Yang Perlu Kamu Tahu tentang Kontrasepsi Darurat

posted on 13/10/2012

Tika berusia 18 tahun saat pertama kali berhubungan seksual dengan pacarnya, tanpa menggunakan alat kontrasepsi modern. “Aku ceritain semuanya ke sahabat aku, terus sahabat aku bilang bahwa aku gak punya pilihan lain selain minum pil kontrasepsi darurat.” Kemudian dia segera pergi ke apotek untuk membeli pil kontrasepsi daruat dan meminumnya.

Ya memang wajar jika kita melakukan sesuatu yang berisiko di situasi tertentu, apalagi saat kita dan pacar/pasangan kita sama-sama sedang terangsang. Atau bahkan meskipun kita sudah berhati-hati pun, kegagalan kontrasepsi masih mungkin terjadi. Lebih buruk lagi, perempuan korban pelecehan seksual ataupun perkosaan sangat membutuhkan alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

 

Sebenarnya apa sih kontrasepsi darurat (kondar) itu?

Kontrasepsi darurat (kondar) meruapakan salah satu metode kontrasepsi modern yang memberikan kesempatan kedua bagi perempua untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Kontrasepsi darurat berbentuk pil (biasa juga disebut “morning-after-pil”) yang di Indonesia dijual dengan merek dagang Postinor.

Pada dasarnya pil kondar merupakan pil KB berdosis tinggi. Pil Kondar tidak menyebabkan aborsi melainkan mencegah sebelum kehamilan terjadi dengan cara mencegah lepasnya sel telur dari indung telur, mencegah pertemuan sel telur dan sel sperma, atau mencegah embrio menempel di dinding rahim.

Pil kondar tidak akan bekerja jika kamu sudah hamil, dan pil kondar tidak melindungimu dari infeksi menular seksual.

Meskipun beberapa penelitia membuktikan bahwa pil kondar bisa diminum sampai dengan tiga hari setelah berhubungan seksual, namun semakin cepat diminum semakin baik.

 

Apa saja efek sampingnya?

Pada beberapa perempuan pil kondar menyebabkan sakit perut, lemas, mual, perdarahan ringan, sakit kepala, dan nyeri payudara. Namun tidak semua perempuan merasakan hal ini, ada yang sama sekali tidak merasakan apapun setelah meminum pil kondar.

 

Dimana saya bisa mendapatkannya?

Kamu bisa mendapatkan pil kondari di apotek. Memang biasanya diperlukan resep dokter. Untuk itu kamu harus tahu apotek mana yang tidak memerlukan resep dokter. Atau cari strategi lain, misalnya minta pacar/kekasih, teman, saudara, atau bahkan orang tua untuk membelikannya. Karena biasanya laki-laki dan orang dewasa lebih mudah mendapatkannya tanpa perlu menunjukkan resep. Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke klinik remaja Persatuan Keluarga Berencana Indonesia untuk mendapatkan pil kondar.

Sayangnya, di Indonesia harga pil kondar cukup mahal, yakni Rp 150.000.

 

Bisakah menggunakan Pil Kondar sebagai Metode Kontrasepsi Rutin?

Karena namanya juga emergensi, maka pil kondar sebaiknya hanya digunakan saat emergensi. Cara terbaik mencegah kehamilan dan IMS adalah tidak melakukan hubungan seksual. Namun jika kamu memilih untuk berhubungan seksual vaginal, pastikan kalian menggunakan kondom dan metode kontrasepsi modern lainnya (misalnya pil KB) untuk mencegah kehamilan dan IMS.

 

Sumber referensi:

Cogswell, B (2005). Emergency Contraception: What You Need to Know. http://www.sexetc.org/story/birth_control/2220

related post

2 thoughts on “Yang Perlu Kamu Tahu tentang Kontrasepsi Darurat

  1. noname says:

    belinya dmn ya?

    1. Rocky The Fucker says:

      Oi lo baca kaga artikelnya. Di apotek suw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 16 =