Seluk Beluk Autisme yang Perlu Kita Tahu

posted on 16/04/2014

Sahabat GueTau,  tanggal 2 April diperingati sebagai Hari Autisme Sedunia lho! Diharapkan dengan adanya hari peringatan ini, Sahabat GueTau serta masyarakat lainnya menjadi lebih peduli dengan anak-anak yang menderita autisme.

Sahabat GueTau, autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf pada seseorang yang dialami sejak lahir.  Maka, autisme bukan gangguan kejiwaan. Tapi karena adanya gangguan pada otak, maka otak tidak berfungsi secara normal.

Pada tahun 2013, anak-anak di Indonesia yang mengalami autisme jumlahnya tercatat lebih dari 112.000 anak pada usia 5-19 tahun. Selain itu, dari tahun ke tahun jumlah anak dengan autisme semakin meningkat.

Sahabat GueTau yang tidak mengalami autisme haruslah bersyukur. Bersyukur bisa Sahabat GueTau wujudkan dengan cara menghargai teman-teman yang mengalami autisme.

Dukung anak-anak autisme untuk percaya diri dan terus bersemangat. Mereka sama seperti Sahabat GueTau yang memerlukan dukungan dari keluarga, teman dan lingkungan sekitar. Siapapun! Mengingat anak-anak dengan autisme seringkali menerima respon dengan agak lamban dan kebanyakan dari mereka hanya bisa komunikasi satu arah, maka kesabaran Sahabat GueTau sangat dibutuhkan untuk membantu mereka.

Perlu dicatat Sahabat GueTau, autisme bukanlah penyakit menular. Tidak perlu takut untuk dekat dengan teman-teman atau saudara  yang mengalami autisme. Selain itu, meskipun anak-anak dengan autisme tidak selalu pergi ke sekolah berkebutuhan khusus, karena beberapa hambatan, namun ada banyak juga anak dengan autisme yang mampu mengikuti pelajaran di sekolah umum. Jangan pernah mendiskriminasi mereka, hanya karena mereka berbeda. Mereka juga diciptakan Tuhan sama seperti Sahabat GueTau. Hal paling sederhana yang bisa Sahabat GueTau lakukan yakni dengan  tidak mengucapkan kata ‘autis’ secara sembarangan.

Demikianlah informasi mengenai autisme, semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat GueTau. Kalau ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk kirim e-mail ke info@Guetau.com

 

Selamat Hari Autisme Sedunia!

 

Ditulis oleh Apoh

 

Referensi:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Autisme
  2. http://edukasi.kompas.com/read/2011/09/28/21593340/Anak.Autis.Butuh.Sekolah.Khusus.Bukan.SLB
  3. http://autisme.or.id/kampanye-peduli-autisme/

related post

Remaja dengan Autisme Juga Mampu Bekerja

posted on 25/04/2015

“Sama seperti remaja umumnya, peningkatan kapasitas merupakan bekal bagi remaja autisme untuk mandiri dan mampu bekerja.” Apa yang Sahab

Mengenal Lebih Dekat Seksualitas Remaja dengan Autisme

posted on 17/04/2015

“Karena keterbatasannya dalam menjalin interaksi dan komunikasi sosial dengan orang lain dan ketidakmatangannya dalam hal emosi, membuat s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 1 =