Seks dan Gender, Bedanya Apa?

posted on 26/12/2012

Apa yang terlintas dalam benak teman-teman muda bila ditanya tentang apa itu ‘seks’?

Hayo, jangan-jangan pada senyum-senyum semua nih waktu membacanya? Hehehe, dalam beberapa diskusi yang sempat diikuti oleh admin, respon yang muncul tentang pemahaman tentang seks adalah hubungan seksual, ciuman, berpelukan, seksi, dan masih banyak jawaban lainnya. Ketika ditanya lebih lanjut, apa itu ‘gender’, bagaimana respon dari teman-teman muda sekalian? Mungkin banyak yang akan menyebut jenis kelamin, pria dan perempuan, dan masih banyak lainnya. Mungkin juga akan muncul respon: seks dan gender, apakah dua hal yang berbeda?

Nah, kali ini, GueTahu.Com akan memaparkan secara jelas pemahaman mengenai seks dan gender berdasarkan World Health Organization (WHO), sehingga teman-teman muda bisa punya dasar yang tepat ketika belajar tentang seksualitas. Yuk, simak pemaparannya berikut ini.

Seks dipahami sebagai karakteristik biologis dan fisiologis yang menentukan pria dan perempuan. Sedangkan gender merujuk pada peran sosial yang dibangun, perilaku, kegiatan, dan atribut yang suatu masyarakat anggap tepat untuk pria dan perempuan.

genderVsSex

Masih bingung? Biar lebih jelas, berikut contoh bedanya seks dan gender.

 

Seks:

perempuan mengalami periode menstruasi sementara pria tidak

pria memiliki testis sedang perempuan tidak

payudara perempuan berkembang sehingga mampu menyusui, sementara pria tidak

 

Gender:

Di beberapa budaya, perempuan diharuskan bekerja sementara pria mengurus rumah tangga

Pria identik berambut pendek, tapi tidak menutup kemungkinan bagi perempuan berambut pendek dan pria berambut panjang.

Perempuan identik menyukai warna pink, sedangkan pria tidak namun tidak menutupi bahwa ada pria yang menyukai warna pink juga.

Nah, sekarang teman-teman muda sudah tahu kan bahwa seks dan gender itu adalah dua hal yang berbeda. Mudahnya, seks adalah pria dan perempuan, sedangkan gender adalah maskulin dan feminim. Seks adalah hal yang tidak bias diubah, terberi sejak lahir, dan fisik. Sementara gender berhubungan dengan budaya dan masyarakat. Seiring berjalannya waktu, pemahaman tentang seks dan gender berkembang. Hal inilah yang membuat teman-teman memahami seks bukan hanya pria dan perempuan tetapi ada interseks, transgender, transeksual, dan lainnya. Lebih luas lagi, teman-teman muda mengenal orientasi dan identitas seksual atau identitas gender, ekspresi gender serta peran gender.

Makin penasaran teman-teman muda?! Cek terus GueTahu.Com untuk informasi lebih lanjut mengenai seks dan gender. Belajar seksualitas itu menyenangkan! Gue tahu, kalau loe?

___

(Larasati,19122012)

 

related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − 1 =