Stay Healthy, Stay Happy

posted on 11/12/2012

Men sana in corpore sano (Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat)

Familiar dengan pepatah di atas?

Yup, sewaktu di Sekolah Dasar seringkali kita mendengar kata-kata di atas. Begitu terngiang di pikiran, bahkan mungkin hingga saat ini. Hidup sehat adalah dambaan setiap orang, termasuk anak muda. Namun, kenapa ya dalam penerapannya, sepertinya sulit sekali?

Mari kita lihat, apa sih definisi sehat itu sendiri?

Menurut WHO, sehat adalah suatu keadaan kondisi fisik, mental, dan kesejahteraan sosial yang merupakan satu kesatuan dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan. Ada tiga komponen penting yang merupakan satu kesatuan dalam definisi sehat, mari kita lihat:

Sehat Jasmani

Komponen sehat merupakan komponen penting dalam arti sehat seutuhnya, berupa sosok manusia yang berpenampilan kulit bersih, mata bersinar, rambut tersisir rapi, berpakaian rapi, berotot, berat ideal pas, nafas tidak bau, dan sebagainya.

Sehat Mental

Nah, sehat mental dan sehat jasmai selalu dikaitkan satu sama lain sebagaimana pepatah di awal artikel ini. Anak muda yang bermental sehat memiliki karakter seperti: Selalu merasa puas dengan apa yang ada pada dirinya, tidak pernah menyesal dan kasihan pada dirinya, selalu gembira dan santai, dapat bergaul dengan baik, dan dapat mengontrol diri dan tidak mudah emosi.

 

Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan sosial adalah suasana kehidupan berupa perasaan aman, damai, sejahtera, cukup pangan, sandang, dan papan. Kalau dalam kehidupan masyarakat yang sejahera, masyarakat hidup tertib dan selalu menghargai kepentingan orang lain serta masyarakat umum.

 

Staying Healthy atau Tetap Sehat tidaklah hanya tentang makan buah dan sayur secara teratur, rajin olahraga, dan lainnya. Ini adalah tentang melakukan hal-hal yang tepat bagi tubuh setiap harinya. Berikut ada beberapa tips menarik seputar hal ini, check them out!

  • Tetaplah aktif. Ini dapat membantu kamu supaya tetap sehat, baik fisik maupun mental, serta dapat meningkatkan mood kamu, meningkatkan energi, kualitas tidur, dan pada akhirnya meningkatkan status kesehatan kamu. Caranya bisa dengan jalan pagi, jogging, berenang, pergi ke gym, dance, dan banyak lainnya. Yang terpenting, variasikan kegiatan fisik kamu, jadi kamu nggak akan merasa bosan untuk melakukannya setiap hari.
  • Makanan yang baik. Makanan yang baik pastinya makanan yang mengandung kadar gizi yang seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Makanan seperti ini sangat penting dalam mempertahankan kesehatan mental dan juga fisik. Kurangi makan-makanan yang tinggi lemak dan kalori, seperti cokelat dan fast food. Sulit? Caranya dengan perlahan-lahan, tidak secara drastis mengubah pola makan. Perubahan pola makan yang drastis dapat menyebabkan kejenuhan. Maka dari itu, coba deh kurangi konsumsi cokelat yang awalnya 1 batang per hari menjadi ¼ batang. Dan begitu seterusnya.
  • Tidur yang cukup. Tidur berarti mengisi kembali energi yang habis terpakai dalam sehari. Selain itu, tidur juga mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Nah, maka dari itu, kalau kita sakit, dokter selalu menyarankan kita untuk beristirahat yang cukup.
  • Hindari stres. Stres berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh. Salah satu cara mencegahnya ialah dengan cerita. Ya, menceritakan masalah atau kegundahan yang sedang kamu alami pada teman atau orang yang kamu anggap dapat menjadi pendengar dan pemberi solusi yang baik.
  • Hindari konsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang (narkoba).

 

Sekarang sudah jelas kan kenapa judulnya “Stay Healthy, Stay Happy”, karena di dalam tubuh yang sehat juga terdapat jiwa yang selalu gembira J.

Selamat beraktivitas, kawan!

___

Nikita Dewayani 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − twelve =