terasa dalam lingkungan dengan tolerasi yang kuat. Keuntungan menjadi orang yang toleran adalah:

  1. Hidup terasa damai

Kedamaian tidak akan tercapai tanpa adanya rasa toleran, karena kedamaian sendiri berdasarkan pada adanya toleran.

 

  1. Hak kita akan terpenuhi

Mengapa hak dapat terpenuhi melalui toleransi? Karena dengan adanya rasa toleransi, kamu akan dengan mudah dihargai oleh orang lain, dengan itu orang lain juga akan dengan sukarela memperjuangkan hak kamu.

 

  1. Tidak adanya rasisme

Saling menghargai dengan sesama, akan membuat perbedaan lebih dihormati. Kamu tentunya ingin hidup yang indah dan damai seperti itu.

 

Masih banyak lagi hal positif yang dapat kita raih jika memiliki rasa toleran. Lalu, bagaimana cara memiliki toleransi yang tinggi? Tentunya tidak akan mudah. Ada hal-hal yang harus dilalui sebelum kita dapat mengubah sikap secara keseluruhan. Ada beberapa hal kecil yang mungkin terlewatkan, namun dapat menjadi sarana latihan untuk menjadi toleran.

Nah, kali ini, GueTau akan memberikan informasi kepada Sahabat GueTau, tentang hal-hal kecil yang dapat melati sikap toleran kamu. Berikut hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjadi sosok yang toleran:

  1. Berpikiran positif

Dengan berpikir positif, kita dapat menjadi pribadi yang lebih toleran, karena tidak ada rasa curiga dan prasangka buruk terhadap orang lain. Dengan begitu, tindakan yang dilakukan terhadap orang lain tentu lebih baik dan sopan, sehingga orang lain akan merasa lebih dihormati.

 

  1. Berkomitmen

Sebelum memulai sesuatu, komitmen adalah hal penting yang dilakukan agar tidak berhenti sebelum mencapai pribadi yang toleran. Berkomitmenlah untuk menjadi pribadi yang menyenangkan dan tidak menyakiti orang lain.

 

  1. Pemaaf

Jadilah orang yang lebih mudah untuk memaafkan. Memberi maaf memang tidak semudah mengatakannya, namun apa untungnya menyimpan dendam dan amarah? Memberi lebih baik daripada menerima. Maka dari itu, kamu harus belajar untuk mudah memaafkan orang lain.

 

  1. Pujian

Kapan terakhir kali kamu memuji orang lain? 2 bulan yang lalu? Seminggu yang lalu? Pujian akan membuat orang lain menghargai orang yang memujinya. Pujian tentu lebih baik daripada sebuah hinaan. Pujian juga dapat mendidik seseorang menjadi lebih baik. Karena itu, kamu jangan pernah ragu dan takut untuk memuji orang lain ya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang toleransi. Semoga informasi di atas berguna bagi sahabat GueTau. Jika ada pertanyaan tentang bagaimana menjadi peribadi yang memiliki rasa toleransi, jangan sungkan untuk hubungi kami di info@Guetau.com.

 

Ditulis oleh Sandy Anugerah

 

Referensi:

  1. http://amanindonesia.org/
  2. http://www.pajak.go.id/
  3. http://deduksional.blogspot.com/

related post

4 Hal yang Membuat Kamu Perlu Melakukan Tes dan Konseling HIV dengan Segera!

posted on 03/11/2016

Halo Sobat GueTau, gak terasa ya kita sudah memasuki bulan November! Kurang dari sebulan lagi, kita akan merayakan Hari AIDS Sedunia yang bi

Aborsi Ilegal: Apa Saja Risikonya?

posted on 10/11/2015

Source “Jumlah kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,3 juta, 30 persen di antaranya dilakukan oleh remaja.” Berdasarkan kuti

5 Manfaat Masturbasi

posted on 27/05/2015

“Pengenalan akan anatomi tubuh ini mampu meningkatkan rasa percaya diri dan membangun body image yang positif.” Mastrubasi kerap diangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 17 =