Merawat Organ Reproduksi Laki-Laki –> Harus banget di 2013!

posted on 02/01/2013

Halo Remaja Indonesia!

Hari ini adalah hari kedua di tahun 2013 yang baru ini. Gimana? Semangatkah mengejar resolusi masing-masing?

Buat teman-teman laki-laki, resolusi nggak melulu mesti hal yang jauh dari diri kita – seperti misalnya dapet gebetan baru, beli sepeda baru, atau jalan-jalan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tapi, bisa juga dimulai dari resolusi untuk merawat kesehatan diri kamu sendiri! Yup! Kesehatan organ reproduksi kamu harus dirawat secara benar supaya terjaga kesehatan dan fungsinya secara optimal. Caranya bisa lewat beberapa langkah berikut ini:

1. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah buang air kecil. Hal itu untuk menghindari kontaminasi kotoran dari tangan ke penis, sekaligus agar tangan kembali steril setelah memegang penis.

2. Jangan malas untuk selalu membersihkan daerah sekitar penis setiap kali mandi. Organ seksual dan reproduksi laki-laki memang rentan terhadap jamur, terutama daerah lipatan paha dan bawah kantong kemih. Karenanya, selalu jaga kebersihan di daerah-daerah tersebut ya…

3. Secara berkala, guntinglah sedikit rambut di sekitar penis agar rapi dan tidak menyebabkan kelembaban berlebih. Daerah yang lembab sering kali menjadi tempat subur tumbuhnya jamur.

4. Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun karena bahan ini menyerap keringat sehingga tidak membuat kepanasan atau lembab.

5. Hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat, karena selain membuat peredaran darah tidak lancar juga akan membuat penis dan testis kepanasan. Panas berlebihan, yang disebabkan oleh suhu udara, keringat, dan pakaian yang terlalu ketat, dapat menurunkan kualitas sperma.

Apa kalian juga mau tahu gimana cara mengetahui sehat atau tidaknya penis dan testis kalian, ini dia langkah awal yang perlu diketahui untuk melihat kesehatan penis dan testismu:

1. Kenalilah bentuk, ukuran dan berat masing-masing testis.

2. Dengan menggunakan kedua tangan, raba masing-masing testis.

3. Waspadai adanya benjolan kecil di bawah kulit, di bagian depan sepanjang testis. Benjolan ini mungkin sebesar butiran beras atau kacang. Bila ada pembengkakan atau benjolan, segera periksakan diri ke dokter.

4. Segera memeriksakan diri ke dokter bila menemui atau mengalami gejala-gejala sebagai berikut: terdapat luka, lecet, ruam atau kutil di daerah testis; terasa gatal terus-menerus; saluran kencing mengeluarkan cairan yang tidak biasa. Gejala  tersebut merupakan indikasi bahwa organ seksual dan reproduksimu sedang terkena penyakit dan segera periksakan ke dokter, dan jangan coba-coba untuk mengobatinya sendiri.

Nah Boys, yuk mulai sekarang, jangan malas merawat organ seksual dan reproduksimu! Demi kesehatanmu, demi 2013 yang lebih baik! ­čÖé

___

Ditulis oleh Ninies

Sumber: Kesproholic, Yayasan Mitra Inti 2012

related post

One thought on “Merawat Organ Reproduksi Laki-Laki –> Harus banget di 2013!

  1. syafiirohman says:

    terima kasih infonya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − eleven =